Efektifitas Aplikasi Scilab, SageMath dan Geogebra pada Kemampuan Komputasi Matematis Siswa Menengah Kejuruan: Systematic Literature Review

Main Article Content

Reni Purnama Sari
Yahfizham

Abstract

Pendidikan kejuruan bertujuan untuk menyiapkan peserta didiknya memiliki keterampilan/ Keahlian di bidang tertentu sehingga siap memasuki dunia kerja baik sebagai tenaga kerja yang produktif maupun mengembangkan dirinya untuk menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri dan orang lain. Kemampuan merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan belajar siswa. Kemampuan di bidang eksakta merupakan ilmu eksakta yang memberikan jawaban mutlak. Matematika merupakan bagian dari ilmu eksakta, hal ini dikarenakan hasil jawaban matematis bersifat mutlak. Pemikiran komputasional adalah sebuah cara untuk menemukan solusi terhadap permasalahan dari input data dengan menggunakan algoritma seperti dengan Implementasinya melibatkan teknik itu digunakan oleh perangkat lunak secara tertulis program. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Sistematic Literature Review, metode penelitian ini menganalisis secara mendalam penelitian terdahulu yang menjadi subjek penelitian untuk mendapatkan data yang valid dan menentukan perbedaan antara penelitian satu dengan penelitian laninya. Siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang berada pada kategori rendah jarang sekali menemukan atau mengerjakan soal-soal seperti tes kemampuan pemikiran komputasi. Akibatnya siswa tidak mampu menyelesaikan seluruh indikator kemampuan pemikiran komputasi. Selain itu, siswa kategori rendah masih belum tepat dalam memilih dan menggunakan strategi untuk memecahkan masalah dan masih kesulitan menjawab atau menyelesaikan beberapa soal dari soal yang diberikan.

Article Details

How to Cite
Purnama Sari, R., & Yahfizham. (2024). Efektifitas Aplikasi Scilab, SageMath dan Geogebra pada Kemampuan Komputasi Matematis Siswa Menengah Kejuruan: Systematic Literature Review. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3b), 1000–1009. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1793
Section
Articles
Author Biographies

Reni Purnama Sari, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Yahfizham, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

References

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan media audiovisual Powtoon pada pembelajaran Matematika untuk siswa sekolah dasar. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40–50.

Aysila, J. (2023). Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Game dalam Pengajaran Matematika Online. Duniailmu.org, 3(4), 1–13.

Dwi Amalia, A., & Mustofa Lestyanto, L. (2021). LKS Berbasis Saintifik Berbantuan Live Worksheets untuk Memahamkan Konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(0), 2911–2933. www.liveworksheets.com.

Fantriadi, M. R., Widyastuti, F., Yunawati, F. R., & Nuriya, R. F. (2021). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun di Masa Pandemi. JPdK, 3(2), 56–61.

Fitriyana, D., & Sutirna. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 512–520. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1990

Hija, A., Nirawati, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas X MIPA. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 25. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.79

Jannah, M. (2020). Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Jurusan Teknologi Komputer dan Jaringan ( TKJ ) dalam Menyelesaikan Permasalahan Gelombang. Seminar Nasional Fisika, 67–70.

Jusmiana, A., Herianto, H., & Awalia, R. (2020). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa smp di era pandemi covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–11.

Khasanudin, M., Cholid, N., & Putri, L. I. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Kelas V Sd/Mi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(5), 259–267.

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 136–142. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25029

Malik, S., Wara, H., & Rusnayati, H. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Model Quantum Teaching and Learning. Sage Publications. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34438.83526

Megawati, A. T., Sholihah, M., & Limiansih, K. (2023). Implementasi Computational thinking dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 9(2), 96–103.

Pramesti, B. T., & Mampouw, H. L. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Peluang Siswa SMP Ditinjau Dari Teori APOS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1054–1063. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.230

Purnama, A., Wijaya, T. T., Dewi, S. N., & Zulfah, Z. (2020). Analisis Buku Siswa Matematika SMA dari Indonesia dan China Pada Materi Peluang dan Statistik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 813–822. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.305

Sihombing, E. N., & Haditia, C. (2022). Penelitian Hukum. Setarra Press.

Suhaifi, A., Rufi’i, R., & Karyono, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 220–230.

Sulfiah, S. K., Cholily, Y. M., & Kusgiarohmah, P. A. (2020). Proses Sistematisasi dalam Pembuktian Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(1), 63–69.

Supiarmo, & Gunawan, M. (2021). PROSES BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP BERDASARKAN SELF-REGULATED LEARNING. Jurnal Numeracy, 8(1), 58–72.

Supriyadi, E., Rustam, A. H., Industri, T., Tinggi, S., Bandung, T., Informatika, T., Tinggi, S., & Bandung, T. (2020). Pengenalan komputasi matematika scilab kepada siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Analisa, 6(2), 173–186.