Kemampuan Berfikir Komputasi Matematis Siswa: Studi Literatur

Main Article Content

Putri Nabila Lubis
Yahfizham

Abstract

Ada berbagai macam cara mengasah kemampuan berpikir komputasional seseorang terutama siswa, salah  satunya dengan belajar matematika. Keduanya memiliki kaitan dan saling melengkapi. Maka dari itu, penelitian ini berfokus pada kemampuan berfikir komputasi siswa. Metodologi penelitian ini adalah studi literatur. Dengan menggunakan 4 langkah yaitu: 1)Pengumpulan data dari 10 artikel jurnal dan 2 buku, 2)Kondensasi data (data condensational), 3)Penyajian data, 4)Verifikasi data (kesimpulan). Dari hasil penelitian di di ketahui saat ini, siswa dengan kemampuan komputasi matematis yang tinggi masih sedikit. Untuk meningkatkan kemampuan berfikir komputasi tersebut di butuhkan perbaikan dari segala aspek pendidikan yang saling berhubungan. Hal tersebut menjadi kunci peningkatan kemampuan siswa dalam berfikir komputasi matematis.

Article Details

How to Cite
Nabila Lubis, P., & Yahfizham. (2024). Kemampuan Berfikir Komputasi Matematis Siswa: Studi Literatur. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3b), 992–999. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1791
Section
Articles
Author Biographies

Putri Nabila Lubis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Yahfizham, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

References

Bagus Surya Maulana, S. B. (2024). Systematic Review tentang Berpikir Komputasional dengan Scratch dalam Pendidikan Selama 2018-2023. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 328-334.

Firni Nuraini, N. A. (2023). Analisis kemampuan berpikir komputasi ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas X SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3067-3082.

Hanifah Rizki Mubarokah, D. S. (2023). Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Tipe AKM Materi Pola Bilangan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 343-355.

M Gunawan Supiarmo, L. M. (2021). Pemberian scaffolding untuk memperbaiki proses berpikir komputasional siswa dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.

Nasiba, U. (2022). Brankas Rahasia: Media Pembelajaran Numerasi Berbasis berpikir Komputasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 521-538.

Nilam D Jamna, H. H. (2022). Analisis kemampuan berpikir komputasi matematis siswa smp pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3).

Rachmawati Rachmawati, W. L. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Komputasi Matematika dan Implementasinya pada Maple Soft untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 110-116.

Rima Aksen Cahdriyana, R. R. (2020). Berpikir Komputasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Risda Azizatul Marifah, K. K. (2023). Kemampuan berpikir komputasi siswa SMP ditinjau dari self-efficacy pada model pembelajaran problem based learning berbantuan edmodo. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 480-489.

Setyautami, C. (2020). Fungsi Berpikir Komputasional, Kritis dan Matematis dalam Pembelajaran Abad 21.

Susanty, M. (2020). Berfikir Komputasional dan Pemrograman dengan Python. Jakarta: Salemba Infotek.

Tia Ananda Solin, Y. (2024). Pengaruh Media Robotik Terhadap Berfikir Komputasi Siswa: Studi Literatur Riview. Jurnal Pendidikan Multidisiplin dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan, 1(3), 679-684.

Tri Upi Hajarwati Juldial, R. H. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Komputasional dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 136-144.

Wulan Dari, Y. Y. (2024). Studi Literatur: Analisis Berpikir Komputasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(3), 98-106.