Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa SMP dengan Menggunakan Software Geogebra
Main Article Content
Abstract
Berpikir secara komputasi merupakan proses berpikir yang melibatkan merumuskan masalah serta mengekspresikan solusinya sedemikian hingga dapat diaplikasikan oleh mesin operator manusia untuk bekerja secara efektif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir komputasi siswa SMP dengan menggunakan software geogebra. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap semua artikel hasil penelitian yang terindeks dalam Google Scholar dan Garuda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat terbantu mengerjakan soal-soal dengan menggunakan geogebra. Sedangkan untuk kemampuan mengkritik pembuktian dengan menambah, mengurangi atau menyusun kembali suatu pembuktian matematis untuk tiap kelompok siswa masih belum nampak. Jenis pembuktian yang sering diteliti adalah pembuktian langsung.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Annajmi, (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa Smp Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra, MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(5), 155-160
Bernard, Martin, (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra, Jurnal Matematika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 70-87
Cahdriyana, Rima Aksen, (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika, LITERASI, 11(1), 50-56
Fajerin, Aniskurnia Rahmadhani, (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Topik Geometri Berbantuan Software Geogebra, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV), 4(1), 508-604
Fathurrahman, Fitrah Muh, (2023). Software Geogebra Pada Pembelajaran Matematika: Studi Literatur, Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(1), 33-40
Fauzan, Gagan Aditya, & dkk, (2020). Analisis Kemampuan Dan Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Logis Matematik Siswa Smp Dengan Penggunaan Geogebra, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 53-63
Fitriani, & dkk, (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(4)460-465
Gaol, Yulinar Lumban, & dkk, (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Pola Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Menggunakan Software Geogebra, Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 129-143
Jannah, Miftahul, (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Menggunakan Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas 7 SMP, Cendikia, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(5), 155-160
Mukarramah, & dkk, (2022). Pengaruh penggunaan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik, JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 67-80
Oktavia, Marini, & dkk, (2016). Penggunaan Media Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII, KREANO, 7(1), 108-116
Simbolon, Antonius KAP, (2020). Penggunaan Software Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri Di Smpn 2 Tanjung Morawa, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106-1114
Sitorus, Cici Wulandari, (2024). Systematic Literature Review: Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Menggunakan Software Matematika Geogebra, PENDEKAR: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(3), 107-116
Telaumbanua, Yakin Niat, (2020). Analisis Pembelajaran Dengan Menggunakan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika, J-PiMat, 2(1), 131-138
Wulansari, Novia, & dkk, (2022). Penerapan Penggunaan Media Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UMT 2022