Strategi Pengembangan Karakteristik Kewirausaaan
Main Article Content
Abstract
Strategi pengembangan karakteristik kewirausahaan adalah serangkaian upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan perilaku wirausaha. Tujuan dari strategi ini adalah untuk membentuk dan mengembangkan unit bisnis yang mandiri dan berkelanjutan. Strategi ini meliputi berbagai kegiatan, seperti pengembangan aspek-aspek wirausaha, pengembangan kreativitas dan inovasi, serta pengembangan karakteristik wirausaha yang efektif. Strategi ini dilakukan dengan mengadakan kegiatan program, seperti cooking class, outing class, dan market day, yang bertujuan untuk menanamkan karakter kewirausahaan pada anak di sekolah. Selain itu, strategi ini juga melibatkan integrasi nilai kewirausahaan dalam mata pelajaran, serta pengembangan strategi pemasaran dan manajemen yang tepat sasaran. Dengan demikian, strategi pengembangan karakteristik kewirausahaan dapat membantu meningkatkan kemampuan wirausaha dalam mengembangkan usaha yang berkelanjutan dan mandiri, serta mengurangi tingkat pengangguran.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustini, F., Amanah, D., & Harahap, D. A. (2021). Strategi Pengembangan Produk Kerupuk Opak Minang Yolanda. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(3), 293–300. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i3.1197
Gea, A. A. (2014). Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien. Humaniora, 5(2), 777. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133
Martiningtiyas, C. R., Hermawan, A., Chaniago, N., Baliartati, B. O., Lestari, N., & Trisakti, U. (2023). Pentingnya Kemampuan Komunikasi Dalam Berwirausaha. Rural Development For Economic Resilience (RUDENCE), 2(2), 79–84. https://doi.org/10.53698/rudence.v2i2.37
Putri, K., Pradhanawarti, A., & Prabawani, B. (2014). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Modal Usaha Dan Peran Business Development Service Terhadap Pengembangan Usaha. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(24), 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/6575
Rosa, N. M., & Pujiati, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 175–183. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.990
Sengkey, D. J., Deniyanti Sampoerno, P., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265
Suindari, N. M., & Juniariani, N. M. R. (2020). Pengelolaan Keuangan, Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Strategi Pemasaran Dalam Mengukur Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm). KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 148–154. https://doi.org/10.22225/kr.11.2.1423.148-154
Syofian, M., & Gazali, N. (2021). Kajian literatur: Dampak covid-19 terhadap pendidikan jasmani. Journal of Sport Education (JOPE), 3(2), 93. https://doi.org/10.31258/jope.3.2.93-102
Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Ekonomi Syariah (I. Fatria (ed.); 1st ed., Issue Desember, p. 89). Penerbit Gawe Buku.
Wiyono, H. D. (2020). Kreativitas Dan Inovasi Dalam Berwirausaha. Jurnal USAHA, 1(2), 19–25. https://doi.org/10.30998/juuk.v1i2.503
Yam, J. H. (2024). Kajian Penelitian : Tinjauan Literatur Sebagai Metode Penelitian. JURNAL EMPIRE, 4(1), 61–71.
Yaniawati, P. (2020). Penelitian Studi Kepustakaan. In Penelitian Kepustakaan (Liberary Research) (Issue April).