Peran Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan dalam Mencapai Keunggulan Bersaing
Main Article Content
Abstract
Untuk mendapatkan keunggulan kompetitif, penelitian ini menyelidiki pentingnya inovasi dan semangat kewirausahaan. Setelah melakukan analisis literatur secara menyeluruh, ditemukan bahwa dua faktor kunci yang sangat mempengaruhi keunggulan kompetitif adalah orientasi kewirausahaan - yang mencakup menjadi kreatif, proaktif, berani mengambil risiko, dan sangat kompetitif - dan inovasi, yang didefinisikan sebagai pengembangan pengetahuan untuk membangun barang atau sistem baru. Keduanya bekerjasama untuk membantu bisnis tumbuh secara berkelanjutan, memenuhi harapan pelanggan dengan lebih baik, dan menyesuaikan diri dengan perubahan kondisi pasar. Berdasarkan temuan ini, terlihat bahwa untuk mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar dunia diperlukan strategi yang menggabungkan inovasi dan fokus kewirausahaan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alwi, T., & Handayani, E. (2018). Keunggulan bersaing ukm yang dipengaruhi oleh orientasi pasar dan inovasi produk. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 193.
Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan bersaing melalui orientasi pasar dan inovasi produk. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 3(2), 140-153.
Djodjobo, C. V., & Tawas, H. N. (2014). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).
Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 13(1), 8-16.
Hadiyati, E. (2012). Kreativitas dan inovasi pengaruhnya terhadap pemasaran kewirausahaan pada usaha kecil. AJIE (Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship), 1(03), 135-151.
Hatta, I. H. (2015). Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Aplikasi Manajevmen, 13(4), 653-661.
I Made Suhartana Putra, G. S. (2020). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Bisnis . E-Jurnal Manajemen, 9 (7) : 2852-2871 .
Isa, M. (2011). Analisis kompetensi kewirausahaan, orientasi kewirausahaan, dan kinerja industri mebel.
Komang Aditya Nanda Kusuma, N. M. (2017). Peran Kunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, 6 (8) : 4240-4268 .
Kurniawan, A., & Yun, Y. (2018). Pengaruh kompetensi kewirausahaan dan kelanggengan usaha terhadap keunggulan bersaing. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 2(1), 65.
Lestari, I., Astuti, M., & Ridwan, H. (2019). Pengaruh inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing UMKM kuliner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 111-118.
Mustikowati, R. I., & Tysari, I. (2014). Orientasi kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis untuk meningkatkan kinerja perusahaan (studi pada UKM sentra Kabupaten Malang). Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 10(1), 23-37.
Nalendro, Bagas, and Ikhsan Sandityo. 2023. “Pengaruh Orientasi Dan Inovasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Umkm Kuliner : Peran Mediasi Keunggulan Bersaing.” Jurnal Manajemen dan Akuntansi 18(3): 937–50.
Ni Wayan Priti Nirmala Dewi, G. S. (2017).Peran Inovasi Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Industri Kain Endek. E-Jurnal Manajemen Unud, 6 (9) : 5144-5174 .
Nurul Fitria, T. S. (2022). Pengaruh Inovasi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dengan Kualitas Produk Sebagai Moderasi Pada Ukm Kuliner Di Kota Medan . Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ilmu Ekonomi , 2 (3).
Prihatinia, S., & Zainil, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar (Studi Literatur).
Rusdiana, A. (2014). Konsep inovasi pendidikan.
Saragih, R. (2017). Membangun usaha kreatif, inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3(2), 26-34.
Sari, M., &Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41-53.
Siti Hajar, I. P. (2016). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, 5 (10) : (6580-6609).
Suhaeni, T. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Di Industri Kreatif (Studi Kasus Umkm Bidang Kerajinan Tangan Di Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi , 4 (1).
Wardhana, A. (2015, April). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV (Vol. 4).