Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Brainly pada Materi Luas dan Keliling Segitiga: Systematic Literature Review

Main Article Content

Sri Hari Yanti
Yahfizham

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting dalam berbagai jenjang pendidikan, karena merupakan induk dari segala ilmu. Bangun datar merupakan salah satu materi dari matematika yang memiliki banyak macamnya, salah satunya segitiga. Segitiga merupakan sebuah bangun datar yang dibatasi oleh tiga buah sisi, tiga buah titik sudut dan memiliki alas. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat memahami proses kegiatan belajar mengajar pada materi luas dan keliling segitiga, karena ini merupakan salah satu materi yang ada dan harus dipelajari pada pembelajaran matematika di sekolah dasar (SD). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 31 artikel jurnal yang diperoleh dari google schoolar dalam kurun waktu 2017-2021. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan bahwa dalam proses pembelajaran untuk materi matematika pada segitiga, pendidik harus dapat menentukan model, metode, strategi, media, dan teknik pembelajaran yang tepat untuk mencapai keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan adanya pengembangan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sebagai hasil untuk meningkatkan kualitas siswanya dalam pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Yanti, S. H., & Yahfizham. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Brainly pada Materi Luas dan Keliling Segitiga: Systematic Literature Review. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 393–398. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1591
Section
Articles
Author Biographies

Sri Hari Yanti, Universtas Islam Negeri Sumatra Utara

Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Yahfizham, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

References

Agustina, T. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Cerita Tentang Keliling Dan Luas Bangun Datar. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 5(1), 115-132.

Aprianty, D., Somakim, S., & Wiyono, K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Matematika Materi Persegi Panjang Dan Segitiga Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 1.

Asih, T. S., & Ujianti, P. R. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar. Mimbar Pgsd Undiksha, 9(3), 375-384.

Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. J-Pimat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-48.

Faturrochmah, H., Sary, R. M., & Azizah, M. (2021). Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Nolting Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 310-321.

Femalia, D. H., & Ahmad, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Terhadap Keliling Dan Luas Persegi, Persegi Panjang, Dan Segitiga Serta Hubungan Pangkat Dua Dengan Akar Pangkat Dua Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education Studies, 4(1), 3698-3708.

Gogasa, N., & Ade, J. (2020). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Atematika Dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Materi Segitiga Dan Segiempat. JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika, 1(1), 42-50.

Hasanah, N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Melalui Realistic Matematika Education (Rme). Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 953-959.

Juliansyah, N., Herlinda, H., & Theodora, B. D. (2021, January). Perancangan Aplikasi Edukasi Menghitung Luas Dan Keliling Bangun Datar Berbasis Android. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi) (Vol. 5, No. 1).

Komariyah, S. (2020). Peningkatan Kreavitas Dan Prestasi Belajar Matematika Materi Keliling Dan Luas Jajargenjang Dan Segitiga Melalui Pendekatan Matematika Realistik Di Kelas Iv Sdn Pakal 1. Jurnal Education And Development, 8(4), 347-347.

Laras, A. D., & Ahmad, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Keliling Dan Luas Bangun Datar Dengan Model Discovery Learning Di Sd. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1413-1421.

Larasati, N., Karlimah, K., & Suryana, Y. Implementasi Strategi Think-Talk-Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sd. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Malalina, M. (2017). Media Ular Tangga Segitiga Pada Materi Luas Dan Keliling Segitiga. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 35-40.

Marwati, A., Romdanih, R., & Rahmad, I. N. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Menghitung Keliling Dan Luas Segitiga Melalui Model Pembelajaranindex Card Match. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Stkip Kusuma Negara III (Pp. 235-243).

Midianti, M., & Zainil, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Pendekatan Pmri Di Kelas IV Sd. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 186–196.

Muna, N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Menentukan Keliling Dan Luas Jajar Genjang Dan Segitiga Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Metode Smart Learning Siswa Kelas IV Sdn Kutukulon Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 8(2), 16-23.

Nugraha, F. A., Nur'aeni, E., Suryana, Y., & Muharram, M. R. W. (2021). Efektivitas Media Powerpoint Dalam Pembelajaran Materi Luas Daerah Segitiga Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2760-2768.