Pengaruh Penggunaan Software GeoGebra pada Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar: Systematic Literature Review

Main Article Content

Nurul Ain Asnawati
Yahfizham

Abstract

Peran pendidikan sangatlah penting, terutama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan software Geogebra terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar. Metode penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review (SRL) dengan kajian pustaka (studi literatur). Teknik pengumpulan data didapat dari menganalisis beberapa artikel jurnal yang telah terpublish dan terindeks dari internet yaitu Google Scholar. Artikel jurnal yang digunakan sebagai data yaitu sebanyak 7 artikel jurnal yang terpublish dalam rentan waktu 5 tahun terakhir yang terhitung sejak tahun 2019-2023.

Article Details

How to Cite
Asnawati, N. A., & Yahfizham. (2024). Pengaruh Penggunaan Software GeoGebra pada Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar: Systematic Literature Review. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 340–349. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1564
Section
Articles
Author Biographies

Nurul Ain Asnawati, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Yahfizham, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

References

Agwil, W., Agustina, D., Rini, D. S., Dzakirah, Q., & Adha, F. W. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika dengan Geogebra. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 25-32.

Hanipa, A., Misbahudin, A. R., Andreansyah, & Setiawan, W. (2019). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MTs KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI APLIKASI GEOGEBRA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 315-322.

Hermawan, R. M., Yuspriyati, D. N., & Purwasih, R. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Berbantuan Aplikasi Geogebra. PRISMA, 11(1), 203-209.

Islami, A. N., & Setiawan, W. (2020). Efek Geogebra Pada Minat Belajar Siswa SMP. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya., 14(1), 78-87.

Islamiah, I. D. (2019). PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMKN 1 CIHAMPELAS. Journal On Education, 1(2), 451-457.

Jabnabillah, F., & Reza, W. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Pi: Mathematics Education Journal, 5(2), 94-100.

Jaya, M. R., & Fitriani, N. (2022). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA SMP DI CIMAHI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA. 5(3), 869-876.

Nur Ainun, Jalaluddin, Khairul Asri, Yenni Agustina, Cut Nurul Fahmi, Indah Suryawati, Irwan, Sri Ismulyati, Azwir, Edi Azwar, Muhammad Azzarkasyi, Eli Nurliza, Septhia Irnanda, Dedi Sufriadi, Mukhtasar, & Zakaria. (2023). MENINGKATKAN LITERASI DAN KUALITAS PEMBELAJARAN YANG KREATIF BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27–31. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i2.586

Nurfitriyanti, M. (2016). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING. Jurnal Formatif, 6(2), 149-160.

Reski, N. (2021). TINGKAT MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 11 KOTA SUNGAI PENUH. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485-2490.

Safithri, R., Syaiful, & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(01), 335-346.

Safitri, S., Nursyamsiah, G., & Setiawan, W. (2020). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MTs DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN GEOGEBRA. MAJU, 7(1), 111-116.

Sakti, E. S., Marnis, & Herwanto, A. (2024). Penggunaan Apliksi Geogebra dan Minat Belajar Matematika. IKRAITH-INFORMATIKA, 8(2), 50-56.

Sakti, E. S., Marnis, & Herwanto, A. (2024). Penggunaan Apliksi Geogebra dan Minat Belajar Matematika pada Siswa SMKN 34 Jakarta. IKRAITH-INFORMATIKA, 8(2), 50-56.

Sylviani, S., & Permana, F. C. (2019). Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Geogebra sebagai Alat Bantu Siswa dalam Memahami Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Multimedia, 1(1), 1-8.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Reviewuntuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS), 1(2), 63-77.

Wulandari, T., & Yahfizam. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Photomath pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 332–339. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1549

Zakaria, Z., Yenni Agustina, Muslem Daud, A Hamid, & Dedi Sufriadi. (2023). Meningkatkan Literasi dan Kualitas Pembelajaran yang Kreatif Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Ekonomi . Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.35870/ib.v1i1.161