Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan kajian pustaka yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh motivasi belajar terhadap pencapaian hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia. Peningkatan prestasi belajar siswa memerlukan peran aktif guru dalam menumbuhkan dan mengembangkan motivasi belajar siswa sepanjang proses pembelajaran. Upaya membangun motivasi belajar yang kuat dipandang penting agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian pustaka dengan menganalisis berbagai sumber ilmiah yang relevan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan prestasi akademik siswa, khususnya pada mata pelajaran PAI. Motivasi belajar memegang peranan krusial karena dapat menumbuhkan kesadaran diri siswa agar lebih fokus dan berkomitmen dalam mencapai tujuan akademik yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, guru diharapkan untuk senantiasa menciptakan dan memelihara lingkungan belajar yang kondusif, serta mendorong terbentuknya motivasi intrinsik siswa, guna mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustin, I. (2019). Pengaruh Motivasi terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter di SMA Negeri 1 Tanggul Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020. Tesis . Institut Agama Islam Negeri Jember, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Jember: IAIN Jember.
Ahmadi, A., & Prasetya, JT (1997). Strategi pengajaran dan pembelajaran . Bandung: Pustaka Setia.
Akmal, D., Kurniawan, D., Darmawan, D., & Wardani, A. (2015). Manajemen Pendidikan . Bandung: IntiPresindo Pustaka.
Alhammam, AA, Fadillah, F. & Sani, MA (2023). Analisis Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al Ma'sum Stabat. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 1 (4), 152–159. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v1i4.631
Ames, C., & Archer, J. (1988). Tujuan Pencapaian di Kelas: Strategi Pembelajaran dan Proses Motivasi Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan , 80(3), 260–267.
Badrus, M. (2018). Pengaruh motivasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8 (2), 143-152.
Bandura, A., & Adams, NE (1977). Analisis teori efikasi diri dalam perubahan perilaku. Terapi Kognitif dan Penelitian, 1 (4), 287-310. https://doi.org/10.1007/BF01663995
Biatun, N. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di MIN 3 Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5 (2), 253-258.
Deci, EL, & Ryan, RM (1985). Motivasi Intrinsik dan Penentuan Nasib Sendiri dalam Perilaku Manusia . New York: Plenum Press.
Duckworth, AL (2016). Grit: Kekuatan Gairah dan Kegigihan . New York: Scribner.
Eccles, JS, & Wigfield, A. (2002). Keyakinan, Nilai, dan Tujuan Motivasi. Tinjauan Tahunan Psikologi , 53, 109-132.
Fatimah, NA (2022). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dente Teladas, Kabupaten Tulang Bawang (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Metro.
Feriza, F. (2018). Pengaruh disiplin belajar, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA Muhammadiyah Kota Pagar Alam. Al-Bahtsu: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1), 53-69.
Hutomo, S., Akhmal, D., Darmawan, D., & Yuliana. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan . Jakarta: Addar Pers.
Kusuma, ZL, & Subkhan, S. (2015). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA N 3 Pati tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Analisis Pendidikan Ekonomi, 4 (1), 25-36.
Maharani, L. & Darmawan, D. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar : Disiplin Belajar Dan Regulasi Diri Di MTs Wachid Hasyim Surabaya. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 7(1), 12-20.
Maisarah, R., Surbiantoro, E., & Alhamuddin. (2022). Pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI IPS SMA Pasundan 2 Bandung. Bandung Conference Series: Pendidikan Islam, 2 (2), 259-265.
Mazayah, R. (2019). Pengaruh sarana dan prasarana pembelajaran serta motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMA Islam Sudirman, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2019/2020 (Skripsi, IAIN Salatiga).
Najib, A. (2014). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri Thohiriyah Semarang tahun ajaran 2013/2014. Tesis , Fakultas Agama Islam, Unissula.
Ni'mah, VFA (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung. Skripsi , UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pendidikan Agama Islam.
Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rafiuddin, A. & Darmawan, D. (2023). Dinamika Interaksi Sosial Siswa dengan Guru dan Teman Sebaya: Pengaruhnya terhadap Prestasi Akademik di MA Miftahut Thullab Sampang. Kabilah: Jurnal Sosial Komunitas , 8(2), 161-170.
Setyawati, N. (2022). Pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMA N 3 Dumai. Jurnal Tafidu, 1 (1), 219-228.
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya . Jakarta: Rineka Cipta.
Sopiani, M., & Wirdati, W. (2021). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di Sekolah Menengah Atas. An-Nuha, 1 (4), 598-608.
Sundari, E. (2022). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Pinggir Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis (Skripsi). Universitas Islam Riau.
Susanti, D. & Pebrianto, R. (2021). Pengaruh motivasi belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Pekanbaru. Potensia: Jurnal Pendidikan Islam , 7(1), 18-34.
Sutarjo, M., Darmawan, D., & Sari, YI (2007). Evaluasi pendidikan . Jakarta: Spektrum Nusa Pers.
Wahab, V., Rahman, N., & Fitri, M. (2021). Pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Maumere. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (Ekodukasi), 3 (1), 63-72.
Winkel, WS (1987). Psikologi pengajaran . Jakarta: Gramedia.