Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Program Kampung Elok Batuah

Main Article Content

Agung Nugraha Putra
Ayu Desferanza
Irwan Sigit

Abstract

Laporan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) disusun sebagai bentuk komitmen terhadap transparansi, akuntabilitas, dan peningkatan kualitas program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dilaksanakan oleh PT Pertamina Patra Niaga Aviation Fuel Terminal (AFT) Sultan Thaha. Survei dilakukan pada Program Kampung Elok Batuah di Kelurahan Bakung Jaya, yang melibatkan 41 responden dari empat kelompok binaan: Wisata Berseri, Apartemen Maggot 21, UMKM Cahaya Abadi Sejahtera, dan Agro Sejahtera 21. Pengukuran dilakukan menggunakan instrumen standar IKM berbasis 9 unsur pelayanan dengan skala Likert 1–4. Hasil survei menunjukkan nilai indeks 3,18 atau setara 79,53%, dengan mutu pelayanan berkategori “Baik”. Hasil ini menegaskan bahwa program CSR AFT Sultan Thaha telah berjalan efektif, memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, dan sejalan dengan prinsip ESG serta pencapaian SDG’s.

Article Details

How to Cite
Putra, A. N., Ayu Desferanza, & Irwan Sigit. (2025). Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Program Kampung Elok Batuah. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(4), 4402–4415. https://doi.org/10.32672/mister.v2i4.3746
Section
Articles

References

Carroll, A. B. (1991). The pyramid of corporate social responsibility: Toward the moral management of organizational stakeholders. Business Horizons, 34(4), 39–48.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Jakarta: Kementerian PAN-RB.

Kerlinger, F. N. (2006). Foundations of Behavioral Research. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kotler, P., & Lee, N. (2005). Corporate social responsibility: Doing the most good for your company and your cause. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.

Porter, M. E., & Kramer, M. R. (2006). Strategy and society: The link between competitive advantage and corporate social responsibility. Harvard Business Review, 84(12), 78–92.

Scottish Community Development Centre. (2019). What is community development? Glasgow: Scottish Community Development Centre. Retrieved from https://www.scdc.org.uk

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.