Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Matic Di Kalangan Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian sepeda motor Honda matic pada mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan jumlah responden sebanyak 100 orang. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan Kualitas Produk dan Word of Mouth berpengaruh signifikan. kedua variabel berpengaruh signifikan yang menegaskan pentingnya kualitas produk dan rekomendasi positif dalam mendorong keputusan pembelian.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amdhani, R., Wati, E. E., & Purwanto, K. (2022). Promosi, kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian motor matic Beat oleh mahasiswa Undhari.
Amrullah, A. R., & Agustin, S. (2016). Pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.
Alfiyah, S. N., & Aminah, S. (2023). Pengaruh digital marketing, inovasi produk dan brand image terhadap keputusan pembelian pada coffee shop Pabrik Lewo Surabaya. Religion Education Social Laa Roiba Journal.
Ardiansyah, P. W., & Nilowardono, S. (2019). The influence of brand image, product innovation and social media marketing on Samsung smartphone’s buying interest: Case study on Narotama University students. International Journal of Entrepreneurship and Business Development (IJEBD).
Azzahra, S. (2024). Pengaruh promosi, brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Purwokerto (Studi kasus mahasiswa UIN Saizu Purwokerto).
Cenora, C., & Suhendry, W. (2023). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Honda Vario di Pontianak. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Dewi, L. S. (2023). Perilaku konsumen dan keputusan pembelian.
Firdaus, F. B. N., & Rafida, V. (2024). Pengaruh word of mouth, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian motor listrik di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), (P-ISSN 2337-6708).
Garut, A. G., & Purwanto, S. (2023). Pengaruh influencer marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian Kacang Dua Kelinci di Kota Surabaya. SEIKO: Journal of Management & Business.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2019). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (Edisi ke-9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadiani, D., & Nurfadilah, A. (2017). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian pada produk sepeda motor Honda di CV. Buana Jaya Cemerlang Banjar.
Hartanto, R. (2019). Brand and personal branding. Bekasi.
Hasan, A. (2017). Manajemen pemasaran dan marketing. Alfa.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan.
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop Shopee di Pekanbaru. Jurnal Valuta, 4(1), April. ISSN: 2502-1419.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran. Erlangga.
Kotler, P. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, P. J., & Armstrong, G. M. (2020). Principles of marketing (18th ed.). Pearson Education.
Kristin, N. I., & Nugroho, A. P. (2021). Pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy.
Listyawati, I. H. (2020). Pengaruh word of mouth, iklan dan atribut produk terhadap keputusan pembelian.
Magdalena, M., & Fauzis, M. (2023). Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada PT. Hayati Pratama Mandiri Padang. Jurnal Economina.
Manik, C. M., & Siregar, O. M. (2022). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada konsumen Starbucks di Kota Medan. Journal of Social Research.
Nasrullah, R., Rakhmawati, A., & Wusko, A. U. (2024). Pengaruh harga, kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian motor Honda Sport (Studi kasus di Kabupaten Pasuruan).
Nazib, M. A., Lasiyono, U., & Ariprabowo, T. (2021). Pengaruh brand image, kualitas & e-WOM terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda CV. Tirta Sejahtera.
Nisa, N. R., Rahayu, R., Kurniati, & Hardati, R. N. (2019). Pengaruh brand image dan word of mouth terhadap keputusan pembelian.
Pahmi. (2024). Kualitas produk dan harga mempengaruhi minat beli masyarakat.
Pamelia, A., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian motor matic Honda Beat (Studi pada warga Perumahan Pesona Permata Ungu Krian Sidoarjo).
Paputungan, P. R., et al. (2018). Pengaruh promosi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian di Oriflame Manado. Jurnal EMBA, 6(4), September.
Pratama, A. D. M., & Noor Andriana, A. (2023). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, harga terhadap minat beli ulang melalui keputusan pembelian produk Thrifting Store Swoosh. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 5(1).
Pratama, A. N., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh iklan, citra merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy (Studi pada pengguna sepeda motor Honda Scoopy di Semarang).
Purwanto, N., Budiyanto, & Suhermin. (2022). Theory of planned behavior.
Rinawati, G. A., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. (2021). Pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian. Jurnal Emas.
Rizky, F., Muinah, M., & Maharani, B. (2022). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy (Studi kasus pengguna sepeda motor Honda Scoopy di Yogyakarta). Jurnal Kewarganegaraan.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach.
Sekar Amalia, N., & Rachmi, A. (2023). Pengaruh citra merek, word of mouth (mulut ke mulut) dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy. Jurnal Aplikasi Bisnis.
Sernovitz, A. (2022). Word of mouth marketing: How smart companies get people talking (Revised ed.).
Setyawati, K. E., Z, O. K., & Farradia, Y. (2021). Pengaruh citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian motor Honda Vario (Studi kasus pada CV Kirana Motorindo Jaya). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 3(4).
S, R. F., & Jalaludin, E. (2023). Pengaruh word of mouth, citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk motor Honda di Jakarta. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains).
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Tannia, P. V., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh kualitas produk, desain produk dan harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda merek PCX. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2).
Wiranata, I. K. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, P. I. M. S. (2021). Pengaruh digital marketing, quality product dan brand image terhadap keputusan pembelian roti di Holland Bakery Batu Bulan. Jurnal Emas.