Pengembangan Aplikasi Manajemen Penyewaan Lapangan Bulutangkis Pragas Berbasis Web Dan Android Menggunakan Metode Extrem Programming

Main Article Content

Muhammad Isha Wahdianto Sang
Juniardi Akhir Putra

Abstract

Penelitian ini merinci pengembangan aplikasi berbasis web dan Android untuk mengelola penyewaan Lapangan Bulutangkis Pragas. Penelitian ini mengatasi masalah-masalah pada sistem manual sebelumnya, seperti pencatatan yang rawan hilang, jadwal yang sering bentrok, dan konfirmasi transaksi yang lambat. Kami menggunakan metode deskriptif kualitatif dan model Extreme Programming (XP) dalam kerangka System Development Life Cycle (SDLC) untuk pengembangan aplikasi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara di Lapangan Pragas, yang dilengkapi dengan tinjauan literatur. Desain sistem dimodelkan menggunakan Unified Modeling Language (UML), termasuk use case diagram dan class diagram , dan aplikasi ini dibangun menggunakan PHP, HTML, CSS, dan Flutter. Aplikasi yang dikembangkan memberikan solusi komprehensif dengan menawarkan fitur-fitur seperti pemesanan  online, pengecekan jadwal secara real-time, pencatatan transaksi otomatis, dan pelaporan keuangan. Platform web dirancang untuk pengelola guna menangani pengelolaan data dan pelaporan , sementara aplikasi Android ditujukan untuk penyewa agar dapat dengan mudah memesan lapangan dan melakukan pembayaran digital. Pengujian  Black-Box Testing mengonfirmasi bahwa semua fitur berfungsi seperti yang diharapkan, tanpa ada kesalahan atau kegagalan. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem baru ini secara signifikan meningkatkan efisiensi operasional bagi pengelola dan meningkatkan kenyamanan pengguna bagi penyewa, menghasilkan layanan yang lebih profesional dan modern.

Article Details

How to Cite
Sang, M. I. W. ., & Putra, J. A. . (2025). Pengembangan Aplikasi Manajemen Penyewaan Lapangan Bulutangkis Pragas Berbasis Web Dan Android Menggunakan Metode Extrem Programming. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(4), 4325–4334. https://doi.org/10.32672/mister.v2i4.3698
Section
Articles

References

Agustian, B. (2022). Sistem informasi kalibrasi torque wrench. Pascal Books.

Amikom, U. (n.d.). Tuntunan praktis membangun sistem informasi akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server + CD. Penerbit Andi.

Anggraeni, E. Y., Risanto, E., Basuki, Y., Nofianto, D., & C, A. A. (n.d.). Pengantar sistem informasi. Penerbit Andi.

Anhar. (2010). PHP & MySQL secara otodidak. Mediakita.

Atmojo, W. T., Ayunda, A. T., Olivia, D., Rerung, R. R., & Indonesia, M. S. (2023). Panduan pembuatan aplikasi virtual reality. Media Sains Indonesia.

Dasril Aldo, S. K. M. K., & Nursaka Putra, S. K. M. K. (2020). Sistem pendukung keputusan (SPK): Kupas tuntas metode multifaktor evaluation process. SINT Publishing.

Enterprise, J. (2018). HTML, PHP, dan MySQL untuk pemula. Elex Media Komputindo.

Fithrie Soufitri, S. K. M., Nasution, B., & Nasution, A. S. (n.d.). Konsep sistem informasi. PT Inovasi Pratama Internasional.

Habibi, R., & Karnovi, R. (2020). Tutorial membuat aplikasi sistem monitoring terhadap job desk operational human capital (OHC). Kreatif.

Habibi, R., Putra, F. B., & Putri, I. F. (2020). Aplikasi kehadiran dosen menggunakan PHP OOP. Kreatif.

Habibi, R., & Sandi, K. (2020). Aplikasi bank sampah istimewa menggunakan framework PHP CodeIgniter dan DBMS MySQL. Kreatif.

Hardy, I. H., Sujadi, E. C., Pane, S. F., & Habibi, R. (2023). Pengembangan smart conveyor dengan Arduino (menggunakan GPS tracking berbasis Android). Penerbit Buku Pedia.

Harefa, K. (2022). Pembuatan aplikasi untuk bisnis pegadaian dengan Java NetBeans. Pascal Books.

Harahap, E. F., Adisuwiryo, S., & Fitriana, R. (n.d.). Analisis dan perancangan sistem informasi. Wawasan Ilmu.

Karman, J., Mulyono, H., & Martadinata, A. T. (2019). Sistem informasi geografis berbasis Android: Studi kasus aplikasi SIG pariwisata. Deepublish.

Koesheryatin, T. S. (2014). Aplikasi internet menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Elex Media Komputindo.

Kurosaki, M. (n.d.). Flutter dari nol. Blackangel Media.

Muhammad Syahrum, S. T. M. H. (2022). Pengantar metodologi penelitian hukum: Kajian penelitian normatif, empiris, penulisan proposal, laporan skripsi dan tesis. Cv. Dotplus Publisher.

Nugroho, A., & Suprihadi, U. (2021). Rancang bangun aplikasi toko online berbasis web CodeIgniter 3 untuk usaha mikro dan UMKM. Media Sains Indonesia.

Nur Fitrianingsih Hasan, M. K., Vera Wati, S. K. M. K., Shella Gilby Sapulette, S. E. M. S., Supadmini, S., Wartono, S. K. M. K., Limba, F. B., Isfaatun, E., Purwanto, S. E., Wico, J. T., & Suparman, A. (2023). Dasar analisa perancangan sistem informasi. Cendikia Mulia Mandiri.

Prasetyo, Y. Y., & Hadi, A. (2019). Mudah menguasai framework Laravel. Elex Media Komputindo.

Putratama, S., & Vebrianto. (2018). Pemrograman web dengan menggunakan PHP dan framework CodeIgniter. Deepublish.

Rachmat, D., Husain, S. M., Handayani, N., & Siswanto, A. T. P. (2021). Diagram UML dalam membuat aplikasi Android Firebase: Studi kasus aplikasi bank sampah. Deepublish.

Roni Habibi, Naufal, D. I. B., & F. S. D. (2020). Penggunaan framework Laravel untuk membuat aplikasi absensi terintegrasi mobile. Kreatif.

Roni Habibi, Putra, F. B., & Putri, I. (2020). Aplikasi kehadiran dosen menggunakan PHP OOP. Kreatif.

Sa’ad, M. I. (2020). Otodidak web programming: Membuat website edutainment. Elex Media Komputindo.

Srimulyo, K. (2023). Agile librarians: Manajemen diri dan pengembangan profesi untuk organisasi. Airlangga University Press.

Syaputra, R., & Ganda, Y. P. W. (2019). Happy Flutter: Membuat aplikasi Android dan iOS dengan mudah menggunakan Flutter. Udacoding.

Salamah, U. G. (2021). Tutorial cascading style sheets (CSS). Media Sains Indonesia.

Wahyudiono, S., Yusnanto, T., Ediana, D., & Yanto, A. (2022). Pengolahan data elektronik: Mengenal dan memahami pengolahan data secara elektronik. Get Press.

Wakil, A., Cahyani, R. R., Harto, B., Latif, A. S., Hidayatullah, D., Simanjuntak, P., Rukmana, A. Y., Sihombing, F. A. H., Sari, M., & Sahara, R. M. (2022). Transformasi digital dalam dunia bisnis. Global Eksekutif Teknologi.