Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Aplikasi Brimo Di Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan persepsi kepercayaan terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa dalam menggunakan aplikasi BRIMO. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa sebagai responden, serta analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, begitu pula dengan persepsi manfaat yang juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Sebaliknya, persepsi kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dalam menggunakan aplikasi BRIMO. Temuan ini menegaskan bahwa kepuasan pengguna lebih banyak ditentukan oleh seberapa mudah aplikasi digunakan dan seberapa besar manfaat yang diperoleh, sedangkan faktor kepercayaan lebih dianggap sebagai standar dasar yang wajib ada dalam layanan perbankan digital.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aditya, W. (2024). Consumer behavior in the digital era 4.0 (Edisi Indonesia). Desa Banjaran: Eureka Media Aksara.
Amruddin, et al. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Aminuddin, H., et al. (2020). Manajemen pemasaran dan perilaku konsumen: Prinsip dasar, strategi dan implementasi (Edisi 1). Yogyakarta: Diandra Kreatif/Mirra Buana Media.
Anggraini, N. (2021). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, kepercayaan, dan fitur layanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan dalam menggunakan e-money di Kota Palembang. Forum Bisnis dan Kewirausahaan: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Universitas Multi Data Palembang.
Aris, A., et al. (2023). Manajemen pemasaran. Bandung, Jawa Barat: Widina Bhakti Persada.
Bayu, A., & Enny, I. S. (2025). Evaluasi dan desain antarmuka pengguna aplikasi kesehatan berbasis kebutuhan pengguna. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI).
Ciek, J. H., et al. (2024). Transformasi sosial-ekonomi dalam era ekonomi digital: Analisis sosiologi ekonomi terhadap dinamika platform online. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi.
Deliyana, R., Permatasari, B., & Sukmasari, D. (2022). Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi keamanan, dan persepsi kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan mobile banking BCA. Journal of Economic and Business Research.
Dian, C. S., et al. (2021). Manajemen pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.
Fajriyah, I. (2023). Pengaruh kualitas sistem dan kemudahan penggunaan terhadap kepuasan pengguna aplikasi BRImo. Jurnal Ekonomi dan Teknologi.
Febriansyah, N. (2023). Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan fitur produk terhadap kepuasan nasabah dalam penggunaan aplikasi Livin’ by Mandiri di Kota Semarang. Eprints.
Fenti, H. (2017). Metodologi penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Fianto, B. A., Rahmawati, C. K., & Supriani, I. (2021). Mobile banking services quality and its impact on customer satisfaction of Indonesian Islamic bank. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam.
Hardani, et al. (2020). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Jayani, D. H. (2021, June 11). Jumlah pengunjung Tokopedia kalahkan Shopee pada kuartal I-2021. Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/11/jumlah-pengunjungtokopedia
Juan, E., & Indrawati, L. (2023). Pengaruh kepercayaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan brand image terhadap kepuasan konsumen melakukan pembayaran menggunakan QRIS. K&K: Jurnal Manajemen.
Kasimun, L. E., & Barkah. (2023). Analisis pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan terhadap kepuasan dan kepercayaan menggunakan CUPK Mobile (Studi pada anggota CUPK). Equator Journal of Management and Entrepreneurship.
Meileny, F., & Wijaksana, T. I. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, fitur layanan dan kepercayaan terhadap tingkat kepuasan pelanggan LinkAja di Indonesia. Jurnal Ecodemica.
Murthy, S. (2022). E-banking and customers’ satisfaction in public and private sector banks in Karnataka: An empirical analysis. Journal of Positive School Psychology, 8.
Nandang, L., et al. (2022). Manajemen pemasaran. Depok: Strategy Cita Semesta.
Ningsih, W. P. (2020). Pengaruh persepsi kemudahan, fitur layanan, dan keamanan terhadap niat menggunakan e-money. Jurnal Aplikasi Ekonomi.
Pambagyo, R. D., & Hasnawati, S. (2024). Literasi digital dan pengaruhnya terhadap penggunaan mobile banking di kalangan mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Bisnis Digital.
Prasetia, I. (2022). Pengaruh persepsi kemudahan dan manfaat terhadap kepuasan pelanggan dan minat pembelian ulang pada aplikasi Shopee. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.
Purnomo, R. A. (2016). Analisis statistik ekonomi dan bisnis dengan SPSS. Perpustakaan Nasional: CV. Wade Group.
Putri, P. F. S., Dellia, P., Azizi, A. F., Mashitoh, P. A., & Iriansyah, M. D. P. (2024). Analisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi M-Banking BRImo pada mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS). JATI.
Ramadhanti, C., & Indrawati, I. (2023). Effect of service to satisfaction and the impact on loyalty of BRImo users. Enrichment: Journal of Management.
Ritonnga, W. (2020). Manajemen pemasaran. Surabaya: PT Muara Karya (IKAPI).
Rizan, M. (2018). Kepuasan penggunaan sistem informasi. Gorontalo: Ideas Publishing.
Satriadi, et al. (2021). Manajemen pemasaran (Edisi 1). Yogyakarta: Samudra Biru.
Setyawan, A. D. (2021). Hipotesis dan variabel penelitian. Jawa Tengah: Tahta Media Group.
Sholahuddin, R. W. (2022). Teori acceptance model (Edisi 1). Malang, Jawa Timur: CV Seribu Bintang.
Sihotang, J. S., Sazali, F. H., Pakpahan, R., & Sinaga, R. F. (2025). Analisis pemahaman penggunaan sistem pembayaran transaksi keuangan menggunakan BRImo terhadap mahasiswa Prodi Kewirausahaan UNIMED. Jurnal PLANS.
Saputra, M. S., & Nurjihadi, M. (2023). Sikap mahasiswa dalam adopsi aplikasi keuangan BRImo dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). BIOS: Jurnal Teknologi Informasi dan Rekayasa Komputer.
Soetam, R. W. (2022). Teori acceptance model (Edisi 1). Malang: CV Seribu Bintang.
Tiodor, S., & Imam, M. (2023). Strategi “mem-BRIMOkan Indonesia” sebagai bentuk digitalisasi sektor perbankan di Bank Rakyat Indonesia KK UNISMA. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pendidikan.
Wier, R. (2020). Manajemen pemasaran. Surabaya: PT Muara Karya (IKAPI).
Yuni, N., Ummah, & Samira, A. W. (2020). Inovasi pemanfaatan teknologi informasi pada industri perbankan: Studi terhadap penggunaan mobile banking (Edisi 1). Yogyakarta: Ekonisia.
Zahariyah, A., et al. (2021). Ekonometrika: Teknik dan aplikasi dengan SPSS. Jawa Timur: Mandala Press.
Zebua, M. K., et al. (2024). Analisis persepsi masyarakat tentang kemudahan penggunaan layanan aplikasi BRImo di Desa Tumori. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi.