Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Augmented Reality untuk Mendukung Pemahaman Konsep Materi Trigonometri

Main Article Content

Vita Cahya Puspita
Suesthi Rahayuningsih
Ulil Nurul Imanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) guna mendukung pemahaman konsep materi trigonometri pada siswa kelas X SMAN 1 Gedeg.Metode penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba melibatkan ahli materi, ahli media, serta siswa kelas X. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes pemahaman konsep, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,88 (kategori valid) dan validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 3,90 (kategori valid). Uji kepraktisan berdasarkan respon siswa menunjukkan persentase 87% (kategori praktis). Uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan hasil tes pemahaman konsep dengan ketuntasan klasikal mencapai 95% (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika pada materi trigonometri.

Article Details

How to Cite
Puspita, V. C., Suesthi Rahayuningsih, & Ulil Nurul Imanah. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Augmented Reality untuk Mendukung Pemahaman Konsep Materi Trigonometri. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(4), 4290–4295. https://doi.org/10.32672/mister.v2i4.3684
Section
Articles

References

Arsyad, A. (2020). Media pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Azuma, R. T. (1997). A survey of augmented reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments, 6(4), 355–385. https://doi.org/10.1162/pres.1997.6.4.355

Billinghurst, M., & Duenser, A. (2012). Augmented reality in the classroom. Computer, 45(7), 56–63. https://doi.org/10.1109/MC.2012.111

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Bridyasari, I. L. N. (2021). Penerapan augmented reality dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 101–112.

Fitriyani, R. (2020). Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 101–110. https://doi.org/10.xxxx/jtp.v22i2.1234

Listiawan, T., & Antoni, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi geometri transformasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 8(1), 55–63.

Nugroho, A. (2024). Implementasi augmented reality dalam pembelajaran trigonometri di sekolah menengah atas. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 9(1), 55–64. https://doi.org/10.xxxx/jrpm.v9i1.7654

Prasetyo, D. (2022). Media pembelajaran interaktif sebagai inovasi pendidikan matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 10(3), 211–220. https://doi.org/10.xxxx/jipm.v10i3.9876

Ramadhan, Y. A. (2024). Efektivitas media berbasis web dengan pendekatan realistic mathematics education pada pembelajaran trigonometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 12(1), 22–34.

Sadiman, A. S. (2019). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. RajaGrafindo Persada.

Sari, M. A. (2021). Peran guru dalam menghadapi era digitalisasi pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(1), 45–53. https://doi.org/10.xxxx/jpk.v15i1.5678

Wulandari, S. (2023). Pengaruh media berbasis multimedia terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 89–97. https://doi.org/10.xxxx/jpm.v14i2.3456