Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Augmented Reality untuk Mendukung Pemahaman Konsep Materi Trigonometri
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) guna mendukung pemahaman konsep materi trigonometri pada siswa kelas X SMAN 1 Gedeg.Metode penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba melibatkan ahli materi, ahli media, serta siswa kelas X. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes pemahaman konsep, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,88 (kategori valid) dan validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 3,90 (kategori valid). Uji kepraktisan berdasarkan respon siswa menunjukkan persentase 87% (kategori praktis). Uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan hasil tes pemahaman konsep dengan ketuntasan klasikal mencapai 95% (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika pada materi trigonometri.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arsyad, A. (2020). Media pembelajaran. RajaGrafindo Persada.
Azuma, R. T. (1997). A survey of augmented reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments, 6(4), 355–385. https://doi.org/10.1162/pres.1997.6.4.355
Billinghurst, M., & Duenser, A. (2012). Augmented reality in the classroom. Computer, 45(7), 56–63. https://doi.org/10.1109/MC.2012.111
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Bridyasari, I. L. N. (2021). Penerapan augmented reality dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 101–112.
Fitriyani, R. (2020). Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 101–110. https://doi.org/10.xxxx/jtp.v22i2.1234
Listiawan, T., & Antoni, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi geometri transformasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 8(1), 55–63.
Nugroho, A. (2024). Implementasi augmented reality dalam pembelajaran trigonometri di sekolah menengah atas. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 9(1), 55–64. https://doi.org/10.xxxx/jrpm.v9i1.7654
Prasetyo, D. (2022). Media pembelajaran interaktif sebagai inovasi pendidikan matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 10(3), 211–220. https://doi.org/10.xxxx/jipm.v10i3.9876
Ramadhan, Y. A. (2024). Efektivitas media berbasis web dengan pendekatan realistic mathematics education pada pembelajaran trigonometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 12(1), 22–34.
Sadiman, A. S. (2019). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. RajaGrafindo Persada.
Sari, M. A. (2021). Peran guru dalam menghadapi era digitalisasi pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(1), 45–53. https://doi.org/10.xxxx/jpk.v15i1.5678
Wulandari, S. (2023). Pengaruh media berbasis multimedia terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 89–97. https://doi.org/10.xxxx/jpm.v14i2.3456