Penyusunan Instrumen Penilaian Sikap Peduli Lingkungan berbasis Green Industry untuk Siswa SD

Main Article Content

Ina Magdalena
Akhmad Syaifullloh
Muhammad Fikri Fahruddin
Amanda Khofifah

Abstract

Sikap peduli lingkungan merupakan bagian penting dari pendidikan karakter yang perlu ditanamkan sejak dini kepada siswa sekolah dasar. Salah satu upaya untuk menumbuhkan sikap tersebut adalah melalui penyusunan instrumen penilaian yang relevan dan kontekstual dengan prinsip green industry. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam proses penyusunan instrumen penilaian sikap peduli lingkungan berbasis green industry pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena mampu menggali data secara holistik dan kontekstual terkait pemahaman, pengalaman, dan persepsi guru serta siswa mengenai sikap peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan instrumen dilakukan melalui beberapa langkah, yaitu identifikasi tujuan penilaian, penentuan indikator sikap yang sesuai dengan prinsip green industry, perancangan format instrumen yang ramah anak, uji validitas dan reliabilitas, serta implementasi dalam kegiatan pembelajaran. Instrumen yang dikembangkan mencakup berbagai bentuk seperti skala sikap sederhana, lembar observasi guru, serta penilaian diri dan teman sebaya. Instrumen ini tidak hanya berfungsi sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai sarana edukatif dalam membentuk kesadaran dan kebiasaan siswa dalam menjaga lingkungan. Dengan pendekatan yang tepat, pendidikan karakter berbasis lingkungan dapat mendorong terciptanya budaya ramah lingkungan sejak usia dini.

Article Details

How to Cite
Magdalena, I., Akhmad Syaifullloh, Muhammad Fikri Fahruddin, & Amanda Khofifah. (2025). Penyusunan Instrumen Penilaian Sikap Peduli Lingkungan berbasis Green Industry untuk Siswa SD. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(4), 4242–4252. https://doi.org/10.32672/mister.v2i4.3648
Section
Articles

References

Alwasi, Farina Tias, Elsa Aulia Fadhilah, Widianti Nurohmah, and Tin Rustini. 2023. “Green Education Di Sekolah Dasar Dalam Upaya Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Menuju Green Economy.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 9(5):3201–15.

Fenia, Tri Zulfayati, and Suprayitno. 2024. “Eksplorasi Penanaman Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Tentang Pengelolaan Sampah 3R Pada Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar.” Jpgsd 12(1):2727–41.

Jayadinata, Asep Kurnia, Idat Muqodas, and Dhea Ardiyanti. 2024. “Kesadaran Lingkungan Calon Guru Sebagai Nilai Karakter Kepedulian Lingkungan Hidup.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 12(2):12–23. doi: 10.29210/1112000.

Laskar, Muhammad, Abid Zufar, and Tegar Winoto Bagaskara. 2024. “Edukasi Green Sustainability Meningkatkan Kualitas Lingkungan Dan Pendidikan Di SD Negeri Beloh.” 2(2):309–17.

Nurhasanah. 2019. “Sikap Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Pada Sekolah Menengah Atas ( Sma ) Penerima Adiwiyata Tingkat Nasional Di Kabupaten Universitas Islam Riau (Skripsi).” Skripsi 57.

Pramana, I. P. A. A., I. .. Putrayasa, and D. B. Sanjaya. 2022. “Pengembangan Instrumen Sikap Peduli Lingkungan Dan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 6(1):33–44.

Susanto, Alton Endarwanto Hadi, and Agung Purwanto. 2022. “Persepsi Sikap Peduli Lingkungan Dalam Mendukung Eco-Office.” Journal on Education 5(1):1041–46. doi: 10.31004/joe.v5i1.715.

Triyandana, Arga, Nur Lina Safitri, and Nuril Hidayati. 2025. “Pengembangan Pembelajaran Sains Sekolah Dasar Berbasis Green Curriculum Dalam Menumbuhkembangkan Budaya Ramah Lingkungan.” Jurnal Bioshell 14(1):103–9. doi: 10.56013/bio.v14i1.3916.