Pengaruh Media Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Pada Materi Energi dan Perubahan

Main Article Content

Dinda Lara Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK pada materi Energi dan Perubahan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang membosankan dan kurang interaktif. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah menggunakan media PhET Simulation, dengan nilai rata-rata postes siswa di kelas eksperimen meningkat dari 42,4 menjadi 76. Berdasarkan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa media PhET Simulation memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi IPAS khususnya pada konsep sumber energi.

Article Details

How to Cite
Putri, D. L. (2025). Pengaruh Media Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Pada Materi Energi dan Perubahan. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(3), 4043–4049. https://doi.org/10.32672/mister.v2i3.3566
Section
Articles

References

Azzahra, N. R., Widiastuti, R., & Sari, D. K. (2023). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Keingintahuan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 45–53.

Fitriyati, I., & Prastowo, A. (2022). Pembelajaran Daring Menggunakan Phet Simulations Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. AlMadrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1041. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1120

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). New Jersey: Pearson Education.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Kemendikbudristek.

Millati, M. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar, Kemendikbudristek.

Nurhayati, N., Fadilah, S., & Mutmainah, M. (2014). Penerapan metode demonstrasi berbantu media animasi Software PhET terhadap hasil belajar siswa dalam materi listrik dinamis kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 4(2), 1–7. https://doi.org/10.26740/jpfa.v4n2.p1-7

Rahman, A., Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. AL URWATUL WUTSQA: KAJIAN PENDIDIKAN ISLAM, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sutrisno. (2002). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Zahara, R., Yusra, & Lufri. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi PhET terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 105–11.