Efektifitas Penggunaan Quiziz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMK PGRI 2 Giri Banyuwangi

Main Article Content

Ayu Lika Ripkia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa proses pembelajaran di sekolah masih banyak menggunakan media konvensional yang cenderung memakan waktu dan biaya cukup besar. Selain itu, penggunaan media konvensional seringkali menimbulkan kekhawatiran di kalangan peserta didik, seperti potensi terjadinya kecurangan saat mengerjakan soal, kurangnya pemanfaatan teknologi secara optimal, serta menyebabkan suasana belajar menjadi kurang aktif dan membosankan. Namun, di SMK PGRI 2 Giri Banyuwangi, telah diterapkan platform online Quizizz sebagai sarana evaluasi hasil belajar peserta didik, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan platform Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada peserta didik kelas XI SMK PGRI 2 Giri Banyuwangi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji hipotesis untuk mengetahui efektivitas penggunaan Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran.  Hasil analisis menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dengan nilai Asymp. Sig sebesar 0,341. Uji hipotesis menghasilkan nilai 4,298, yang mengindikasikan adanya efektivitas signifikan dalam penggunaan Quizizz untuk evaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila. Berdasarkan hasil kuesioner yang menunjukkan respons positif dari peserta didik, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa penerapan Quizizz dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMK PGRI 2 Giri Banyuwangi sangat efektif dan mampu meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Ripkia, A. L. (2025). Efektifitas Penggunaan Quiziz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMK PGRI 2 Giri Banyuwangi. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(3), 4002–4011. https://doi.org/10.32672/mister.v2i3.3543
Section
Articles

References

Abadi, I., Afrizal, A. F., & Wahyuni, N. I. (2023). Kepraktisan Penggunaan Aplikasi Quizizz Paper Mode Sebagai Media Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V di SD Negeri Lemahireng 05. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10), 3. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/1148

Amri, M., 1, & Yus Arija Shobri. (2020). Indi Quizizz. 13(301).

Arifin, Z. (2020). Evaluasi Pembelajaran (P. Latifah. PT. Remaja Rosdakarya.

Candra Rolisca, R. U., & Achadiyah, B. N. (2019). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Sma Brawijaya Smart School (Bss). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2706

Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Bumi Aksara.

Jasiah, J., Marselus, M., Marjuki, M., Taufiq, A., Berlianti, N. A., Wijayanti, A., Jakob, J. C., Pohan, N., Hamzah, H., & Junaedi, J. (2021). Mahir menguasai PTK (penelitian tindakan kelas) dalam 20 hari. CV. Adanu Abimata.

Kaniawati, E., Mardani, M. E. M., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 18–32.

Kurniawan, A., Febriant, A. N., Hardianti, T., Ichsan, I., Desy, D., Risan, R., Maya Sari, D. M., Sitopu, J. W., Dewi, R. S., & Sianipar, D. (2022). Evaluasi pembelajaran. PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Nurchotimah, A. S. I. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10–23.

Pramita, K. N. (2023). Evaluasi Pembelajaran Dalam Ranah Aspek Kognitif Pada Jenjang Pendidikan Dasarpada Mi Assalafiyah Timbangreja. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 403–411.

Prijowuntato, S. W. (2020). Evaluasi pembelajaran. Sanata Dharma University Press.

Purwaningsih, E. (2022). Pemahaman Guru Tentang Analisis Kualitas Tes Dan Butir Soal. Perspektif, 1(3), 225–230. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i3.98

Restu, N. K., Sutini, A., & Dewi, D. A. (2023). Pengaruh media wordwall sebagai instrumen penilaian PPKn SD terhadap kemampuan literasi digital dan kreatifitas guru dalam mengajar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 94–101. https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.15502

Shalikhah, N. D. (2019). Pemanfaatan aplikasi Lectora Inspire sebagai media pembelajaran interaktif. Cakrawala:, 11(1), 101–115

Sohilait, E. (2021). Buku Ajar: Evaluasi Pembelajaran Matematika. PT Rajagrafindo Persada, Depok.

Standar, K. K. B., Kurikulum, D. A. P. K. P., Kebudayaan, R. D. T. N., & Nomor, T. (2022). 033. H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada PAUD, Pendidikan Dasar, Dan …

Winurti, L. T., Zulhaini, Z., & Mualif, A. (2024). Analisis Butir Soal Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 1 Sdn 020 Langsat Hulu Di Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 4(2), 223–231

Zafi, A. (2021). Efektifitas Platform Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Kudus. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 201–218