Determinasi Kematangan Beragama pada Mahasiswa Muslim: Studi di Lingkungan UIN Palangka Raya

Main Article Content

Surawan
Dedy Suhada

Abstract

Kematangan beragama merupakan indikator penting dalam menilai kedewasaan spiritual dan sikap keagamaan seseorang, khususnya pada mahasiswa sebagai generasi intelektual Muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang menentukan kematangan beragama mahasiswa Muslim di lingkungan UIN Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor utama yang berperan dalam membentuk kematangan beragama mahasiswa, pengaruh pendidikan keagamaan di kampus, serta pengalaman spiritual pribadi. Faktor-faktor tersebut berkontribusi pada terbentuknya sikap keberagamaan yang dewasa, seperti toleransi, konsistensi dalam ibadah, serta kemampuan berpikir kritis dan reflektif terhadap ajaran agama. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa determinasi kematangan beragama tidak hanya bersifat internal, tetapi juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan pendidikan yang mendukung.

Article Details

How to Cite
Surawan, & Suhada, D. (2025). Determinasi Kematangan Beragama pada Mahasiswa Muslim: Studi di Lingkungan UIN Palangka Raya . Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(3), 3915–3923. https://doi.org/10.32672/mister.v2i3.3376
Section
Articles
Author Biographies

Surawan, UIN Palangka Raya

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Palangka Raya

Dedy Suhada, UIN Palangka Raya

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Palangka Raya

References

Abidin, A. A. (2023). Pendidikan Islam Multikultural Pada Masyarakat Plural (Vol. 3). Academia Publication.

Ahmad, J. (2020). Religiusitas, Refleksi dan Subjektivitas Keagamaan. Islamic Character Development.

Akrom, M. (2019). Pendidikan Islam Kritis, Pluralis Dan Kontekstual. CV Mudilan Group.

Alawiyah, T. (2024). Metodologi Studi Islam: Pendekatan Kontemporer Dan Tradisional. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Amin, H. S. M. (2022). Ilmu akhlak. Amzah.

Anwar, K. (2021). Pendidikan Islam Multikultural: Konsep dan Implementasi Praktis di Sekolah (Vol. 1). Academia Publication.

Aviva Ruy, A. R. (2021). PERAN ORGANISASI PEMUDA PEDULI MASJID (PPM) SEBAGAI WADAH DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA MANADO (Doctoral dissertation, IAIN Manado).

Danugroho, A. (2022). Pendidikan dalam kacamata ketahanan nasional (Vol. 1). Jejak Pustaka.

EBI FERNANDES, E. B. I., & Amrullah, A. (2024). Penguatan Moderasi Beragama dalam Proses Kaderisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Pmii) Pengurus Cabang (Pc) Rejang Lebong (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP).

Fios, F. (2011). Mengendus Pengalaman Puncak Keagamaan. Humaniora, 2(1), 914-923.

Futaqi, S. (2023). Pendidikan Islam Multikultural: Menuju Kemerdekaan Belajar. Nawa Litera Publishing.

Muhammad, R., & Faridah, A. (2019). Pembelajaran Reflektif: Seni Berpikir Kritis, Analitis, dan Kreatif.

Mulyani, D. (2018). Hubungan kematangan beragama dengan regulasi emosi pada santriwati pondok pesantren darul falah besongko kota semarang. Skripsi Agama.

Murdianto, M. (2024). Analisis Strategi Dosen dalam Membentuk Karakter Keagamaan Mahasiswa di Institut Agama Islam Qomarul Huda Bagu. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 495-500.

Nisar, N. (2022). Pemahaman Moderasi Beragama Dan Sikap Mahasiswa Sosiologi Agama Terhadap Intoleransi Sosial IAIN Parepare (Doctoral dissertation, IAIN PAREPARE).

Prasetiya, B., & Cholily, Y. M. (2021). Metode Pendidikan karakter Religius paling efektif di sekolah. Academia Publication.

Rafi, M. (2023). Pengaruh Lingkungan Sosial Kampus dan Hasil Belajar Akidah Akhlak terhadap Ketaatan Kode Etik Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Ramadhani, J., Sugiatno, S., Sahib, A., & Wanto, D. (2020). Pendidikan Karakter di sekolah dasar.

Ratri, A. H., & La Kahija, Y. F. (2014). Makna Pengalaman Spiritual Pada Rohaniwan Islam. Jurnal Empati, 3(1), 11-17.

Risman, K. (2022). Fanatisme Mahasiswa Islam. Rena cipta mandiri.

Riswandie, I., & Maharani, H. P. (2024). Dinamika Perlindungan Hukum Bagi Remaja Dalam Analisis Komparatif Hak Remaja, Anak, dan Orang Dewasa Terhadap Kepentingan Khusus Dalam Sistem Hukum Nasional. SULTAN ADAM: Jurnal Hukum dan Sosial, 2(1), 54-66.

Rosela, D., Mulyadi, W., & Kusumawati, Y. (2025). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama Pada Anak. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 31-47.

Sabiq, A. F. (2020). Analisis Kematangan Beragama dan Kepribadian serta Korelasi dan Kontribusinya terhadap Sikap Toleransi. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 23-49.

Saifuddin, A. (2019). Psikologi agama: implementasi psikologi untuk memahami perilaku agama. Kencana.

Sari, F. M. (2024). Transinternalisasi Nilai-Nilai Islami Dalam Pembentukan Karakter Melalui Metode Pembiasaan Di SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Teguh, M. T. S., Wulan, T. N., & Juansah, D. E. (2023). Teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif pada metode penelitian. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5962-5974.

Tuerah, P. R., Pinem, P. D. S., & Mesra, R. (2023). Interaksi sosial antara mahasiswa pemeluk Agama Kristen dengan mahasiswa pemeluk Agama Islam di lingkungan FISH Unima. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(6), 653-666.

Wahono, T., Astuti, E. P., Ruliansyah, A., Ipa, M., & Riandi, M. U. (2021). Studi kualitatif implementasi kebijakan eliminasi malaria di wilayah endemis rendah Kabupaten Pangandaran dan Pandeglang. ASPIRATOR-Journal of Vector-Borne Disease Studies, 13(1), 55-68.

Prasetiya, B., & Cholily, Y. M. (2021). Metode Pendidikan karakter Religius paling efektif di sekolah. Academia Publication.

Yuhaniah, R. (2022). Psikologi Agama Dalam Pembentukan Jiwa Agama Remaja. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 12-42.

Yusuf, A. (2021). Pesantren Multikultural Model Pendidikan Karakter Humanis-Religius Di Pesantren Ngalah Pasuruan-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Zakiya, A. P. (2024). PERAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK USIA DINI (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).