Analisis Problematika Pembelajaran Insya’ pada Mahasiswa Sastra Arab di Universitas Muslim Indonesia
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pembelajaran insya’pada mahasiswa Program Studi Bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI). Pembelajaran insya’, sebagai bagian penting dalam penguasaan keterampilan menulis Bahasa Arab, masih menghadapi berbagai kendala yang memengaruhi efektivitas proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika utama terletak pada keterbatasan penguasaan kosa kata, rendahnya motivasi belajar, serta kesulitan dalam pemilihan kata dan pengirganisasian ide. Factor-faktor tersebut berdampak langsung pada kualitas tulisan mahasiswa. Untuk mengatasi permasalahan ini, Solusi yang ditawarkan meliputi peningkatan paparan terhadap teks-teks bahasa Arab yang autentik, pemanfaatan media digital untuk memperkaya kosakata, penerapan metode pembelajaran yang relevan dan konstektual, serta pemberian umpan balik yang konstruktif oleh dosen. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam perbaikan strategi pembelajaran insya’ dilingkungan pebdidikan tinggi Bahasa Arab.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abna, N., & Shamad, M. I. (2016). Model Pembelajaran Bahasa Arab di Universitas Muslim Indonesia (Penerapan Naẓariyah Al-Furū’ Dan Naẓariyah Al-Wihdah). Tamaddun, 15(2), 55–64. https://doi.org/10.33096/tamaddun.v15i2.39.
dinda, D., Fazira, E., Sikumbang, R. S., & Nasution, S. (2024). Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Maharah Al-Kitabah dengan Metode Pembelajaran Insya’iyah. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 86-100.
lbantani, A. M., Fauziah, A. U., & Sumiantia, I. (2020). Perkembangan kosakata bahasa Arab melalui isytiqāq. Alsuniyat: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 3(2), 125-138.
Fauzi, L. K. N., & Nurjannah, N. (2024). Character Education In Psycholinguistics In Arabic Language Learning For Children/Pendidikan Karakter Pada Psikolinguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak. Jurnal Bahasa Arab, 1(1), 21-32.
Febian, A., & Lubis, L. (2023). Peningkatan Maharoh Kitabah melalui Metode Insya'dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII Di SMPIT Ad-Durroh Medan. Journal of Education Research, 4(3), 964-971.
Febriyanti, N., Nurbai’ah, A., Akmaludin, M. H., & Munir, D. R. (2024). STRATEGI PEMBELAJARAN KITABAH SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYATUL HUDA PLERED. El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 1-9.
Hamidah, H., & Marsiah, M. (2020). Pembelajaran maharah al-istima’dengan memanfaatkan media youtube: problematika dan solusi. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 147-160.
Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196-210.
Iskandar, M. L. (2017). Strategi Pembelajaran Menulis (Kitabah) Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 6(1), 55-68.
Malla, A. B. (2023). Use of Flascard Media in Improving Maharatul Kalam (Literature Department Studentsarabic Faculty of Literature UMI ). 34.
Muawanah, M., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Asyik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Di RA Al-Fikri Kota Batam. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1905-1914.
Nafsah, N. H. B., & Hidayat, A. (2022). Pencapaian Skill Menulis Bahasa Arab dengan Media Gambar. An-Nuqthah, 1(3), 70-75.
Nurjanmah Abna. (2024). Penerapan Nazariyah Al-Furu’: efektif Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab. Deepublish Digita
Pane, Akhiri. 2018. Urgensi Bahasa Arab; Bahasa Arab Sebagai Alat Komunikasi Agama Islam. Komunikolo: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi. 2(1). DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v2i1.5452
Panji Sultansyah, P. S., Nurjannah, N., & Amrullah, A. (2024). Analisis Kegiatan Ekstrakurikuler Tilawah Dalam Pengembangan Kemampuan Seni Membaca Al Quran Peserta Didik di SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Rahma, N. A., Lesmana, R. A., Fitrah, Z., Khoinur, M. H., & Nasution, S. (2024). Strategi Peningkatan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(1), 28-36.
Suci, M. P. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Kuliah Insya’Di Stai Ma’Arif Sarolangun. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(2), 59-68.
Thoyib, T., & Hamidah, H. (2018). Interferensi Fonologis Bahasa Arab “Analisis Kontrastif Fonem Bahasa Arab Terhadap Fonem Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Universitas Al Azhar Bukan Jurusan Sastra Arab”. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(2), 63-71.
Ulhaq, N., & Lubis, L. (2023). Penyusunan Materi Ajar dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswa. Journal of Education Research, 4(3), 1202-1211.