Penerapan Prompting dan Fading untuk Mengembangkan Tanggung Jawab pada Anak Usia Sekolah
Main Article Content
Abstract
Dalam proses perkembangan anak, perilaku tanggung jawab menjadi salah satu bagian dari proses perkembangan moral anak. Pengembangan tanggung jawab perlu dimodifikasi agar anak dapat lebih baik dan berguna dalam lingkungan sekitar serta dapat terhindar dari berbagai dampat negatif akibat ketidakbertanggungjawaban. Partisipan dalam intervensi ini adalah satu anak laki – laki berinisial Z, berusia 7 tahun, dan duduk di bangku kelas 1 SD. Penelitian ini menggunakan single case dengan desain A – B. Prosedur penelitian ini dilakukan berdasarkan beberapa tahapan yaitu skrining/intake, baseline, dan intervensi. Intervensi dilakukan dilakukan sebanyak 8 sesi menggunakan teknik modifikasi perilaku yaitu prompting, transfer of stimulus control (fading), dan positive reinforcement. Penelitian ini mengungkapkan bahwa teknik prompting dan fading lebih efektif dilakukan untuk mengembangkan tanggung jawab anak dalam perilaku mengemasi dan meletakkan barang. Analisis dilakukan dengan melihat perbandingan kemunculan perilaku meletakkan barang sebelum dan sesudah intervensi dilakukan. Hasil menunjukkan bahwa teknik prompting dan fading berhasil meningkatkan tanggung jawab berupa meletakkan buku di tempatnya, mengemasi alat tulis, serta menyelesaikan kegiatan yang diberikan hinggan waktu yang ditentukan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Banbury, S.P., Macken, W.J., Tremblay, S., & Jones, D.M. (2001). Auditory distraction and short term memory: Phenomena and practical implications. Journal of the Human Factors and Ergonomics Society, 43, 12-29.
Burhanuddin. (2000). “Etika Individual:. Jakarta: Rineka Cipta.
Ingvarsson, E.T., & Hollobaugh, T. (2011). A comparison of prompting tactics to establish intraverbals in children with autism. Journal of Applied Behavior Analysis, 44, 659- 664.
John W. Santrock. (2018). Life-Span Development. Jakarta: Erlangga
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.). Membangun Tanggung Jawab. Diakses dari https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/anggun/images/30_buku_orang_tua/03_Membangun_Tanggung_Jawab.pdf
Larassati, L. M., & Hartiani, F. (2018). Penerapan Prompting dan Fading untuk Mengembangkan Tanggung Jawab Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 8(2), 101-111.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam.
Martin, G. & Pear, J.J. (2003). Behavior Modification: What It Is and How To th Do It 7 Ed. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Martin, G., & Pear, J. (2015). Behavior modification : What it is and how to do it (10th ed.). USA: Pearson Education, Inc.
Martin, G, & Pear, J.(2019). Behavior Modification: What it is and how to do it (11th ed). New York: Routledge.
Mareta, Aufa Melia (2020). "Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Selama "Stay at Home"". Alfuad Journal. 4 (1): 58. ISSN 2614-4786
Miltenberger, R.G. (2012). Behavior Modification: Principles and Procedures (5th ed.). Belmont: Wadsworth cengage learning.
Ochs, E., & Izquierdo, C. (2009). Responsibility in childhood : Three developmental trajectories. American Anthropological Association, 37, 391-413. DOI: 10.1111/j.1548- 1352.2009.01066.x.
Ramly, Mansyur. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Perndidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV
Thahir, A. (2018). Psikologi Perkembangan. Lampung: Aura Publishing.
Touhill, L. (2013). Promoting independence and agency. National Quality Standard Professional Learning Program (NQS PLP). Diakses dari http://www.earlychildhoodaustralia.org.au/nqsplp/wpcontent/uploads/2013/10/NQS_PLP_ E-Newsletter_No64.pdf
Wong, D. (2008). Anak-anak mulai bertanggung jawab atas perilakunya sendiri dalam hubungan sosial.: Principles and procedures (5th ed.). Belmont: Wadsworth cengage learning.