Tren Penelitian Influencer Marketing pada Jurnal Manajemen Pemasaran di Indonesia: Dari Desain Penelitian Hingga Analisis Data

Main Article Content

Ayu Lestari

Abstract

Pemasaran digital terus mengalami evolusi, dengan influencer marketing muncul sebagai salah satu metode utama untuk meningkatkan kesadaran merek dan keterlibatan konsumen. Studi ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian terkait influencer marketing yang dipublikasi dalam jurnal manajemen bisnis dan pemasaran di Indonesia antara tahun 2019 hingga 2024, menggunakan pendekatan analisis konten. Penelitian ini menitikberatkan pada 43 artikel terakreditasi SINTA, serta mengeksplorasi berbagai aspek seperti jumlah publikasi, desain penelitian, subjek, metode analisis, dan instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam jumlah publikasi mengenai influencer marketing hingga tahun 2023. Namun, terdapat penurunan pada tahun 2024 yang mungkin mencerminkan pergeseran tren penelitian. Riset menunjukkan bahwa desain kuantitatif menjadi pendekatan dominan dalam menganalisis pengaruh influencer marketing terhadap minat beli dan perilaku konsumen. Selain itu, kuesioner diidentifikasi sebagai instrumen pengumpulan data yang paling umum, sementara metode regresi digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel. Temuan penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam mengenai pendekatan akademik terhadap influencer marketing di Indonesia, dan dapat menjadi acuan bagi akademisi serta praktisi dalam merancang strategi pemasaran yang lebih relevan dan efektif.


 

Article Details

How to Cite
Lestari, A. (2025). Tren Penelitian Influencer Marketing pada Jurnal Manajemen Pemasaran di Indonesia: Dari Desain Penelitian Hingga Analisis Data. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(2), 3647–3657. https://doi.org/10.32672/mister.v2i2.3220
Section
Articles
Author Biography

Ayu Lestari, Universitas Paramadina Jakarta

Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Paramadina Jakarta, Indonesia

References

Anjani, F., & Irwansyah, A. (2020). Strategi Influencer dalam Pemasaran Digital.POLYGLOT: Jurnal Ilmiah 16 (2), 203-229

Campbell, C., & Farrell, J. R. (2020). More than meets the eye: The functional components underlying influencer marketing. Business Horizons, 63(4),469-479.

Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 133, 285– 296. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.04.070

Harahap, K., et, all,. (2024). Metode Penelitian. Medan: PT Media Penerbit Indonesia, ISBN: 978-623-8702-23-7

Hudders, L., De Jans, S., & De Veirman, M. (2021). The commercialization of social media stars: A literature review and conceptual framework on the strategic use of social media influencers. International Journal of Advertising, 40(3), 327-375.

Influencer Marketing Hub. (2023). The influencer marketing benchmark report 2023. https://www.influencermarketinghub.com

Jin, S. V., & Muqaddam, A. (2019). Product placement 2.0: “Do brands need influencers, or do influencers need brands?”. Journal of Brand Management, 26(5), 522-537.

Lou, C., & Yuan, S. (2019). Influencer marketing: How message value and credibility affect consumer trust of branded content on social media.Journal of Interactive Advertising, 19(1), 58-73.

Statista. (2023). Social media users in Indonesia 2023. https://www.statista.com

Susetyarini, E., & Fauzi, A. (2020). Trend of Critical Thinking Skill Researches in Biology Education Journals across Indonesia: from Research Design to Data Analysis. International Journal of Instruction, Vol.13(No.1),535-550.

Wibowo, A. (2023). Pemasaran melalui influencer. Semarang : Yayasan Prima Agus.https://digilib.stiestekom.ac.id/assets/dokumen/ebook/feb_B82HOtnuWAcoj5qdyUnO6byV7949c7VehDGg9DqEkwjSqdoB-HrWQJA_1684140702.pdf