Analisis Pengaruh Subgrade Terhadap Umur Rencana Jalan (Perkerasan Lentur)

Main Article Content

Yulinawati

Abstract

Subgrade atau tanah dasar memiliki peran penting dalam mendukung struktur perkerasan jalan. Daya dukung subgrade yang rendah dapat menyebabkan penurunan kinerja perkerasan dan memperpendek umur rencana jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh subgrade terhadap umur rencana jalan dengan pendekatan uji Dynamic Cone Penetrometer (DCP). Kajian dilakukan berdasarkan data dari dokumen Rencana Mutu Kontrak (RMK) serta referensi akademik yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas subgrade memiliki dampak signifikan terhadap desain dan ketahanan perkerasan lentur. Oleh karena itu, evaluasi yang baik terhadap tanah dasar sangat diperlukan dalam perencanaan infrastruktur jalan yang berkelanjutan.

Article Details

How to Cite
Yulinawati. (2025). Analisis Pengaruh Subgrade Terhadap Umur Rencana Jalan (Perkerasan Lentur). Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(2), 3590–3600. https://doi.org/10.32672/mister.v2i2.3203
Section
Articles
Author Biography

Yulinawati, Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya

References

Audi, A. (2022). Pengaruh CBR Subgrade terhadap Umur Layan Perkerasan Lentur di Landasan Pacu Bandar Udara.

Bina Marga. (1989). Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen No. SNI 1732-1989-F. Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Bina Marga. (2002). Manual Desain Perkerasan Jalan. Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Idani, J. A. A. K. (2011). Kajian Pengaruh Nilai CBR Subgrade terhadap Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya.

Priska, D. (2013). Evaluasi Karakteristik Tanah Dasar Menggunakan Uji Dynamic Cone Penetrometer (DCP).

RMK. (2012). Rencana Mutu Kontrak: Pemeliharaan Berkala Jalan Bts. Kota Lahat – Muara Enim.

Sukirman, S. (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Nova, Bandung.

Trisnawati, L., & Erny. (2024). Analisis Kekuatan dan Stabilitas Tanah Dasar Menggunakan Alat DCP.