Website Edukasi Matematika untuk Siswa Kelas 4 – 6 Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Pendidikan matematika untuk siswa kelas 4-6 Sekolah Dasar sering kali menjadi tantangan karena kompleksitas materi dan keterbatasan sumber daya pembelajaran yang interaktif. Dalam era digital, teknologi dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Laporan ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah website edukasi matematika berbasis teknologi digital, yang mendukung proses pembelajaran, sehingga membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih interaktif. Salah satu fitur utama yang dikembangkan adalah Quiz Matematika, yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa melalui evaluasi interaktif. Fitur ini menyediakan soal-soal yang dapat diacak dan memungkinkan siswa untuk menguji pemahaman mereka secara mandiri. Pengujian unit menggunakan Vitest dilakukan untuk memastikan semua fungsi dalam fitur Quiz beroperasi dengan baik. Hasil menunjukkan bahwa website ini berhasil menyediakan fitur interaktif seperti akses materi, evaluasi soal, dan manajemen data yang dapat dioperasikan dengan mudah. Kesimpulannya, platform ini efektif mendukung pembelajaran matematika siswa dengan antarmuka yang user-friendly dan potensi pengembangan lebih lanjut melalui fitur multimedia.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika, 2(2), 1–11.
Hasibuan, A. N., & Dirgahayu, T. (2020). Pengujian dengan Unit Testing dan Test case pada Proyek Pengembangan Modul Manajemen Pengguna. Jurnal Informatika Universitas Islam Indonesia, 2(1), 103–109.
Informatika, J., Rekayasa, D., Jakakom, K., Aji, D. P., Nugroho, A., & Setiawan, R. (2024). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Matematika Untuk Anak SD Menggunakan Metode Permainan Quiz Interaktif Jurnal Informatika Dan Rekayasa Komputer ( JAKAKOM ), 4(April), 765–772.
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme, 5(1), 13–18.
Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN), I(3), 31–36.
No, V., & Dasar, D. I. S. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPA Abstrak Pendahuluan Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak dapat lepas dari kehidupan KKM . Hasil belajar yang rendah , dipengaruhi oleh beberapa faktor selama proses pembelajaran pembelajaran IPA menjadi kurang menarik dan membosankan sehingga berakibat pada penurunan hasil belajar IPA . Hal ini sejalan dengan yang diungkapkan oleh ( Sudewiputri &, 8(4), 1020–1028.
Prestasi, D. A. N., & Belajar, H. (2016). PENERAPAN MODEL KONSTRUKTIVISTIK DENGAN MEDIA FILE GAMBAR 3D UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, 23, 16–27.
Samuel, A. H. (2024). International Journal of Research Publication and Reviews Online Quiz Management System, 5(10), 3041–3047.
Supriadi, N., Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). PENERAPAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA, 5(1), 42–51.
Wardhana, S. R., Satya Herdaya, I. G. D., & Ruswiansari, M. (2024). Pengembangan Aplikasi Classroom Berbasis Mobile Menggunakan Model V. INTEGER: Journal of Information Technology, 9(1), 47–57. Retrieved from https://ejournal.itats.ac.id/integer/article/view/5793/3868
Husna, H. Al, & Puspita, V. (2023). Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sdn 9 Kunpar Kabupaten Sijunjung, 5(c), 52–57.