Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website pada Program Studi Permesinan Poltekpel Barombong

Main Article Content

Dahlia Dewi Apriani
Faisal Saransi
Adnan
Baizul Zaman

Abstract

This study aims to develop an interactive web-based learning media to enhance students' understanding of ship construction and stability in the Marine Engineering program. The media was designed using use case diagrams, activity diagrams, and mockups, then validated by media and subject matter experts. Validation results showed high feasibility, with respective scores of 98.8% and 89.6%. This media supports more flexible and interactive learning while preparing students to meet the demands of the maritime industry..

Article Details

How to Cite
Dewi Apriani, D. ., Saransi, F., Adnan, & Zaman, B. (2025). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website pada Program Studi Permesinan Poltekpel Barombong. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(2), 3370–3382. https://doi.org/10.32672/mister.v2i2.3138
Section
Articles
Author Biographies

Dahlia Dewi Apriani, Poltekpel Barombong Makassar

Permesinan Kapal, Politeknik Pelayaran Barombong, Makassar, Indonesia

Faisal Saransi, Politeknik Pelayaran Barombong

Studi Nautika, Politeknik Pelayaran Barombong, Indonesia

Adnan, Politeknik Pelayaran Barombong

Permesinan Kapal, Politeknik Pelayaran Barombong, Makassar, Indonesia

Baizul Zaman, STMIK Kharisma Makassar

Teknik Informatika, STMIK Kharisma Makassar, Makassar, Indonesia

References

A. D. Samala, B. R. Fajri, and F. Ranuharja, “Desain dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan MOODLE MOBILE APP,” *Jurnal Teknologi Pendidikan*, vol. 7, no. 1, pp. 45–54, 2019.

A. Tambunan, *Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia*. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

B. Ade, et al., “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Interaktif Pada Mata Pelajaran,” *Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi*, vol. 6, no. 3, pp. 89–96, 2018.

D. Andriani and Rasto, *Manajemen Sekolah dan Kepemimpinan Pendidikan*. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2019.

D. P. Sundoro and S. C. Wibawa, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Virtual Reality (VR) pada Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital di SMK Kartika 2 Surabaya,” *Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran*, vol. 5, no. 2, pp. 67–75, 2019.

E. Wahyuningsih, *Evaluasi Pembelajaran: Teknik dan Metode*. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

I. Januarisman and A. Ghufron, *Inovasi Pembelajaran Berbasis ICT*. Malang: UMM Press, 2016.

K. Bayu, et al., “Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Wondershare Filmora Pada Materi Seni Lukis untuk Siswa SMP,” *Jurnal Seni dan Pendidikan*, vol. 12, no. 4, pp. 112–119, 2023.

M. Hamid, et al., *Pengantar Pendidikan Karakter: Nilai-nilai Dasar Pembentukan Karakter Bangsa*. Jakarta: Rajawali Pers, 2020.

M. Yaumi, *Pembelajaran Berbasis Multimedia: Teori dan Praktek*. Jakarta: Kencana, 2018.

N. Agus, “Penggunaan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Teknologi Hasil Jaringan Luas Materi Nirkabel,” *Jurnal Pendidikan Teknik Informatika*, vol. 8, no. 2, pp. 123–130, 2020.

N. Jalmur and Ambiyar, *Media dan Sumber Pembelajaran*. Jakarta: Kencana, 2016.

S. Susilowati, *Teknologi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi*. Bandung: Alfabeta, 2019.

Y. Suryandaru and W. Setyaningtyas, *Psikologi Pendidikan: Pengantar Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran*. Yogyakarta: Media Akademi, 2021.

Z. Rivai and D. Sudjana, *Media Pembelajaran: Pemanfaatan dalam Proses Pembelajaran*. Jakarta: Rajawali Pers, n.d.