Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Dakwah Islam di Era Digital: Studi Literatur atas Perspektif Komunikasi Islam

Main Article Content

Siti Istianah

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran media sosial sebagai platform dakwah di era digital, dengan fokus pada peluang dan tantangan yang dihadapi. Media sosial telah mengubah lanskap dakwah, memungkinkan para dai untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan beragam. Penelitian ini menyoroti peningkatan partisipasi generasi muda dalam kajian keislaman melalui media sosial, serta inovasi dalam penyampaian pesan dakwah melalui konten kreatif dan interaktif. Selain itu, kolaborasi antar dai dan lembaga dakwah di ranah digital juga menjadi fokus penelitian. Metode penelitian meliputi studi literatur dan analisis konten dari berbagai platform media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial menawarkan peluang besar untuk dakwah, tetapi juga menghadirkan tantangan terkait verifikasi informasi dan etika berinteraksi. Pemanfaatan media sosial secara bijak dan bertanggung jawab dapat memaksimalkan potensi dakwah di era digital.

Article Details

How to Cite
Istianah, S. (2025). Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Dakwah Islam di Era Digital: Studi Literatur atas Perspektif Komunikasi Islam. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(2), 3301–3307. https://doi.org/10.32672/mister.v2i2.3124
Section
Articles
Author Biography

Siti Istianah, Universitas Indraprasta PGRI

 

Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

References

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.

Budiantoro, W. (2017). Dakwah di Era Digital. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 263–281.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Hidayat, T., & Huda, M. S. (2024). Strategi Dakwah melalui Komik di Era Digital: Da’wah Strategy through Comics in the Digital Era. QULUBANA: Jurnal Manajemen Dakwah, 5(1), 237–255.

Kasir, I., & Awali, S. (2024). Peran dakwah digital dalam menyebarkan pesan Islam di era modern. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 11(1), 59–68.

Maulidna, F., Ulfi, K., Mulia, A., Ramadhan, A. Z., & Saleh, M. (2025). Etika Dakwah di Media Digital: Tantangan dan Solusi. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(2), 315–336.

Nasrullah, R. (2017). Blogger dan digital word of mouth: getok tular digital ala blogger dalam komunikasi pemasaran di media sosial. Jurnal Sosioteknologi, 16(1), 1–16.

Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2017). Thematic analysis: Striving to meet the trustworthiness criteria. International Journal of Qualitative Methods, 16(1), 1609406917733847.

Nurhayati, M. A., Wirayudha, A. P., Fahrezi, A., Pasama, D. R., & Noor, A. M. (2023). Islam Dan Tantangan Dalam Era Digital: Mengembangkan Koneksi Spiritual Dalam Dunia Maya. AL-AUFA: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 5(1), 1–27.

Rahmadhani, S. A., Pratama, D. I., Putri, R. N. A. Z., Rochimah, Z. N., & Ludiansyah, A. R. (2024). Potensi Dakwah Di Media Sosial Tiktok: Peluang Tantangan Islam Di Era Digital. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 222–227.

Rahmawati, L. (2024). Fenomena dan Perilaku Belanja Online Melalui Tiktok Shop pada Generasi Z Perspektif Konsumsi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(2), 1796–1806.

Salim, N., Amanda, N. C., & Rohman, R. (2024). Inovasi Dakwah di Era Digital Melalui Media Sosial. Qaulan Baligha: Jurnal Ilmu Manajemen Dakwah, 1(2), 108–122.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339.

Supriyatno, H. T. (n.d.). STRATEGI DAKWAH MULTIKULTURAL. DAKWAH MULTIKULTURAL, 41.

Syaifullah, H., & Idrus, A. (2019). Inovasi Pelayanan Wakaf Produktif Era Digital: Studi Kasus Di Yayasan Wakaf Bani Umar 2018. ZISWAF: Jurnal Zakat Dan Wakaf, 6(2), 114.

We Are Social. (2023). Digital 2023: Indonesia. . Diakses Dari Https://Wearesocial.Com.