Pendekatan Pengajaran Berbasis Prinsip Al-Quran dan Hadist
Main Article Content
Abstract
Artikel jurnal ini mengkaji berbagai metode pembelajaran dalam Islam yang bersumber dari Al-Qur'an dan Hadis. Metode-metode yang dibahas meliputi Hikmah (Kebijaksanaan), Keteladanan, Bercerita, Mau’izhah Hasanah (Nasihat yang Baik), Habituasi, Targib wa Tarhib (Dorongan dan Peringatan), serta Diskusi, yang masing-masing memiliki pendekatan tersendiri. Metode Hikmah menekankan pentingnya kebijaksanaan dalam mengajarkan ilmu, sedangkan Keteladanan menggunakan contoh nyata sebagai sarana pembelajaran. Bercerita menyampaikan nilai moral melalui kisah, sementara Mau’izhah Hasanah berfokus pada nasihat yang lembut dan menenangkan. Habituasi bertujuan membentuk karakter melalui pembiasaan, sedangkan Targib wa Tarhib memberikan motivasi dengan dorongan dan peringatan. Sementara itu, metode Diskusi mendorong pemahaman yang lebih mendalam melalui interaksi aktif antara peserta didik Dengan menggabungkan metode-metode ini, pendidikan Islam menerapkan pendekatan yang komprehensif, tidak hanya menanamkan nilai-nilai moral tetapi juga memperkuat pemahaman agama secara mendalam.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akhyar, Yundri, and Eli Sutrawati. 2021. “Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak.” Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18(2):137. doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.363.
Hidayat, Nurul. 2015. “Metode Keteladanan Dalam Pendidikan Islam.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 3(2):135–50. doi: 10.21274/taalum.2015.3.02.135-150.
Marlina. 2023. “HADIS TENTANG METODE- METODE PEMBELAJARAN.” 6(2):1350–66.
Al Mubarokfuri, Shafiyyurrahman. 1997. “Sirah Nabawiyah Edisi Indonesia.” 1–633.
Nazirman, Nazirman. 2018. “Konsep Metode Dakwah Bil Hikmah Dan Implementasinya Dalam Tabligh.” Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi 31–41. doi: 10.15548/al-hikmah.v0i0.91.
Wulan Mulyana, and Arif Muntaqo. 2022. “Efektivitas Metode Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas VII MTs Model Ihsaniyah Kota Tegal.” La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam 14(2):210–37. doi: 10.62490/latahzan.v14i2.334.
Abu al-Husayn, A. ibn F. ibn Z. (1994). Al-Maqayis fi al-Lughah (Syihab al-Din Abu Amr, Ed.). Dar al-Fikr.
Ali, S. I. (2002). As-Sunah An-Nabawiyah: Ru’yah Tarbawiyah. Dar al-Fikr Al-Araby.
Amin, M. (1980). Metode Dakwah Islam dan Beberapa Keputusan Pemerintah Tentang Aktivitas Keagamaan. Sumbangsih.
An-Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat. Gema Insani Press.
Ibn Manzhur. (1992). Lisan al-Arab (Juz 7). Dar al-Mishriyah.
Mustafa Muhammad Sulaiman. (1994). Al-Qashas fi Al-Qur’an al-Karim (1st ed.). Mathba’ah Amanah.
Saputra, W. (2011). Pengantar Ilmu Dakwah. Rajawali Pers.
Sulaiman, M. M. (1994). Al-Qashas fi Al-Qur’an al-Karim (1st ed.). Mathba’ah Amanah.
Sunan Ad-Darimi. (1959). Al-Qahirah: Syirkah al-Thaba’ah Al-Fanniyah al-Muttahidah
Thabari, A. ibn J. (2001). Jami al-Bayan fi Ta’wil Ayil Qur’an (Abdullah bin Abd al-Muhsin At-Turkiy, Ed.). Hajar.