Implementasi Pendidikan Kaderisasi Dai Berbasis Masjid: Studi Kasus Sekolah Dai Azura (SADAR) Masjid Azura Bogor

Main Article Content

Agusman Agusman
Samsuddin Samsuddin
Rahendra Maya

Abstract

Pendidikan kader dai berbasis Masjid merupakan langkah strategis untuk melahirkan dai yang tangguh dalam aspek intelektual, fisik, spiritual, dan finansial. Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mengevaluasi implementasi program Pendidikan Kader Dai berbasis Masjid di Sekolah Dai Azura (SADAR), Masjid Azura, Kabupaten Bogor, dalam membentuk dai yang kompeten secara ilmiah dan efektif dalam berdakwah. Fokus penelitian meliputi pembekalan ilmu syar’i, peningkatan kualitas dakwah, serta penguatan ukhuwah dan jaringan antar dai. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Meskipun belum menghasilkan lulusan, terdapat perkembangan signifikan dalam penguasaan ilmu syar’i dan kemampuan berdakwah peserta. Interaksi di lingkungan masjid juga memperkuat ukhuwah di antara mereka. Tantangan terbesar adalah keberlanjutan program hingga lulusannya tercapai serta dukungan lebih luas. Secara keseluruhan, Sekolah Dai Azura menunjukkan potensi besar dalam membentuk dai yang kokoh dalam ilmu, dakwah, dan ukhuwah serta penguatan jaringan antar dai.

Article Details

How to Cite
Agusman, A., Samsuddin, S., & Maya, R. (2025). Implementasi Pendidikan Kaderisasi Dai Berbasis Masjid: Studi Kasus Sekolah Dai Azura (SADAR) Masjid Azura Bogor. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(2), 2928–2942. https://doi.org/10.32672/mister.v2i2.3051
Section
Articles
Author Biographies

Agusman Agusman, Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir, Bekasi, Indonesia

Samsuddin Samsuddin, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah (STAIA) Bogor

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah (STAIA), Bogor, Indonesia

Rahendra Maya, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah (STAIA) Bogor

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah (STAIA), Bogor, Indonesia

References

Agus, A. (2023). ISLAMIC ECONOMIC STRATEGY FACES GLOBAL RECESSION IN THE PERSPECTIVE OF DAKWAH: STRATEGI EKONOMI ISLAM MENGHADAPI RESSESI GLOBAL DALAM PERSEPEKTIF DAKWAH. Jurnal Bina Ummat: Membina dan Membentengi Ummat, 6(2), 53-66.

Agus, A. (2023). THE ROLE OF DA'WAH IN OVERCOMING SOCIAL PROBLEMS: PERAN DAKWAH DALAM MENGATASI MASALAH SOSIAL. Jurnal Da'wah: Risalah Merintis, Da'wah Melanjutkan, 6(1), 101-111.

Agus, A. (2024). PARADIGMA KEMISKINAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Da'wah: Risalah Merintis, Da'wah Melanjutkan, 7(2), 45-67.

Agus, A. (2024). PERAN KUALITAS PELAYANAN, NILAI RELIGIUSITAS, DAN CITRA LEMBAGA TERHADAP PREFERENSI MUZAKKI DALAM MENUNAIKAN ZIS (STUDI KASUS LAZIS WAHDAH JAKARTA). Jurnal Bina Ummat: Membina dan Membentengi Ummat, 7(2), 55-76.

Agusman, A., & Hanif, M. (2021). CONCEPT AND DEVELOPMENT OF DA'WAH METHODS IN THE ERA OF GLOBALIZATION: KONSEP DAN PENGEMBANGAN METODE DAKWAH DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Da'wah: Risalah Merintis, Da'wah Melanjutkan, 4(2), 49-64.

Agusman, A., & Samsuddin, S. (2024). Strategi Dakwah Nabi Musa: The Da'wah Strategy of Prophet Musa. DIRASAH: Jurnal Kajian Islam, 1(2), 115-131.

Al-Utsaimin, M. b. (1434 H). Zad al-Da'iyah Ila Allah. Qasim, Unaizah, Saudi Arabia: Muassasah Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaiimin.

Hamka, M., Agusman, A., & Nur, M. A. (2024). Building Civilization in the Era of Globalization Based on Knowledge Through Education and Dakwah. International Journal of Islamic Thought and Humanities, 3(1), 36-48.

Hamka, M., Handrianto, B., & Agusman, A. (2024). Adab sebagai Jembatan antara Ilmu dan Amal dalam Pembentukan Karakter Siswa: Adab as a Bridge between Knowledge and Deeds in Shaping Students' Character. TARBIYAH: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 132-142.

Hamka, M., Sa'diyah, M., & Agusman, A. (2024). Prinsip Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan pada Manajemen Mutu Terpadu dalam Perspektif Islam: The Principle of Maintaining Good Relationships with Customers in Total Quality Management from an Islamic Perspective. DIRASAH: Jurnal Kajian Islam, 1(2), 132-146.

Hanif, M. (2022). METHOD (MANHAJ) OF PROSELYTIZING OF THE PROPHET IN THE PHASE OF MAKKAH AND MEDINA. Jurnal Bina Ummat: Membina dan Membentengi Ummat, 5(2), 1-18.

Hanif, M. (2023). INNOVATIVE STRATEGIES IN CONTEMPORARY DA'WAH: INITIATING A TECHNOLOGY-BASED APPROACH: INNOVATIVE STRATEGIES IN CONTEMPORARY DA'WAH: INITIATING A TECHNOLOGY-BASED APPROACH. Jurnal Da'wah: Risalah Merintis, Da'wah Melanjutkan, 6(2), 59-71.

Hanif, M., & Agusman, A. (2022). Readiness Of Dakwah Institutions Facing The Millennial Era. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 325-337.

Hanif, M., Hamid, A., Agusman, A., & Nurhaidah, S. (2023). Integrated Dakwah Model: How Mosques, Pesantrens, and Campuses become Islamic Preaching Centers in Bogor. Progresiva: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 12(01), 85-102.

Heriyansyah et al. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TERHADAP LINGKUNGAN, PERILAKU HIDUP SEHAT DAN KETAHANAN PANGAN DI ERA NEW NORMAL, DESA CIAPUS KECAMATAN CIOMAS KABUPATEN BOGOR . Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 107-224.

Iskandar, I., Samsuddin, S., Maya, R., & Agusman, A. (2024). Saluran Ilmu Menurut Ibnu Taimiyah dan Relevansinya dengan Pembaharuan Pemikiran Islam di Era Post-Truth. Jurnal Kajian Islam Modern, 11(2), 120-140.

Ismail, A. I. (2018). The True Dakwa: Menggagas Paradigma Baru Dakwah di Era Milenial. Jakarta: Kencana (Prenada Media Group).

M.Priyatna et al. (2023). Penguatan Peran Serta Keluarga dan Masyarakat Tentang Pentingnya Pendidikan Islam dalam Keluarga di Desa Cinangneng Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 31-42.

Majid, Z. A., Hamid, A., & Hanif, M. (2023). Problematika dakwah dan pendidikan pada masyarakat pedalaman Tau Taa Wana Morowali Utara. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 245-272.

Maya, R. (2024). SALURAN ILMU MENURUT IBNU TAIMIYAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBAHARUAN PEMIKIRAN ISLAM DI ERA POST-TRUTH. JURNAL KAJIAN ISLAM MODERN, 11(2), 120-140.

Muyadi,S. et al. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan Mixed Method. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Natsir, M. (2018). Fiqhud Da'wah. Jakarta: Yayasan Media Dakwah.

Norman K. Denzin dan Yvonnas S. Lincoln. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sahir, S. H. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Samsuddin, S., & Bakry, K. (2023). METODE PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF HADIS: TELAAH KITAB ADAB ṢAḤĪḤ AL-BUKHĀRĪ. JAWAMI'UL KALIM: Jurnal Kajian Hadis, 1(1), 38-57.

Samsuddin, S., Idharudin, A. J., & Agusman, A. (2025). Dasar-dasar Pendidikan Islam Perspektif Hasan Langgulung dan Relevansinya di Era Disrupsi: The Fundamentals of Islamic Education from Hasan Langgulung's Perspective and Its Relevance in the Era of Disruption. DIRASAH: Jurnal Kajian Islam, 2(1), 202-223.

Samsuddin, S., Iskandar, I., & Nurshamsul, M. (2020). Pendidikan kader da'i ormas Wahdah Islamiyah melalui halaqah tarbiyah. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 283-300.

Samsuddin, S., Iskandar, I., Agusman, A., & Shamsul, M. N. (2024). The Concept of Knowledge Transmission in Ibn Taimiyah’s Thought: A Study of Revelation, Reason, and the Senses as Knowledge Channels in Islam. Islamic Studies in the World, 1(2), 68-82.

Samsuddin, S., Maya, R., & Agusman, A. (2024). Konsep Tauhid dalam Perspektif Syekh Bin Baz dan Implementasinya dalam Dakwah dan Pendidikan di Era Global: The Concept of Tawhid from Sheikh Bin Baz's Perspective and Its Implementation in Da'wah and Education in the Global Era. DIRASAH: Jurnal Kajian Islam, 1(2), 147-164.

Samsuddin. (2024). Sistem Kaderisasi Dai. Sleman, Yogyakarta, Indonesia: Zahir Publishing.

Shamsul, M. N., Kato, I., & La Hanufi, S. (2021). Efektivitas Metode Talaqqi Pada Halaqah Tarbiyah Di Wahdah Islamiyah Sulawesi Tenggara Dan Analisis Metode Talaqqi Dalam Kitab ‘Uddatu At Talabi Binajmi Manhaj At Talaqqi Wa Al Adab. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 99-106.

Sodikin, U., Mujahidin, E., & Samsuddin,S. (2025). Penerapan Metode Uswah (Keteladanan) dalam Pendidikan Anak Yatim di Pondok Pesantren Uwais Al-Qorni Bogor. TARBIYAH: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 1.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Yunus, M. (2024). Peran Masjid dalam Pendidikan Karakter. Dalam e. Indah Wahyu Ningsih, et.al, Ningsih (Penyunt.), Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (hal. 127). Lombok: CV. Al-Haramain Lombok.