Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa di SMP 1 Negeri Percut Sei Tuan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi siswa SMP negeri 1 Percut Sei tuan dalam menghadapi masalah kesulitan belajar yang sedang dialami, dan juga bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai penyebab dari permasalahan kesulitan belajar tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 percut Sei tuan. Hasil dari penelitian ini menunjukan beberapa peserta didik SMP Negeri 1 percut Sei tuan mengalami kesulitan belajar. Penyebab dari kesulitan belajar yang mereka alami juga bermacam-macam.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agi Januarti, Imran, Supriadi,2014,ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI,Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP UNTAN PONTIANAK
Alfrilyani Ndruru,2023,ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VII SMP NEGERI 4 AMANDRAYA ,jurnal pendidikan biologi,Vol. 4 No. 1.
Berutu,N,Y.,dkk. (2025). Konsep dasar diagnostik kesulitan belajar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora. Vol 4 no 1.
Cahyono,H. (2019). Faktor-faktor kesulitan belajar siswa minjanti. Jurnal dimensi pendidikan dan pembelajaran.
Madini,H.,dkk. (2025). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah. Jurnal pendidikan dan ilmu bahasa. Hal 100-108.
Mussa,A.,dkk. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar dan Solusinya pada Siswa Kelas V SD Negeri Latu. Jurnal ilmu ilmiah pendidikan. Vol 7.
Ratnawati,S. (2017). Faktor-faktor kesulitan belajar. Jurnal penelitian pendidikan. Vol 04