Evaluasi dan Strategi Peningkatan Kinerja Guru dalam Mendukung Mutu Pendidikan dan Sistem Pembelajaran

Main Article Content

Ananta Dwi Merfela
Dina Fitria
Eza Ermita
Yessi Rifmasari

Abstract

Kinerja guru merupakan faktor kunci dalam mencapai mutu pendidikan yang optimal, terutama di tengah tantangan yang dihadapi oleh sistem pendidikan saat ini. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya evaluasi kinerja guru dan strategi peningkatan yang dapat diterapkan untuk mendukung sistem pembelajaran yang lebih baik. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian pustaka, di mana data dikumpulkan dari berbagai literatur, buku, dan artikel yang relevan, serta mengaplikasikan metode kualitatif dan kuantitatif untuk memberikan gambaran komprehensif tentang kinerja guru. Evaluasi kinerja guru diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai alat penilaian, tetapi juga sebagai sarana untuk mendorong pertumbuhan dan peningkatan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kinerja guru dapat dicapai melalui berbagai strategi, seperti pelatihan berkelanjutan, mentoring, dan kolaborasi antar guru. Selain itu, keterlibatan siswa dalam evaluasi juga menjadi penting, karena memberikan perspektif yang berharga. Rekomendasi yang dihasilkan mencakup perlunya kepala sekolah untuk menerapkan evaluasi kinerja secara berkala dan mengikutsertakan guru dalam program pelatihan dan seminar. Melalui penerapan strategi-strategi ini, diharapkan kualitas pendidikan dapat meningkat dan lingkungan belajar yang lebih mendukung dapat tercipta. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan di Indonesia, serta menciptakan sistem pendidikan yang lebih responsif terhadap kebutuhan siswa dan masyarakat.

Article Details

How to Cite
Dwi Merfela, A., Fitria, D., Ermita, E. ., & Rifmasari, Y. . (2025). Evaluasi dan Strategi Peningkatan Kinerja Guru dalam Mendukung Mutu Pendidikan dan Sistem Pembelajaran. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(1b), 2532–2540. https://doi.org/10.32672/mister.v2i1b.2929
Section
Articles
Author Biographies

Ananta Dwi Merfela, Universitas Adzkia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Adzkia

Dina Fitria, Universitas Adzkia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Adzkia

Eza Ermita, Universitas Adzkia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Adzkia

Yessi Rifmasari, Universitas Adzkia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Adzkia

References

Kamaruddin, Ilham, Mike Nurmalia Sari, Abdurrahman Abdurrahman, Istiqomah Istiqomah, Herman Herman, and Nining Andriani. 2024. “Evaluasi Kinerja Guru: Model Dan Metode Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Journal on Education 06(02):11349–58.

Latuconsina, M. Benyamin, and Putri Melina Hilery. 2024. “Evaluasi Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu.” 8(5):66–70.

Muspawi, Mohamad. 2021. “Strategi Peningkatan Kinerja Guru.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 21(1):101. doi: 10.33087/jiubj.v21i1.1265.

Triatna, Cepi. 2017. “Evaluasi Kinerja Guru Dan Upaya Penjaminan Mutu Sekolah.” Jurnal Administrasi Pendidikan 4(1). doi: 10.17509/jap.v5i1.6182.

Zahroh, Mas Ning, Pascasarjana Universitas, and Negeri Jakarta. 2021. “Evaluasi Kinerja Guru Dalam Peningkatan Mutu.” Jurnal Manajemen Pendidikan 12(2):33–39