Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan dalam Membeli Produk Asuransi Syariah

Main Article Content

Muhamad Anugrah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan dalam membeli produk asuransi syariah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan para pemangku kepentingan, termasuk agen asuransi, nasabah, dan pihak manajemen perusahaan asuransi syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi pengambilan keputusan meliputi kesadaran agama, pemahaman tentang produk asuransi syariah, kepercayaan terhadap institusi, serta faktor sosial dan budaya. Penelitian ini memberikan wawasan bagi industri asuransi syariah dalam merancang produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai masyarakat.

Article Details

How to Cite
Anugrah, M. (2025). Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan dalam Membeli Produk Asuransi Syariah. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(1b), 2515–2522. https://doi.org/10.32672/mister.v2i1b.2920
Section
Articles
Author Biography

Muhamad Anugrah, Universitas Paramadina

Jurusan S2 Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Universitas Paramadina

References

Al-Mazni, A. (2015). Islamic Finance and the Role of Insurance in Islamic Law. Journal of Islamic Economics, 12(2), 45-60.

Nofal, A., et al. (2017). Understanding the Factors Influencing the Adoption of Islamic Insurance. International Journal of Islamic Finance, 6(1), 87-104.

Rachmawati, I. (2018). The Role of Islamic Insurance in Enhancing Financial Literacy in Indonesia. Islamic Economics Journal, 9(3), 45-55.