Mengoptimalkan Sumber Daya: Panduan Konsumsi dalam Perspektif Al-Quran QS. Al-A'raf/7: 31
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini ingin melihat konsumsi dalam pandangan Islam menurut Alquran Qs. Al Araf Ayat 31. Hasil kajian penelitian didapatkan bahwa menkonsumsi makan makanan yang baik dan minum minuman yang bermanfaat adalah dalam rangka mengatur dan memelihara kesehatan untuk dapat beribadah kepada Allah dengan baik. Karena kesehatan badan banyak hubungannya dengan makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang berlebihan berakibat terganggunya kesehatan. Karena itu, Allah melarang berlebihan dalam makan dan minum. Didalam al Qur’an Terdapat empat prinsip utama dalam sistem ekonomi Islam yang diisyaratkan: Hidup hemat tidak berlebihan, Mengeluarkan Zakat, Tidak Riba, Mengkonsumsi yang halal dan bekerja yang halal. Serta terdapat etika konsumsi yaitu Larangan bersikap kikir/bakhil dan menumpuk harta, larangan Bersikap Israf (Royal), dan Tabzir (Sia-sia), Seimbang dalam konsumsi Islam mewajibkan kepada pemilik harta agar menafkahkan sebagian hartannya untuk kepentingan diri, keluarga, dan fi sabilillah, Membelanjakan harta pada bentuk yang dihalalkan dan dengan cara yang baik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andi Bahri S.,“Etika Konsumsi Dalam Perspektif Ekonomi Islam,”HUNAFA: Jurnal Studia Islamika11,no.2(2014):347–370, http://www.jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/view/360/346
Benjamin, “KONSUMSI DALAM PERSPEKTIF ILMU EKONOMI ISLAM.”
Lukman Hakim, Prinsip-prinsip Ekonomi Islam, Jakarta, Erlangga, 2012.
M. Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, 2002, vol. 3,.
Riwayat Ahmad, At-Tirmidzi Dan Al-Hakim Dari Abu Hurairah).
Sri Wahyuni, “Teori Konsumsi Dan Produksi Dalam Perspektif Islam,” Jurnal Akuntabel Vol 10, no. No 1 (2013): 74–79, https://core.ac.uk/download/pdf/229018574.pdf.
Walter Benjamin, “KONSUMSI DALAM PERSPEKTIF ILMU EKONOMI ISLAM” 3 (2019): 1–9.
WIDYA SARI, “Produksi, Distribusi, Dan Konsumsi Dalam Islam,” ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam 5, no. 2 (2014)