Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw: Solusi Efektif Melatih Fokus Dan Konsentrasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila SD
Main Article Content
Abstract
Fokus belajar peserta didik sering menjadi tantangan dalam proses pembelajaran, terutama ketika siswa kurang berkonsentrasi dan cenderung bergurau selama kegiatan belajar. Dalam konteks pendidikan formal, sekolah dan universitas menyediakan lingkungan belajar yang berperan penting dalam mendukung proses tersebut. Untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan memotivasi siswa agar terlibat secara sukarela, guru dituntut memiliki kemampuan mengelola kelas secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Pancasila di sekolah dasar Kota Surakarta. Dengan menggunakan metode studi kasus dan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Jigsaw secara signifikan meningkatkan fokus dan konsentrasi siswa. Pendekatan ini mendorong keterlibatan aktif melalui tanggung jawab individu terhadap materi tertentu serta interaksi antar siswa, sehingga mengurangi kebosanan dan meningkatkan minat belajar. Selain meningkatkan prestasi akademik, model ini juga memperkuat kepercayaan diri siswa, menjadikannya strategi yang efektif untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alfazr, A. S., Gusrayani, D., & Sunarya, D. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menemukan Kalimat Utama pada tiap Paragraf. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 111-120.
Evitasari, A. D., & Setyani, W. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 483-491.
Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2020). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161-170.
Hijrihani, C. P., & Wutsqa, D. U. (2015). Keefektifan Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.909.
Irham, I., Hala, Y., & Ali, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 18 Bulukumba. UNM Journal of Biological Education, 1(November 2017), 87–98.
Octavany, Y., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2018). Efektivitas Pendekatan Inkuiri dan Model Jigsaw (Pi-Mj) terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 226-231.
Pinem, B., & Riminaita, E. (2019). Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan Pendekatan Ilmiah terhadap Kemampuan Peserta Didik dalam Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Materi Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku di SMA NEGERI 1 TIGA BINANGA TP. 2018/2019
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Setiawan, H., & Mudjiran, M. (2022). Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif bagi Peserta Didik. Jurnal Cerdas Proklamator, 10(2), 161-167.