Membangun Karakter Bangsa : Refleksi Sejarah Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Pendidikan di Indonesia
Main Article Content
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk meneliti sejarah pemberlakuan kurikulum pendidikan di Indonesia yang berhubungan dengan penanaman karakter bangsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kepustakaan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, majalah, dan dokumen lainnya termasuk arsip-arsip kurikulum pendidikan di Indonesia dengan menggunakan pendekatan historis dan analitis. Penelitian ini menelusuri perkembangan pemberlakuan kurikulum pendidikan yang pernah berlaku di Indonesia dari masa ke masa. Sebagai sebuah sistem yang langsung berhubungan dengan kehidupan masyarakat, pendidikan merupakan hal yang pokok yang akan membentuk pribadi dan karakter masyarakat. Dan komponen pendidikan yang sangat penting itu adalah kurikulum. Kurikulum adalah seperangkat sistem yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mencapai tujuan pendidikan mencakup berbagai aspek yang akan dilaksanakan oleh peserta didik selama masa pendidikannya. Untuk itu, maka keberadaan kurikulum dalam sistem pendidikan menempati posisi yang sangat penting terutama dalam membentuk karakter dan kepribadian bangsa Indonesia. Hasil dari penelitiaan ini adalah perkembangan pemberlakuan kurikulum pendidikan yang berlaku di Indonesia telah memasukan aspek-aspek pembentukan karakter atau berupaya menanamkan nilai-nilai kepribadian dalam kehidupan masyarakat Indonesia sesuai dengan kondisi dan perkembangan dan perubahan masyarakat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abbas, Ersis Warmansyah.. 2014. Pendidikan Karakter. Bandung: FKIP Unlam Press.
Agista, Taman Siswa Sebagai Manifestasi Lahirnya Pendidikan Nasional Indonesia dengan Sistem Among Ki Hajar Dewantara, Tarikhunna, Journal Of History and History Education
Arbangi.220..Pendidikan Karakter. Bandung: Nuansa Cendekia
Darmadi, Hamid..2019.Pengantar Pendidikan Era Globalisasi.Jakarta: An1mage.
Depdikbud RI. 1984. Pedoman Proses Belajar Mengajar Mapel PSPB. Jakarta: Balitbang Pendidikan dan Kebudayaan.
Dirjen PAI Depag. 2010. Pengembangan Kepribadian PAI. Jakarta: Dirjen Pendis
Dirjen Pendis Kemenag RI. Panduan P5RA Direktorat KSKK Madrasah Tahun 2022
heri-fromzerotohero.blogspot.com/2012/, Perkembangan Kurikulum Indonesia,
http://educhannel.id/artikel/telaahkurikulum/kurikulum1952.html, Kurikulum 1952
http://educhannel.id/artikel/telaahkurikulum/kurikulum1964.html, Kurikulum 1964,
http://educhannel.id/artikel/telaahkurikulum/kurikulum1964.html, Kurikulum 1968,
http://educhannel.id/artikel/telaahkurikulum/kurikulum1975.html, kurikulum 1975,
http://educhannel.id/artikel/telaahkurikulum/kurikulum1994.html, Kurikulum 1994,
http://educhannel.id/artikel/telaahkurikulum/kurikulum2004-(kbk).html, Kurikulum 2004,
https://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum_2013,
Kementerian pendidikan nasional.2010.Desain Induk Pembangunan Karakter.Jakarta: Kemdiknas.
Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor IV/MPR/1973 tentang GBHN
Khoirurrijal, dkk. 2022.Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Lickona, Thomas. 2012. Pendidikan Karakter. Penerjemah Juma Abdu Wamaungo. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution.1989. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum
Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 23 tahun 2006 tentang SKL
Permadi, Dadi dan Arifin, Daeng. 2016. Pendidikan Karakter Gampang atau Susah. Bandung Barat: Pustaka Al-Arif
Sagala, Syaiful. 2019. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Undang – Undang Nomor 12 Tahun 1954 tentang pernyataan berlakunya Undang-Undang No 4 Tahun 1950 tentang Dasar-Dasar Pendidikan dan Pengajaran di Sekolah Untuk Seluruh Indonesia
Undang - Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang - Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
Wahyudin, Diin, dkk.2007.Pengantar Pendidikan.Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiryopranoto, Suhartoyo. dkk.2017. Ki Hajar Dewantara Perjuangan dan Pemikiran.Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional
Zainuri, Ahmad.2023.Managemen Kurikulum Merdeka. Bengkulu: Literasiologi.
Zed, Mestika. 2014.Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Pustaka Obor