Pengoptimalan Peran Penggunaan Bahasa Indonesia Berbasis Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa UNEJ Terhadap Wawasan Nusantara
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini untuk menganalisis peran media sosial TikTok dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa Universitas Jember tentang Wawasan Nusantara melalui konten kreatif dan edukatif di TikTok dan untuk mengukur pengaruh penggunaan bahasa Indonesia di platform media sosial, sehingga dapat memperkaya kosakata dan meningkatkan kemampuan berbahasa di kalangan mahasiswa Universitas Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Jember (UNEJ) yang aktif pada tahun ajaran 2023/2024. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa UNEJ yang memenuhi kriteria tersebut. Sampel ini dipilih untuk mewakili populasi mahasiswa yang aktif menggunakan TikTok dan memiliki akses terhadap konten yang relevan dengan Wawasan Nusantara. Hasil menunjukkan bahwa Bahasa Indonesia memiliki peran penting sebagai alat pemersatu bangsa dan media komunikasi nasional. Sebagai bahasa resmi, ia mengatasi kesenjangan komunikasi antar kelompok sosial yang berbeda, memperkuat solidaritas, dan membangun identitas nasional. Dalam konteks pendidikan, bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa pengantar yang meningkatkan akses dan literasi. Namun, di era globalisasi tantangan terhadap keberlangsungan bahasa ini meningkat, sehingga perlu pengembangan kosakata dan penanaman sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia. Upaya kolaboratif antara pemerintah, masyarakat, dan sektor pendidikan sangat penting untuk menjaga dan memperkuat peran bahasa Indonesia di dalam dan luar negeri.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amanah, A., & Sabrina, S. (2023). MENILIK ASAL-USUL BAHASA INDONESIA. Ensiklopedia of Journal, 5(3), 72-76.
Abrar, A. N. (2020). Tinjauan Konstruksi sosial atas nasionalisme net generation. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 75-90.
Anindyatri.A.O dan Mufidah.I. (2020,) .Gambaran kondisi vitalitas bahasa daerah di Indonesia.Pusat Data Informasi dan Teknologi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Handika, K. D., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa dalam Komunikasi Verbal. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 358-36
Hakim, A. R. N., Yani, N. A. A., Nurlatifah, Y. H., & Kembara, M. D. (2023). Pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia di lingkungan kampus sebagai identitas nasional terhadap persatuan. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 232-242.
Rafiq, A. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18-29.
Sadeli, L., & Nugraha, E. (2023). OPTIMALISASI PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA MELALUI KAMPANYE BAHASA DI MEDIA SOSIAL. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(2), 279-288.
Saputra, N., & Aida, N. (2019). Keberadaan penggunaan bahasa Indonesia pada generasi milenial. In Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA) (Vol. 3, No. 1, pp. 368-383).
Shabrina, A., Laia, D. A., Pakpahan, E., & Lubis, F. (2024). LITERATURE REVIEW: PENGARUH SOSIAL MEDIA TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR DI KALANGAN MAHASISWA DAN GENERASI MUDA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 2(2), 538-544.
Subekti, N. A. (2019). Keberadaan bahasa indonesia dan bahasa inggris dalam menunjang ilmu pengetahuan di era global.