Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Media Berbasis Digital Educandy di MIS Miftahul Huda II

Main Article Content

Rafli Wijaya
Yulia Rahmah
Suwarsi Suwarsi

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di MIS Miftahul Huda II menghadapi tantangan seperti metode konvensional yang monoton dan rendahnya minat serta kemampuan siswa. Penelitian ini menerapkan pendampingan berbasis teknologi digital menggunakan media Educandy untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan pemahaman terhadap bahasa Arab. Melalui metode Participatory Action Research (PAR), kegiatan pendampingan dilaksanakan dalam tiga tahapan: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan peningkatan antusiasme siswa, kepercayaan diri, dan kemampuan bahasa Arab setelah penggunaan media Educandy. Aktivitas ini mengedukasi siswa tentang teknologi digital dan menciptakan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Kerjasama antara tim pendamping dan pihak sekolah sangat penting untuk keberhasilan program ini.

Article Details

How to Cite
Wijaya, R., Rahmah, Y., & Suwarsi, S. (2024). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Media Berbasis Digital Educandy di MIS Miftahul Huda II. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(1b), 1045–1052. https://doi.org/10.32672/mister.v2i1b.2600
Section
Articles
Author Biographies

Rafli Wijaya, IAIN Palangka Raya

IAIN Palangka Raya

Yulia Rahmah, IAIN Palangka Raya

IAIN Palangka Raya

Suwarsi Suwarsi, IAIN Palangka Raya

IAIN Palangka Raya

References

Agus Sifa’, M., Ummah, S. E. N., & Amalia. (2022). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengemasan dan Pemasaran Produk Lokal (Jambu Mete dan Kawis) Desa Sembungin Kecamatan Bancar. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.34306/adimas.v2i2.526

Arifianto, M. L. (2021). PENERAPAN BERBAGAI MODEL TES INTERAKTIF DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.

Faizah, S. N., Khairiyah, U., Alawiyin, M., & Maulidiyah, Y. N. (2023). Pemberdayaan Guru SD melalui Participatory Action Research dalam Mengoptimalkan Kompetensi Penelitian. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), 135–146. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1.2063

Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 1(2), 139. https://doi.org/10.29240/jba.v1i2.286

Wijoyo, T. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA MTs KELAS VIII.