Penggunaan Bahasa Indonesia Baku dalam Lingkup Masyarakat
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan ejaan bahasa Indonesia yang baku dalam interaksi sehari-hari di lingkungan masyarakat. Dengan menggunakan metode observasi dan wawancara terhadap 150 responden dari berbagai kalangan, penelitian ini memulai bagaimana ejaan baku dipraktikkan dalam percakapan lisan, surat-menyurat, serta dokumen resmi di komunitas lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun masyarakat mengenal aturan ejaan yang baku, penerapannya dalam komunikasi lisan sangat minim, terutama pada kalangan masyarakat dengan tingkat pendidikan rendah hingga menengah. Sementara itu, penggunaan ejaan yang baku lebih terlihat dalam dokumen resmi, namun masih ada kesalahan yang cukup sering ditemukan. Faktor-faktor seperti pendidikan, kebiasaan berbahasa, dan lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap keteguhan penerapan etika baku. Penelitian ini menyarankan adanya program literasi bahasa di tingkat komunitas untuk meningkatkan kesadaran dan penerapan ejaan yang benar.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Erwina, E., Tommy, T., & Mayasari, M. (2022). Pemetaan dan Analisis Kesalahan
Pengucapan Bahasa Indonesia Baku dengan Metode Bigram. KONFERENSI INTERNASIONAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (ICORAD) . https://doi.org/10.47841/icorad.v1i1.16.
Simatupang, M., Peter, R., Murniarti, E., & Male, H. (2021). Kecenderungan
Penggunaan Bahasa Indonesia Tidak Baku dalam Kegiatan Pembelajaran. Prosiding Konferensi Internasional Pertama tentang Hukum dan Hak Asasi Manusia, ICLHR 2021, 14-15 April 2021, Jakarta, Indonesia . https://doi.org/10.4108/eai.14-4-2021.2312853.
Lopez, L. (2019). Bahasa Indonesia dan potensinya untuk menjadi bahasa
internasional. Prosiding Konferensi Internasional Ketiga Seni, Bahasa, dan Budaya (ICALC 2018) . https://doi.org/10.2991/icalc-18.2019.40.
Cushing, I. (2019). Kebijakan dan pengawasan bahasa di sekolah.
Bahasa dalam Masyarakat , 49, 425 - 450. https://doi.org/10.1017/S0047404519000848.
Chaudhuri, M., & Sarkar, I. (2020). Media Sosial dan Perubahan Tren dalam
Bahasa Sehari-hari. Jurnal Internasional Keterampilan Belajar & Mengajar Bahasa Inggris . https://doi.org/10.15864/ijelts.2406.
Bucholtz, M., Casillas, D., & Lee, J. (2015). Kolaborasi tim dan kemitraan pendidikan dalam linguistik sosiokultural. American Speech , 90, 230-245. https://doi.org/10.1215/00031283-3130346.
Chambers, B., Cheung, A., & Slavin, R. (2016). Hasil Literasi dan Bahasa dari Pendekatan Komprehensif dan Konstruktivis Perkembangan pada Pendidikan Anak Usia Dini: Tinjauan Sistematis.. Tinjauan Penelitian Pendidikan,18,88- 1 11 https://doi.org/10.1016/J.EDUREV.2016.03.003.
Kinzhagaliyeva, K., Nurkenova, S., Ospanova, Z., Tusselbayeva, Z., & Maimakova, A. (2023). Potensi komunikatif dan pragmatis kosakata nonstandar. XLinguae . https://doi.org/10.18355/xl.2023.16.01.19.
(2023) . Masalah Budaya Bicara di Media Massa. Iasaýı ýnıversıtetіnіń habarshysy . https://doi.org/10.47526/2023-1/2664-0686.11.
Gates, S., & Ilbury, C. (2019). Ideologi Bahasa Baku dan Penutur Remaja Non- Baku. Suara dan Praktik dalam Linguistik Terapan: Diversifikasi Suatu Disiplin . https://doi.org/10.22599/baal1.g.
Shala, F. (2019). Ketimpangan Bahasa dan Penggunaan Bahasa Baku. JURNAL ILMU SOSIAL PRIZREN . https://doi.org/10.32936/PSSJ.V3I1.73.
Riadi, B. (2021). Pergeseran bahasa: kemampuan bahasa daerah generasi muda di Lampung. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra . https://doi.org/10.23960/aksara/v22i2.pp388-398.
, M., Sumpeno, S., Arifianto, D., Aikawa, K., & Purnomo, M. (2016). Pengembangan Sistem Pembelajaran Mandiri Pengucapan Bahasa Indonesia secara Daring bagi Pembelajar Asing. Int. J. Emerg. Technol. Learn. , 11, 83-89. https://doi.org/10.3991/ijet.v11i04.5440.
Hasanah, H. (2018). STUDI PUSTAKA TENTANG INTONASI BAHASA INDONESIA SEHARI- HARI. ETNOLINGUAL . https://doi.org/10.20473/ETNO.V2I2.9468.
Zahra, K., Sihotang, Z., & Lubis, Y. (2023). Changes In Indonesian Phonology In The Medan Dialect: Generative Analysis. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i3.237.