Analisis Sentimen dalam Data Big Data (Studi Kasus pada Media Sosial)
Main Article Content
Abstract
Analisis sentimen pada Big Data, khususnya pada media sosial, adalah proses untuk menilai opini dan emosi yang terkandung dalam data teks besar dan tidak terstruktur. Dengan berkembangnya teknologi machine learning (ML) dan deep learning (DL), analisis sentimen kini dapat mengklasifikasikan sentimen ke dalam kategori positif, negatif, dan netral dengan lebih akurat. Algoritma seperti Support Vector Machines (SVM), Naive Bayes, dan neural networks banyak digunakan dalam analisis ini. Namun, perkembangan terbaru menunjukkan penggunaan model deep learning seperti Recurrent Neural Networks (RNN) dan Transformer-based models seperti BERT yang memberikan hasil lebih baik dalam memahami konteks dan nuansa dalam teks. Media sosial memberikan tantangan besar bagi analisis sentimen karena data yang terus berkembang dengan berbagai variasi bahasa dan ekspresi yang digunakan. Aplikasi dari analisis sentimen ini sangat luas, seperti dalam pemasaran untuk memahami persepsi konsumen, politik untuk memantau opini publik, dan kesehatan masyarakat untuk menilai respons terhadap kebijakan kesehatan. Meskipun demikian, tantangan seperti volume data yang sangat besar, ambiguitas dalam teks, dan kebutuhan pemrosesan secara real-time masih menjadi hambatan utama dalam penerapannya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bazzaz Abkenar, S., Haghi Kashani, M., Mahdipour, E., & Jameii, S. M. (2021). Big data analytics meets social media: A systematic review of techniques, open issues, and future directions. Telematics and Informatics, 57, 101517. https://doi.org/10.1016/j.tele.2020.101517
Dwi Anggraeni, S. (2020). Dari Selfish menuju Perilaku Produktif: Pergeseran Paradigma Pengguna Media Sosial. Kalijaga Journal of Communication, 2(2), 167–180. https://doi.org/10.14421/kjc.22.06.2020
Erza, E. K., & Rosini, R. (2018). PERILAKU INFORMASI REMAJA TERHADAP VIRAL CHALLENGE DI MEDIA SOSIAL. Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1). https://doi.org/10.33476/bibliotech.v3i1.895
Fauziah, E. R., Safitri, I. N., Rahayu, A. S. W., & Hermawan, D. (2021). KAJIAN SOSIOLINGUISTIK TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA SLANG DI MEDIA SOSIAL TWITTER. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 5(2), 150. https://doi.org/10.17977/um007v5i22021p150-157
Hendriana, D. (2023). PERAN ILMU PENGETAHUAN DAN PENGARUH KEMAJUAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PELAKSANAAN TUGAS KEKHALIFAHAN MANUSIA. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 19(1). https://doi.org/10.31000/rf.v19i1.7730
Irawan, F. A., & Rochmah, D. A. (2022). Penerapan Algoritma CNN Untuk Mengetahui Sentimen Masyarakat Terhadap Kebijakan Vaksin Covid-19. Jurnal Informatika, 9(2), 148–158. https://doi.org/10.31294/inf.v9i2.13257
Khairunnisa, S., Adiwijaya, A., & Faraby, S. Al. (2021a). Pengaruh Text Preprocessing terhadap Analisis Sentimen Komentar Masyarakat pada Media Sosial Twitter (Studi Kasus Pandemi COVID-19). JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5(2), 406. https://doi.org/10.30865/mib.v5i2.2835
Khairunnisa, S., Adiwijaya, A., & Faraby, S. Al. (2021b). Pengaruh Text Preprocessing terhadap Analisis Sentimen Komentar Masyarakat pada Media Sosial Twitter (Studi Kasus Pandemi COVID-19). JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5(2), 406. https://doi.org/10.30865/mib.v5i2.2835
Manurip, K., & Irawan, D. (2022). Analisis Sentimen Distribusi Vaksin COVID-19 di Indonesia Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 1205. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i2.2397
Mikhael, L. (2022). Sosialisasi Pemahaman Larangan Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik Serta Etika Penggunaan Media Sosial Pada Remaja. AIWADTHU: Jurnal Pengabdian Hukum, 2(2), 50. https://doi.org/10.47268/aiwadthu.v2i2.940
Mushofy Anwary, A., ID Hadiana, A., & Nurul Sabrina, P. (2021a). ANALISIS SENTIMENT PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 MENGGUNAKAN GEO-TAGGED TWEETS DAN ALGORITMA NAIVE BAYES. Informatics and Digital Expert (INDEX), 3(2), 75–83. https://doi.org/10.36423/index.v3i2.876
Mushofy Anwary, A., ID Hadiana, A., & Nurul Sabrina, P. (2021b). ANALISIS SENTIMENT PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 MENGGUNAKAN GEO-TAGGED TWEETS DAN ALGORITMA NAIVE BAYES. Informatics and Digital Expert (INDEX), 3(2), 75–83. https://doi.org/10.36423/index.v3i2.876
Mushofy Anwary, A., ID Hadiana, A., & Nurul Sabrina, P. (2021c). ANALISIS SENTIMENT PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 MENGGUNAKAN GEO-TAGGED TWEETS DAN ALGORITMA NAIVE BAYES. Informatics and Digital Expert (INDEX), 3(2), 75–83. https://doi.org/10.36423/index.v3i2.876
Putra Tangdialla, C. Y., Rahardjo Emanuel, A. W., & Julianto, E. (2023). Pemantauan dan Pengendalian Piranti Kamar Kost Pintar Berbasis Internet of Things. Jurnal Informatika Atma Jogja, 4(1), 17–28. https://doi.org/10.24002/jiaj.v4i1.7438
Setyawinda, A. A., Setiyadi, B., & Hartanto, A. D. (2020). Perbandingan Algoritma Word Matching dan Naive Bayes untuk Klasifikasi Sentimen Analisis Komentar Instagram. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 5(1), 12–16. https://doi.org/10.30591/jpit.v5i1.1733