Strategi Penanganan Burnout pada Siswa Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah: Tinjauan Literatur
Main Article Content
Abstract
Burnout in Children with Special Needs (CWSN) is a significant issue in educational settings, impacting their emotional, social, and academic well-being. This study aims to systematically review and evaluate strategies for managing burnout in CWSN by examining literature from reputable journals published over the past 10 years. Effective strategies identified include psychological interventions such as Cognitive Behavioral Therapy (CBT), relaxation techniques like mindfulness, and inclusive pedagogical approaches such as project-based learning and instructional differentiation. Social support from family, peers, and the community has also been found to play a crucial role in reducing the impact of burnout. The findings have practical implications for educators, counselors, and educational institutions in designing more effective and inclusive burnout management strategies. Future research should focus on developing more contextual and flexible approaches tailored to different social and cultural contexts.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdussamad, H Zuchri, dan M Si Sik. 2021. Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Aini, Dewi Khurun. 2019. “Penerapan cognitive behaviour therapy dalam mengembangkan kepribadian remaja di panti asuhan.” Jurnal ilmu dakwah 39 (1): 70–90.
Alfirah, Alfirah, dan Zelvi Gustiana. 2024. “Pemanfaatan Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kreativitas Motorik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).” Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 7 (2): 140–54.
Amalia Zulfa, Febby Fariska, Abdul Malik Karim Amrullah, dan Dewi Khurun Aini. 2024. “Gambaran Mindfulness Mahasiswa Psikologi UIN Walisongo dalam Menjaga Kesehatan Mental.” Sehat Rakyat: Jurnal Kesehatan Masyarakat 3 (2): 73–85. https://doi.org/10.54259/sehatrakyat.v3i2.2260.
Andriany, Anissa Rizky, Ajheng Mulamukti Asih Pratiwi, dan Mahesti Pertiwi. 2021. “Hubungan antara subjective well-being dengan burnout pada guru anak berkebutuhan khusus selama pandemi COVID-19.” Syntax Idea 3 (4): 711–21.
Barokatin, Roina, Muhammad Nasir, dan Fathul Jannah. 2023. “STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTIS) DI SEKOLAH DASAR.” Inspiratif Pendidikan 12 (2): 793–801.
Damayanti, Anggun Prastika, Yovitha Yuliejantiningsih, dan Desi Maulia. 2021. “Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa” 5 (2).
Hutasoit, Nisa. 2024. “Dukungan Keluarga pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) melalui Program di SDLBN 033702.”
Iramadhani, Dwi, Putriani Putriani, Rahma Fazila, dan Entan Afrilia. 2024. “PSIKOEDUKASI: INTERVENSI UNTUK MEMBERIKAN PEMAHAMAN REGULASI EMOSI DAN STRATEGI ADAPTASI GURU SLB ANEUK NANGGROE MENGHADAPI STRES DAN FRUSTRASI AKIBAT KESULITAN DALAM MENANGANI ABK.” Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS 2 (5): 1667–73. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i5.1399.
Kelana, Saputri. 2022. “Dukungan Sosial Keluarga Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Peduli Anak Nagari Kecamatan Akabiluru.” Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development 4 (2): 99–111. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i2.441.
Khalidah, Faisa, Delvina Nurhayati, Lakeisha Mozza, dan Nabila Destriyanti. 2024. “MEMAHAMI PENTINGNYA KOLABORASI GURU BK DENGAN PSIKOLOG DALAM MENANGANI PERMASALAHAN PESERTA DIDIK.”
Marvianita, Erlina Alif. 2021. “Strategi Coping Stress Pada Guru Pendamping Khusus Yang Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)(Studi Kasus di SDN BETET 1 Kota Kediri).”
Muhammad Abduh, Krista Emilia, Ririn Nur Primaningrum, dan Difa Ul Husna. 2024. “Karakteristik Dan Model Pembelajaran Pai Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) DI SLB/A Yaketunis.” IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (1): 297–306. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i1.849.
Mulyani, Devy Wahyu Cindy. 2021. “STRATEGI PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SDN ANTAR BARU 1 MARABAHAN.”
Muqarrama, Rifkatul, dan Nurul Ayu Hatimah. 2024. “Gambaran Burnout pada Guru Pendamping untuk Anak Berkebutuhan Khusus di TK Madania.” Sulawesi Tenggara Educational Journal 4 (1): 1–5. https://doi.org/10.54297/seduj.v4i1.623.
Nur, Maulida, Novita Sari, dan Havid Surya. 2023. Coping Stress Guru PAUD: Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah PAUD Reguler. Sada Kurnia Pustaka.
Pangeran Iqbal, Dori Juli Andra, dan Gusmaneli Gusmaneli. 2024. “Strategi Pembelajaran Diferensiasi Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik.” Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa 3 (2): 75–80. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i2.2070.
Prabadewi, Dewa Ayu Aristya, dan Tiara Diah Sosialita. 2024. “Intervensi pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) pada perempuan dewasa awal yang mengalami Posttraumatic Dtress Disorder (PTSD) akibat kekerasan dalam berpacaran.” Procedia : Studi Kasus dan Intervensi Psikologi 12 (3): 126–36. https://doi.org/10.22219/procedia.v12i3.32186.
Prima, Anggra. 2024. “Integrasi Manajemen Strategis dan Kebijakan Penyelenggaraan Sekolah Dasar Inklusi dalam Mengatasi Burnout pada Implementasi Kurikulum Merdeka.” Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar 4 (2): 49–65.
Susanto, Vania, dan Nurul Hartini. 2024. “Group Counseling About Coping Stress Strategy in Special Needs Teachers.” Psikostudia : Jurnal Psikologi 13 (1): 50. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v13i1.12858.
Syatoto, Inta Abid Failasuf. 2019. “PENGARUH TEKNIK RELAKSASI DEEP BREATHING TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN AKADEMIK SISWA KELAS XI.”
Usup, Usup, Mia Sumiani Madi, Santy Hataul, dan Cahyani Satiawati. 2023. “Pengaruh Teman Sejawat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).” Jurnal Pendidikan Indonesia 4 (02): 196–204. https://doi.org/10.36418/japendi.v4i02.1612.
Windarti, Andri. 2019. “Strategi Coping Stress pada Guru Pendamping (Shadow Teacher) Anak Berkebutuhan Khusus di TK ‘X.’”