Peran Gaya Kepemimpinan Partisipatif dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Daerah

Main Article Content

Siti Safina
Eli Saepudin
Siti Fadillah
Aulia Fitriani
Suci Fatmawati
Shofia Maulida

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauh mana gaya kepemimpinan partisipatif dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui peningkatan partisipasi pegawai. Gaya kepemimpinan partisipatif memainkan peran penting dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di lingkungan pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pendekatan partisipatif dalam kepemimpinan dapat memengaruhi kinerja pelayanan publik. Dengan melibatkan anggota tim dan masyarakat dalam pengambilan keputusan, gaya kepemimpinan ini dapat meningkatkan rasa memiliki, motivasi, dan keterlibatan staf dalam memberikan layanan yang lebih baik. Metodologi yang digunakan adalah analisis kualitatif melalui wawancara dan survei terhadap pegawai pemerintah daerah serta masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gaya kepemimpinan partisipatif dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan responsivitas dalam pelayanan publik. Selain itu, partisipasi aktif dari masyarakat dalam proses pengambilan keputusan juga berkontribusi pada peningkatan kualitas layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam penelitian ini, fokus penelitiannya yaitu hubungan antara gaya kepemimpinan partisipatif yang diterapkan oleh seorang pemimpin dengan peningkatan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh organisasi atau instansi pemerintah tersebut. Gaya kepemimpinan partisipatif tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kinerja internal organisasi, tetapi juga berperan penting dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah. Oleh karena itu, disarankan agar pemerintah daerah terus mengembangkan dan menerapkan gaya kepemimpinan partisipatif untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Article Details

How to Cite
Safina, S., Saepudin, E., Fadillah, S., Fitriani, A., Fatmawati, S., & Maulida, S. (2024). Peran Gaya Kepemimpinan Partisipatif dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Daerah. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(4b), 2665–2674. https://doi.org/10.32672/mister.v1i4b.2371
Section
Articles
Author Biographies

Siti Safina, Universitas Bina Bangsa

Program Studi Admnistrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bina Bangsa, Serang Banten, Indonesia

Eli Saepudin, Universitas Bina Bangsa

Program Studi Admnistrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bina Bangsa, Serang Banten, Indonesia

Siti Fadillah, Universitas Bina Bangsa

Program Studi Admnistrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bina Bangsa, Serang Banten, Indonesia

Aulia Fitriani, Universitas Bina Bangsa

Program Studi Admnistrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bina Bangsa, Serang Banten, Indonesia

Suci Fatmawati, Universitas Bina Bangsa

Program Studi Admnistrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bina Bangsa, Serang Banten, Indonesia

Shofia Maulida, Universitas Bina Bangsa

Program Studi Admnistrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bina Bangsa, Serang Banten, Indonesia

References

Adi, M., Pembayu, P., Prasetyo, T., & Ardi, M. R. (2014). DALAM MEMBANGUN PERSEPSI MASYARAKAT ( Studi di Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur ).

Apriliyani, N. V., Zenju, N. S., Heriyati, A., Publik, M. A., & Bogor, U. D. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja pegawai di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota bogor. 1(September), 67–75.

Bulango, K. B. (2014). PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI DANA PNBP TAHUN ANGGARAN 2014 Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Pengambilan Keputusan Di Desa Longalo Kecamatan Bulango Utara. November.

Choirunnisa, L., Hajar, T., Oktaviana, C., Ainur, A., & Rohmah, E. I. (2023). PERAN SISTEM PEMERINTAH BERBASIS ELEKTRONIK ( SPBE ) DALAM MENINGKATKAN AKSESIBILITAS PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA UIN Sunan Ampel Surabaya Pendahuluan Dalam era digital yang semakin berkembang pesat , pemerintah di seluruh dunia mencari cara untuk menin. 3.

Cipta, H., Lindungi, D., Mengutip, D., Medan, U., Document, A., & From, A. (2018). KABUPATEN ACEH TIMUR TESIS Oleh PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK UNIVERSITAS MEDAN AREA.

Daerah, P., & Merauke, K. (2018). Tersedia online di http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/societas. 7(01), 20–37.

Dienovyna, E., Prasetyo, B. D., & Wisadirana, D. (2015). Peran Komunikasi Pimpinan Terhadap Bawahan Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima (Studi Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan). Wacana, Jurnal Sosial Dan Humaniora, 18(01), 31–40. https://doi.org/10.21776/ub.wacana.2015.018.01.4

Dinas, P., Dan, P., & Kota, K. (2020). (X1), kepemimpinan. VII, 92–104.

Fauzan, A. (2018). Latar Belakang Rumusan Masalah. 4(1801026096), 1–17.

Ferdinandito, A., & Haryani, T. N. (2021). GAYA KEPEMIMPINAN SERVANT LEADERSHIP DALAM. 1(1).

Furqoni, M. (n.d.). STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PONOROGO Muhammad Furqoni. 1–12.

Gioh, A. (2021). Pelayanan Publik E-Government Di Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Minahasa. Jurnal Politico, 10(1), 1–14.

Idris, A. (2012). DI PROVINSI ACEH. 1(1), 11–21.

Kasus, S., Pelindo, P. T., Cabang, I. I. I., & Bima, U. M. (2024). Peran Kepemimpinan dalam Meningkatkan Pelayanan Publik krusial , karena pemimpin memiliki peran sentral dalam mengarahkan visi , mengelola sumber. 2.

Kepemimpinan, G., Mal, P., Publik, P., & Pekanbaru, K. (2023). No Title. 5(3), 190–200.

Mahmud, I. H. G. (2023). Peran Kepemimpinan dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Journal Governance and Politics (JGP), 3(2), 154–169.

Management, J. M. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai. 7(3), 710–726.

Nugraha, P., S, L. S., & Jarkasih, A. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif dan komunikasi terhadap kinerja aparatur serta dampaknya terhadap kualitas pelayanan publik (1). 1(2), 13–25.

Nurbaeti, T., & Nugraha, D. S. (2006). Pengaruh Good Governance dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah dan Implikasinya Pada Pelayanan Publik ( Studi Kasus di Pemerintah Kabupaten Garut ). 1299–1311.

Organisasi, K., Lingkungan, D. A. N., Daerah, S., & Majene, K. (2023). *1 *1 , 2 , 3. 1(5), 546–557.

Participatory, L., Style, L., Sario, I., Village, K., District, S., City, M., Kogoya, O., Mokalu, B. J., & Kalangi, J. A. F. (2023). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Lurah Kelurahan Sario Kotabaru Kecamatan Sario Kota Manado. 19, 1109–1120.

Pemerintahan, J. I., Pemerintahan, K. I., & Issn, P. D. (n.d.). Vol. 1 No. 1 April 2016 141.

Pendidikan, D., Kalimantan, P., Pendidikan, D., Kalimantan, P., Kunci, K., Partisipatif, G. K., Pegawai, K., Moment, P., Indonesia, P., & Dasar, P. U. (2013). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF. 1(3), 989–1002.

Pengoptimalan, A., & Partisipatif, K. (1898). ISSN 2356-3966 E-ISSN: 2621-2331 S. Halawa, A. B. Ndraha Analisis Pengoptimalan …. 10(3), 1882–1898.

Sahirman, S., & Nurdin, N. (2023). Model Kepemimpinan yang Melayani dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja dan Profesionalitas Aparatur Sipil Negara pada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Good Governance, 157–174. https://doi.org/10.32834/gg.v19i2.627

Salia, F. N., & Wibowo, P. (2022). ADA APA DENGAN FAKTOR KEPEMIMPINAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH EKS KARESIDENAN SURAKARTA ? Badan Pemeriksa Keuangan , Jakarta , Indonesia Politeknik Keuangan Negara STAN , Tangerang Selatan , Indonesia Fatah Nur Salia : A. 8(1), 63–88.

Samsiah, & Rani Maswati. (2021). Penerapan Good Governance Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Di Kabupaten Biak Numfor. Gema Kampus, 16(Vol.16 No.2), 37–45.

Sri, V., Nawangsih, A., Ulva, N., Devi, K., & Santoso, T. (2023). the Influence of Participative Leadership on Employee Work Quality (Study At the Public Works and Spatial Planning Office of Probolinggo District). 7(1), 260–273.

Universitas, D., Sumatera, M., Universitas, D., & Sumatera, M. (2020). Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 564. 14, 564–584.

Yanuarsari, R., Asmadi, I., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2021). Peran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Meningkatkan Kemandirian Desa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6307–6317. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1828