Analisis Latar Belakang Keilmuan Tenaga Pendidik dalam Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran IPS Materi Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan di Kelas 7 SMP 35 Medan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara tenaga pendidik mengatasi atau menyesuaikan perbedaan latar belakang keilmuannya dengan 4 disiplin ilmu yang terdapat dalam IPS terpadu, bagaimana pengaruh perbedaan latar belakang pendidikan tenaga pendidik dalam mengembangan bahan ajar di materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, dan bagaimana strategi pembelajaran yang dilakukan tenaga pendidik untuk mengoptimalkan pembelajaran. penelitian ini berokasi di SMPN 35 Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan, Bandar Selamat, Kec. Medan Tembung, Kota Medan Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian melalui observasi, wawancara, dan analisis data yang diperoleh. Hasil penelitian didaptkan bahwa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu di SMP 35 Medan menghadapi berbagai tantangan yang berhubungan dengan latar belakang keilmuan tenaga pendidik. Meskipun demikian, para guru di SMP 35 Medan telah melakukan upaya adaptasi dengan belajar materi yang bukan bidang mereka sebelum mengajarkan siswa. Kolaborasi antara tenaga pendidik dan diskusi di komunitas guru (MGMP) juga membantu dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Pentingnya pelatihan, program sertifikasi, serta integrasi teknologi informasi untuk pengembangan bahan ajar menjadi solusi potensial untuk mengatasi kesenjangan kompetensi ini. Selain itu, bahan ajar yang kontekstual dan relevan dengan lingkungan lokal seperti di Kota Medan dapat membuat pembelajaran lebih efektif dan bermakna bagi siswa. Saran yang diberikan mencakup pentingnya pelatihan intensif untuk meningkatkan kompetensi profesional tenaga pendidik IPS Terpadu, khususnya dalam menguasai materi lintas disiplin. Kolaborasi antar guru melalui komunitas belajar profesional dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran juga sangat diperlukan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Selain itu, pengembangan bahan ajar yang kontekstual dengan lingkungan lokal, evaluasi berkelanjutan terhadap proses pembelajaran, serta kemitraan dengan lembaga pendidikan tinggi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dan mendukung pengembangan profesional guru secara berkesinambungan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
A. Fitri Rahmawati, Z. (2019). IDENTIFIKASI PERMASALAHAN-PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN IPS. 3(1), 1–10.
Hermawan, I., & Paloloang, B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPS Terpadu Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sindue. Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(2), 141-150.
Jogo, P. H., Fitri, M., Kholiq, A., & Madiku, A. K. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Tenaga pendidik IPS dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(1), 62-72.
Murni. 2019. “Manajemen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan.” Jurnal Intelektualita 13(2):167–76
Rehalat, Aminah, and Zuhria Nurul ’ainy. 2022. “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Tenaga pendidik Terhadap Proses Pembelajaran Di Kelas Pada SMP Muhammadiyah Ambon.” Perspektif Pendidikan Dan Ketenaga pendidikan 13(2):81–87. doi: 10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10592.
Rehalat, Aminah, and Zuhria Nurul ’ainy. 2022. “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Tenaga pendidik Terhadap Proses Pembelajaran Di Kelas Pada SMP Muhammadiyah Ambon.” Perspektif Pendidikan Dan Ketenaga pendidikan 13(2):81–87. doi: 10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10592.
Ritonga, Adelia Priscila, Nabila Putri Andini, and Layla Iklmah. 2022. “Pengembangan Bahan Ajaran Media.” Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE) 1(3):343–48. doi: 10.37676/mude.v1i3.2612.
Sapriya. (2019). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Shabani, K., Khatib, M., & Ebadi, S. (2010). Vygotsky's Zone of Proximal Development: Instructional Implications and Teachers' Professional Development. English Language Teaching, 3(4), 237-248.
Suharto, Heri, Sulis Janu Hartati, and Sri Yuni Hanifah. 2021. “Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Tragah Bangkalan Menggunakan Media Perpustakaan.” Jurnal Teknologi Pembelajaran 1(02):1–8. doi: 10.25217/jtep.v1i02.1445.
Syahwana, A. 2022. “Kendala Tenaga pendidik Dalam Mengajarkan Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTS Swasta At-Taufiurrahman Labuhanbatu Utara Tahun Pelajaran 2019/2020.” PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) 1(1):1–12.