Analisis Latar Belakang Keilmuan Tenaga Pendidik dalam Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran IPS Materi Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan di Kelas 7 SMP 35 Medan

Main Article Content

Vadillah Raihto Hutasuhut
Aulia Wardani
Sri Andini
Vina Aulia
Arma Fauziah
Angelina Sipayung
Ramadhan Fitriani
Khairun Nisa
Putri Anatasya Simanjuntak
Tumiar Sidauruk

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara tenaga pendidik mengatasi atau menyesuaikan perbedaan latar belakang keilmuannya dengan 4 disiplin ilmu yang terdapat dalam IPS terpadu, bagaimana pengaruh perbedaan latar belakang pendidikan tenaga pendidik dalam mengembangan bahan ajar di materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, dan bagaimana strategi pembelajaran yang dilakukan tenaga pendidik untuk mengoptimalkan pembelajaran. penelitian ini berokasi di SMPN 35 Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan, Bandar Selamat, Kec. Medan Tembung, Kota Medan Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian melalui observasi, wawancara, dan analisis data yang diperoleh. Hasil penelitian didaptkan bahwa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu di SMP 35 Medan menghadapi berbagai tantangan yang berhubungan dengan latar belakang keilmuan tenaga pendidik. Meskipun demikian, para guru di SMP 35 Medan telah melakukan upaya adaptasi dengan belajar materi yang bukan bidang mereka sebelum mengajarkan siswa. Kolaborasi antara tenaga pendidik dan diskusi di komunitas guru (MGMP) juga membantu dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Pentingnya pelatihan, program sertifikasi, serta integrasi teknologi informasi untuk pengembangan bahan ajar menjadi solusi potensial untuk mengatasi kesenjangan kompetensi ini. Selain itu, bahan ajar yang kontekstual dan relevan dengan lingkungan lokal seperti di Kota Medan dapat membuat pembelajaran lebih efektif dan bermakna bagi siswa. Saran yang diberikan mencakup pentingnya pelatihan intensif untuk meningkatkan kompetensi profesional tenaga pendidik IPS Terpadu, khususnya dalam menguasai materi lintas disiplin. Kolaborasi antar guru melalui komunitas belajar profesional dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran juga sangat diperlukan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Selain itu, pengembangan bahan ajar yang kontekstual dengan lingkungan lokal, evaluasi berkelanjutan  terhadap  proses  pembelajaran,  serta  kemitraan  dengan  lembaga pendidikan tinggi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dan mendukung pengembangan profesional guru secara berkesinambungan.

Article Details

How to Cite
Raihto Hutasuhut, V., Wardani, A., Andini, S., Aulia, V., Fauziah, A. ., Sipayung, A., Fitriani, R., Nisa, K., Anatasya Simanjuntak, P., & Sidauruk, T. (2024). Analisis Latar Belakang Keilmuan Tenaga Pendidik dalam Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran IPS Materi Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan di Kelas 7 SMP 35 Medan. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(4b), 2539–2549. https://doi.org/10.32672/mister.v1i4b.2298
Section
Articles
Author Biographies

Vadillah Raihto Hutasuhut, Universitas Negeri Medan

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan

Aulia Wardani, Universitas Negeri Medan

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan

Sri Andini, Universitas Negeri Medan

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan

Vina Aulia, Universitas Negeri Medan

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan

Arma Fauziah, Universitas Negeri Medan

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan

Angelina Sipayung, Universitas Negeri Medan

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan

Ramadhan Fitriani, Universitas Negeri Medan

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan

Khairun Nisa, Universitas Negeri Medan

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan

Putri Anatasya Simanjuntak, Universitas Negeri Medan

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan

Tumiar Sidauruk, Universitas Negeri Medan

Dosen Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan

References

A. Fitri Rahmawati, Z. (2019). IDENTIFIKASI PERMASALAHAN-PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN IPS. 3(1), 1–10.

Hermawan, I., & Paloloang, B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPS Terpadu Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sindue. Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(2), 141-150.

Jogo, P. H., Fitri, M., Kholiq, A., & Madiku, A. K. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Tenaga pendidik IPS dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(1), 62-72.

Murni. 2019. “Manajemen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan.” Jurnal Intelektualita 13(2):167–76

Rehalat, Aminah, and Zuhria Nurul ’ainy. 2022. “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Tenaga pendidik Terhadap Proses Pembelajaran Di Kelas Pada SMP Muhammadiyah Ambon.” Perspektif Pendidikan Dan Ketenaga pendidikan 13(2):81–87. doi: 10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10592.

Rehalat, Aminah, and Zuhria Nurul ’ainy. 2022. “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Tenaga pendidik Terhadap Proses Pembelajaran Di Kelas Pada SMP Muhammadiyah Ambon.” Perspektif Pendidikan Dan Ketenaga pendidikan 13(2):81–87. doi: 10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10592.

Ritonga, Adelia Priscila, Nabila Putri Andini, and Layla Iklmah. 2022. “Pengembangan Bahan Ajaran Media.” Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE) 1(3):343–48. doi: 10.37676/mude.v1i3.2612.

Sapriya. (2019). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Shabani, K., Khatib, M., & Ebadi, S. (2010). Vygotsky's Zone of Proximal Development: Instructional Implications and Teachers' Professional Development. English Language Teaching, 3(4), 237-248.

Suharto, Heri, Sulis Janu Hartati, and Sri Yuni Hanifah. 2021. “Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Tragah Bangkalan Menggunakan Media Perpustakaan.” Jurnal Teknologi Pembelajaran 1(02):1–8. doi: 10.25217/jtep.v1i02.1445.

Syahwana, A. 2022. “Kendala Tenaga pendidik Dalam Mengajarkan Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTS Swasta At-Taufiurrahman Labuhanbatu Utara Tahun Pelajaran 2019/2020.” PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) 1(1):1–12.