Penerapan Metode Pembelajaran Aktif dalam Pembelajaran Pendidikan Islam
Main Article Content
Abstract
Metode pembelajaran aktif menekankan partisipasi siswa yang aktif dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan metode pembelajaran aktif dalam pendidikan Islam dan dampaknya terhadap keterlibatan siswa, pemahaman materi, dan pengembangan keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini meningkatkan motivasi siswa, pemahaman konsep yang lebih baik, dan keterampilan berpikir kritis yang lebih tinggi. Selain itu, metode pembelajaran aktif membantu siswa menginternalisasi nilai-nilai Islam secara lebih mendalam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran aktif adalah pendekatan yang efektif dan bermanfaat dalam pendidikan Islam.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ardianti, A. (2021). Implementasi Model Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 2(2), 32–34. https://doi.org/10.37251/jpaii.v2i2.595
Arifin, Z., & Firmansyah, R. (2020). Implementasi Strategi Think, Talk, Write Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah Pondok Modern Paciran Lamongan. TADARUS, 9(2). https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6758
A’yun, D. Q. (2019). Pencapaian hasil belajar melalui model problem-based learning. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 9(2), 96. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v9i2.36
Aziz, A. A., Hidayatullah, A. S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 63. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.542
HENIASTUTI, D. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 5 MAN 2 JEMBER. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 3(2), 157–164. https://doi.org/10.51878/educational.v3i2.2292
Mirja, H. (2022). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 MANDAU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE. Perspektif Ilmu Pendidikan, 36(2), 129–133. https://doi.org/10.21009/PIP.362.4
Nurlaelah, N., & Aisyah, S. N. (2023). Implementasi Active Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pai di SMP IT Darussalam Makassar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3). https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5805
Rahman, N., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1846–1852. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875
Saadiah, S. (2022). Peningkatan Prestasi Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pai Materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah Dengan Metode Jigsaw. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3438
Sari, I., & Hamami, T. (2022). Pengembangan Metode Flipped Classroom dalam Pendidikan Agama Islam: Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5744–5753. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3420