Penerapan Metode Pembelajaran Aktif dalam Pembelajaran Pendidikan Islam

Main Article Content

Rudi Iskandar

Abstract

Metode pembelajaran aktif menekankan partisipasi siswa yang aktif dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan metode pembelajaran aktif dalam pendidikan Islam dan dampaknya terhadap keterlibatan siswa, pemahaman materi, dan pengembangan keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini meningkatkan motivasi siswa, pemahaman konsep yang lebih baik, dan keterampilan berpikir kritis yang lebih tinggi. Selain itu, metode pembelajaran aktif membantu siswa menginternalisasi nilai-nilai Islam secara lebih mendalam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran aktif adalah pendekatan yang efektif dan bermanfaat dalam pendidikan Islam.

Article Details

How to Cite
Iskandar, R. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(4), 2055–2060. https://doi.org/10.32672/mister.v1i4.2190
Section
Articles
Author Biography

Rudi Iskandar, Universitas Indraprasta PGRI

Prodi Bimbingan dan Konseling, FIPPS, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

References

Ardianti, A. (2021). Implementasi Model Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 2(2), 32–34. https://doi.org/10.37251/jpaii.v2i2.595

Arifin, Z., & Firmansyah, R. (2020). Implementasi Strategi Think, Talk, Write Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah Pondok Modern Paciran Lamongan. TADARUS, 9(2). https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6758

A’yun, D. Q. (2019). Pencapaian hasil belajar melalui model problem-based learning. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 9(2), 96. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v9i2.36

Aziz, A. A., Hidayatullah, A. S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 63. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.542

HENIASTUTI, D. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 5 MAN 2 JEMBER. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 3(2), 157–164. https://doi.org/10.51878/educational.v3i2.2292

Mirja, H. (2022). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 MANDAU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE. Perspektif Ilmu Pendidikan, 36(2), 129–133. https://doi.org/10.21009/PIP.362.4

Nurlaelah, N., & Aisyah, S. N. (2023). Implementasi Active Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pai di SMP IT Darussalam Makassar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3). https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5805

Rahman, N., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1846–1852. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875

Saadiah, S. (2022). Peningkatan Prestasi Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pai Materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah Dengan Metode Jigsaw. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3438

Sari, I., & Hamami, T. (2022). Pengembangan Metode Flipped Classroom dalam Pendidikan Agama Islam: Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5744–5753. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3420