Efektivitas Influencer Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness di Industri Kecantikan

Main Article Content

Didiek Prasetya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas strategi influencer marketing dalam meningkatkan brand awareness di industri kecantikan. Dengan semakin populernya penggunaan influencer sebagai bagian dari strategi pemasaran, penting untuk memahami sejauh mana influencer dapat mempengaruhi kesadaran merek di kalangan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif selain itu dalam penelitian ini, tinjauan literatur digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan brand awareness. Influencer yang memiliki pengikut yang besar dan keterlibatan yang tinggi, serta menyampaikan konten yang otentik dan relevan, terbukti lebih efektif dalam memperluas jangkauan merek. Selain itu, kredibilitas dan ketulusan influencer memainkan peran penting dalam membentuk persepsi positif konsumen terhadap merek. Penelitian ini menyimpulkan bahwa influencer marketing adalah alat yang efektif untuk meningkatkan brand awareness di industri kecantikan, terutama ketika dipadukan dengan strategi pemasaran yang mempertimbangkan kesesuaian antara influencer dan target audiens.

Article Details

How to Cite
Prasetya, D. (2024). Efektivitas Influencer Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness di Industri Kecantikan. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(4), 1887–1896. https://doi.org/10.32672/mister.v1i4.2128
Section
Articles
Author Biography

Didiek Prasetya, Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech

Prodi D3 Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech

References

Hanindharputri, M. A., & Putra, I. K. A. M. (2019). Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand (The Role of Influencer in Strategies to Increase Promotion of a Brand). Sandyakala : Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, Dan Desain., 1(29), 335–343. http://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandyakala/article/view/73

Juli, N., & Syahputri, W. A. (2024). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Whitening Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unusida Angkatan 2021. 1(6), 108–119.

Kurniati, N. Y. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Brand Awareness Suatu Produk. Co-Value:Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 14(5), 537–548.

Muzakki, F. D. P., & Andarini, S. (2024). Pengaruh Influencer Marketing dan Content Marketing Terhadap Brand Awareness Produk Avoskin (Studi pada Instagram @avoskinbeauty). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 14(1), 188–194.

Novierra, D. S. (2023). Pengaruh Beauty Influencer Terhadap Brand Awareness, Brand Image, Brand Attitude, dan Purchase Intention Beauty Product Lokal Indonesia. Jurnal Manajerial, 10(3), 480–497.

Ramadhani, N. L., & Isnawati, S. I. (2022). Efektivitas influencer dalam meningkatkan brand equity produk fashion hijab di instagram Butik Jenneira Scarf Semarang. Jurnal Teknologi Busana Dan Boga, 10(2), 159–167.

Setiabudi, N. A., Prabaseno, I. W., & Hellyani, C. A. (2023). Pengaruh Influencer Terhadap Brand Awareness dari Produk Skincare. Co-Value:Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 14(5), 537–548.

Yunitadewi, D. (2022). Pengaruh Efektivitas Influencer Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk the Face Shop Di Kota …. The Manager …, 5(3), 373–382. https://repo.undiksha.ac.id/11455/