Dampak Perceraian Terhadap Kepercayaan dan Prilaku Negatif pada Anak Remaja

Main Article Content

Miskanik Miskanik

Abstract

Perceraian merupakan fenomena sosial yang semakin meningkat dan berdampak signifikan pada anak-anak, terutama remaja. Kajian ini bertujuan untuk memahami dampak perceraian terhadap kepercayaan dan perilaku negatif pada anak remaja melalui metode literature review. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa perceraian dapat menyebabkan penurunan kepercayaan terhadap orang tua, penurunan kepercayaan diri, dan skeptisisme terhadap hubungan masa depan. Selain itu, anak remaja dari keluarga bercerai cenderung menunjukkan peningkatan perilaku agresif, masalah akademis, penyalahgunaan zat, dan gangguan emosional. Intervensi psikologis, dukungan di sekolah, dan dukungan sosial dapat membantu anak remaja mengatasi dampak negatif perceraian. Pemahaman mendalam tentang dampak perceraian penting untuk memberikan dukungan yang tepat bagi anak remaja agar mereka dapat mengembangkan kepercayaan diri yang lebih baik dan menghindari perilaku negatif.

Article Details

How to Cite
Miskanik, M. (2024). Dampak Perceraian Terhadap Kepercayaan dan Prilaku Negatif pada Anak Remaja. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(4), 1833–1838. https://doi.org/10.32672/mister.v1i4.2116
Section
Articles
Author Biography

Miskanik Miskanik, Universitas Indraprasta PGRI

Bimbingan dan Konseling, FIPPS, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

References

Afdal, Yunasril, R., Lestari, S. M., Nusa, S. A., Ramadhani, A. F., & Syapitri, D. (2021). DAMPAK PERCERAIAN ORANGTUA TERHADAP MEANING OF LIFE REMAJA. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 186–198. https://doi.org/10.21009/JKKP.082.07

Asfiyah, W. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Anak. Edification Journal, 2(2), 37–50. https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.135

Dewi Navisa, F. (2020). Perlindungan Hukum Bagi Anak Yang Diambil Paksa Oleh Orang Tua Yang Tidak Mendapatkan Hak Asuh Anak. JATISWARA, 35(2). https://doi.org/10.29303/jtsw.v35i2.242

Fitri, A., Neherta, M., & Sasmita, H. (2019). FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI MASALAH MENTAL EMOSIONAL REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SWASTA SE KOTA PADANG PANJANG TAHUN 2018. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 2(2), 68–72. https://doi.org/10.36341/jka.v2i2.626

Hasan, M., Imamah, N., & Baidowi, A. (2022). Upaya Preventif Kantor Urusan Agama (KUA) Dalam Mencegah Perceraian Masyarakat Waru Pamekasan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penelitian Thawalib, 1(2), 77–88. https://doi.org/10.54150/thame.v1i2.73

Novera, W. R., & Setiawati, F. A. (2023). Pengaruh Secure Attachment Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2059–2068. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3665

Pratitis, N., Rina, A. P., Agustin, A. H., & Azizah, A. N. (2022). Kebahagiaan Otentik pada Anak Jalanan Ditinjau dari Penerimaan Diri dan Dukungan Sosial. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(1), 8. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i1.824

Pravitasari, A. E., Sukidin, S., & Suharso, P. (2019). POLA PENGASUHAN DAN INTERNALISASI NILAI KEMANDIRIAN ANAK PADA WANITA KARIR DI DESA TEMBOKREJO KECAMATAN GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 78. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10424

Ramadhani, S. R., & Nurwati, R. N. (2023). DAMPAK TRAUMATIS REMAJA KORBAN TINDAKAN KEKERASAN SEKSUAL SERTA PERAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA. Share : Social Work Journal, 12(2), 131. https://doi.org/10.24198/share.v12i2.39462

Suharnis, S., Pettalongi, S. S., & Adam, A. (2023). The Development of Social-Emotional Psychology of Students from Broken Home Families at Senior High Schools in Palu City, Indonesia. International Journal of Current Science Research and Review, 06(09). https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V6-i9-02

Wibisono, A., & Wedowaty, Y. (2022). Penegakan Hukum terhadap Penyelesaian Tindak Pidana Penganiayaan oleh Anak melalui Restorative Justice. Ahmad Dahlan Legal Perspective, 2(1), 30–41. https://doi.org/10.12928/adlp.v2i1.5440