Minat Belajar: Simulasi Mengajar Pembelajaran Bilangan Cacah Hingga 1.000.000 dengan Media Papan Nilai Tempat Kelas 5 di SD Pancasila

Main Article Content

Rahayu Puspitasari
Intan Tamara Azka Zanuba
Nia A'isyah Septiarini
Indivara Pratiwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan media pembelajaran papan nilai tempat dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap bilangan cacah hingga 1.000.000 di SD Pancasila kelas 5. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan papan nilai tempat secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep nilai tempat dan kemampuan membaca serta menulis bilangan besar. Media ini juga memberikan manfaat tambahan berupa peningkatan minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika. Meskipun demikian, penelitian juga mengidentifikasi beberapa kendala dalam penerapan media ini, seperti waktu persiapan yang lebih lama dan penyesuaian metode pengajaran. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah memperluas integrasi media ini dalam kurikulum, memberikan pelatihan yang lebih mendalam kepada guru, dan mengembangkan versi digital yang lebih interaktif. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan penting bagi upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat dasar.

Article Details

How to Cite
Puspitasari, R., Azka Zanuba, I. T. ., A’isyah Septiarini, N. ., & Pratiwi, I. (2024). Minat Belajar: Simulasi Mengajar Pembelajaran Bilangan Cacah Hingga 1.000.000 dengan Media Papan Nilai Tempat Kelas 5 di SD Pancasila. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3b), 954–960. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1779
Section
Articles
Author Biographies

Rahayu Puspitasari, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Indonesia

Intan Tamara Azka Zanuba, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Indonesia

Nia A'isyah Septiarini, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Indonesia

Indivara Pratiwi, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Indonesia

References

Janah, F. N. M., Nuroso, H., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.

Ningsih, S. K., Amaliyah, A., Rini, C. P., Tangerang, U. M., & Tangerang, K. (2022). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas ii sekolah dasar. 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48

Nur Ainun, Jalaluddin, Zakaria, Khairul Asri, Cut Nurul Fahmi, Indah Suryawati, Irwan, Azwir, Sri Ismulyati, Edi Azwar, Yenni Agustina, Muhammad Azzarkasyi, Eli Nurliza, Septhia Irnanda, Mukhtasar, & Dedi Sufriadi. (2023). PEMBELAJARAN LITERASI MATEMATIS BERORIENTASI KURIKULUM MBKM MELALUI BAKTI SOSIAL DAN PERLOMBAAN TINGKAT DASAR. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 37–43. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i2.584

Rohmawati, D., Bahtiar, R. S., & Dayat, T. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN WAKTU PADA SEKOLAH DASAR Pendidikan merupakan suatu kegiatan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki manusia melalui kegiatan pembelajaran . Setiap manusia memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak . Melalui. 3(1), 14–23.

Taufikurrahman, & Nurhaswinda. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Papan Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. 3.