Implementasi Pembelajaran Konsep Luas dan Keliling Bangun Datar Materi Geometri Berbasis Media Tangram untuk Siswa Kelas IV SD Tambakaji 02
Main Article Content
Abstract
Mahasiswa PGSD sebagai calon guru seharusnya sadar bahwa perkembangan anak di sekolah dasar dipengaruhi oleh pembelajaran yang disediakan oleh guru. Salah satu cara untuk memfasilitasi pembelajaran adalah melalui media interaktif, seperti implementasi media tangram bangun datar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengimplementasikan dan mengevaluasi efektivitas pembelajaran konsep luas dan keliling bangun datar pada materi geometri menggunakan media tangram untuk siswa kelas IV SD Negeri Tambakaji 2. Media tangram dipilih karena kemampuannya dalam memfasilitasi pembelajaran visual dan interaktif, yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep geometri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tangram secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep luas dan keliling bangun datar. Data menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dan aktif dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung dalam implementasi ini meliputi ketersediaan alat dan bahan tangram serta dukungan dari guru dan pihak sekolah. Namun, terdapat juga beberapa faktor penghambat seperti keterbatasan waktu dan variasi kemampuan siswa. Secara keseluruhan, penggunaan media tangram terbukti efektif dan dapat menjadi metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika di sekolah dasar.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andini, N., Aminah, M., & Handayani, H. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran tangram terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi luas dan keliling bangun datar. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 27-37.
Andromeda, B., Mardiana, T., & Wijayanto, S. (2021, December). The Effect of Tangram Media Assited Think Pair Share Model on Calculation Ability Area and Circumference Plane Geometry. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 242-250).
Basri, H., & Rahmawati, D. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Tangram dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 25-39.
Irawan, F., et al. (2020). Efektivitas Penggunaan Tangram sebagai Media Pembelajaran Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45-57
JANNAH, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Tangram Pada Siswa Kelas IV UPT SDN No. 191 Inpres Paku Kabupaten Takalar.
Khairunisa, W., & Damayanti, S. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Suatu Negara pada Generasi Milenial Abad-21. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(1), 35-42
Mahfiroh, H., & Ardiansyah, A. S. (2023, February). Telaah Challenge Based Learning pada Kuliner Dawet Ayu Banjarnegara Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 6, pp. 70-76)
Mufti, N. N., Pranata, O. H., & Muharram, M. R. W. (2020). Studi Literatur: Tangram Sebagai Media Pembelajaran Geometri. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(2), 91-97.
Oktaviani, A., AB, J. S., & Kirana, A. R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Tangram Siswa Kelas Iv Sds Swadhipa Tahun Pelajaran 2021/2022. Cerdas: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1(2), 647-658.
Ramadhani, N., Andriansah, M., Erfansyah, M., & Zuliana, E. (2024). PERAN PERMAINAN EDUKATIF TANGRAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BANGUN DATAR SISWA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(1), 16-27.
Setiawan, A. (2019). Mengembangkan nilai karakter dan kemampuan 4C anak melalui pendidikan seni tari di masa revolusi industri 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(2).
Sirajuddin, S., Hadaming, H., & Amelia, N. (2023). Penggunaan media tangram untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika kelas IV. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 79-92.
Susanto, A., & Wulandari, S. (2023). Media Tangram sebagai Alat Bantu Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas dan Keliling. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 67-80.
Unaenah, E., Anggraini, I. A., Aprianti, I., Aini, W. N., Utami, D. C., Khoiriah, S., & Refando, A. (2020). Teori van Hiele dalam pembelajaran bangun datar. NUSANTARA, 2(2), 365-374.
Van de Walle, J. (2020). Pengembangan Pemikiran Geometris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 50-65.