Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas 4 SDIT Insan Mulia pada Bab Ciri Bangun Datar Melalui Media Roda Bangun Datar dan Kartu Segi Banyak

Main Article Content

Sabrina Erlita
Ikke Ayuningtyas
Muhamad Rasyid Shabrani
Sintia Maharani

Abstract

Pemahaman siswa terkait ciri-ciri bangun datar merupakan dasar dalam pengetahuan lanjutan bangun datar dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 4 SD terkait ciri-ciri bangun datar dan segi banyak menggunakan media yang menarik yaitu roda bangun datar dan kartu segi banyak. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif yang mana studi literatur sebagai landasan awal, dengan mengumpulkan dan menganalisis referensi serta simulasi mengajar terkait. Data yang diperoleh melalui hasil LKPD siswa kelas 4 SD kemudian dianalisis. Dengan menggunakan media roda bangun datar dan kartu segi banyak dapat menarik perhatian siswa sebagai upaya peningkatan pemahaman siswa terkait ciri bangun datar dan segi banyak.

Article Details

How to Cite
Erlita, S., Ayuningtyas, I., Shabrani, M. R. ., & Maharani, S. (2024). Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas 4 SDIT Insan Mulia pada Bab Ciri Bangun Datar Melalui Media Roda Bangun Datar dan Kartu Segi Banyak. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3b), 915–920. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1759
Section
Articles
Author Biographies

Sabrina Erlita, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Indonesia

Ikke Ayuningtyas, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Indonesia

Muhamad Rasyid Shabrani, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Indonesia

Sintia Maharani, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Indonesia

References

Ningsih, Y. S. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Alat Peraga Papan Berpaku Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Sritejokencono Tahun Pelajaran 2017/2018.

Prakoso, F., & Rahmatunnisa, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar dengan Menggunakan model Listen and Draw. HOLISTIKA Jurnal Ilmiah PGSD, 3(1), 45–48. jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika Email

Purbaningsih, T. (2017). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 03 Gondangrejo Tahun Pelajaran. Hasil Belajar.

Purnamasari, S. (2021). Analisis Penggunaan Media Lagu Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Materi Bangun Datar Kelas IV Sd. Doctoral Dissertation, STKIP PGRI PACITAN, 12–42.

Simbolon, H., Sofiyan, & Ramadhani, D. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar SD Negeri 7 Langsa. Basic Education Studies, 2(1), 100–111.

Simbolon, S., Sapri, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510–2515. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2081