Peran Sekolah dalam Meningkatkan Literasi di Kalangan Pelajar SMPN 85 di Kawasan Pondok Labu Jakarta

Main Article Content

Akhfa Kamilla Sulaeman
Aura Nasya Madhani Harahap
Fajar Dwi Syahputra
Satino

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran sekolah dalam meningkatkan literasi siswa dengan mengambil studi kasus di SMPN 85 Jakarta. Literasi merupakan kemampuan yang sangat penting dalam kehidupan modern, meliputi pemahaman mendalam tentang kemampuan membaca, menulis, serta pemahaman dan penggunaan informasi secara efektif. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara dengan guru dan siswa, penelitian ini mengungkap beberapa temuan penting. Pertama, SMPN 85 Jakarta memiliki tingkat literasi yang tinggi, dibuktikan dengan prestasi seperti nilai A dalam rapor pendidikan dan juara kompetisi perpustakaan terbaik. Kedua, peran guru sangat vital dalam memfasilitasi pembelajaran literasi di luar kelas melalui fasilitas seperti perpustakaan, gazebo literasi, dan program Rabu Literasi. Ketiga, gadget memiliki dampak positif dan negatif terhadap kemampuan pengetahuan siswa, sehingga penggunaannya perlu diatur dengan bijak. Keempat, kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat sangat penting untuk meningkatkan minat literasi siswa. Kelima, mayoritas siswa tertarik membaca kasus atau berita tren yang diakses melalui internet dan media sosial.

Article Details

How to Cite
Kamilla Sulaeman, A., Nasya Madhani Harahap, A., Dwi Syahputra, F., & Satino. (2024). Peran Sekolah dalam Meningkatkan Literasi di Kalangan Pelajar SMPN 85 di Kawasan Pondok Labu Jakarta. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3b), 865–871. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1753
Section
Articles
Author Biographies

Akhfa Kamilla Sulaeman, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

Fakultas Hukum, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Kota Jakarta, Indonesia

Aura Nasya Madhani Harahap, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

Fakultas Hukum, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Kota Jakarta, Indonesia

Fajar Dwi Syahputra, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

Fakultas Hukum, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Kota Jakarta, Indonesia

Satino, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

Fakultas Hukum, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Kota Jakarta, Indonesia

References

Graham, S., & Hebert, M. (2011). Writing to Read: A Meta-Analysis of the Impact of Writing and Writing Instruction on Reading. Harvard Educational Review, 81(4), 710-744.

Gunawan, A. (2019). Strategi Meningkatkan Minat Baca di Kalangan Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama.

Kurniawan, A. (2017). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Literasi Anak. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(3), 245-258.

Loh, C. E., & Sun, B. (2019). Exploring the Benefits of Using Mobile Devices for Academic Study. Journal of Educational Research, 112(2), 201-210.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet 31, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

OECD. (2019). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.

Putri, D. P. (2018). Pengaruh Gadget terhadap Kemampuan Literasi Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 63-69.

UNESCO. (2006). Literacy for Life: Education for All Global Monitoring Report 2006.

Wahono, H. T. T., & Effrisanti, Y. (2018). LITERASI DIGITAL DI ERA MILLENIAL. JOURNAL PROCEEDING 4(1). https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/548