Penerapan Metode Multi Attribute Utility Theory pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Affiliate Marketing Terbaik di PT. Mubarokcorp Digital Indonesia
Main Article Content
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi informasi telah mengubah paradigma bisnis. Pemasaran digital menjadi penting bagi perusahaan untuk tetap relevan dan berkembang. Salah satu strategi pemasaran yang umum digunakan adalah melalui kolaborasi dengan affiliate marketing. PT. Mubarokcorp Digital Indonesia, menghadapi tantangan dalam memilih affiliate marketing terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Pendukung Keputusan (DSS) dengan menerapkan metode multi attribute utility theory (MAUT) untuk memilih affiliate marketing terbaik di industri pemasaran digital. Penelitian ini dapat memberikan rekomendasi yang lebih informatif, efisien, dan akurat dengan melakukan normalisasi matriks dan perhitungan utilitas. Dengan mengidentifikasi variasi nilai normalisasi pada affiliate marketing, penelitian ini menghasilkan peringkat dimana atas nama Sugiharto Rifan Jauhari dan Dewi Lestari Putri menempati peringkat tertinggi, dengan nilai preferensi masing-masing sebesar 0,7750 dan 0,7250. DSS yang dikembangkan berhasil mengelola data affiliate marketing dan menawarkan informasi berharga dalam proses pengambilan keputusan. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengelolaan data dan pemasaran, dengan potensi penerapan dalam konteks bisnis yang relevan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aprillya, M. R., & Chasanah, U. (2021). Analisis Lahan Pertanian Rawan Banjir Menggunakan Metode Multi Atribut Utility Theory Berbasis Sistem Informasi Geografis. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 16(2), 148. https://doi.org/10.30872/jim.v16i2.6554
Arjun Nainggolan, Annisa Siregar, & Mesran, M. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Indeks Kinerja Sales Marketing Menerapkan Metode MOORA. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(3), 121–129. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i3.125
Balaka, M. Y., Kuswinardi, J. W., Wilyadewi, I. I. D. A. Y., Efendi, B., & Zulfikar, R. (2023). Aplikasi Mobile dalam Pemasaran Digital : Analisis Literatur tentang Pengaruhnya terhadap Keuangan dan Strategi Pemasaran Bisnis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21979–21988.
Budiman & Albar, I. H. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Mahasiswa Berprestasi Berbasis Web (Studi Kasus AMIK HASS Bandung). Jurnal Ilmiah CYBER HASS Informatika Dan Komputer, 2(2). http://amikhass.ac.id/medias/materi/combinepdf-min-compressed.pdf
Crystallography, X. D. (2023). Full Book Sistem Pendukung Keputusan.
Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV(II), 116–123.
Dasriani, N. G. A., & Anggrawan, A. (2021). Pengembangan Sistem Aplikasi Cerdas Memprediksi Penjualan Mebel Berbasis website. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(1), 53–62. https://doi.org/10.30812/matrik.v21i1.1276
Ningsih, S. R., Hartama, D., Wanto, A., Parlina, I., & Solikhun. (2019). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Pada Pemilihan Objek Wisata di Simalungun. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 731–735.
Pasaribu, A. F. O., & Nuroji, N. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pelanggan Terbaik Menggunakan Profile Matching. Journal of Data Science and Information Systems (DIMIS), 1(1), 24–31. https://doi.org/10.58602/dimis.v1i1.16
Pinem, A. P. R., Indriyawati, H., & Pramono, B. A. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Industri Berbasis Spasial Menggunakan Metode MOORA. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 7(3), 639–646. https://doi.org/10.35957/jatisi.v7i3.231
Pratiwi, H. (2020). Penjelasan sistem pendukung keputusan. Spk, May, 3. https://www.researchgate.net/publication/341767301%0APENJELASAN
Rady Putra, L. G., & Anggrawan, A. (2021). Pengelompokan Penerima Bantuan Sosial Masyarakat dengan Metode K-Means. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(1), 205–214. https://doi.org/10.30812/matrik.v21i1.1554
Rahman, F. (2022). Praktik Affiliate Marketing pada Platform E-commerce dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah. Istidlal: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 6(1), 24–37. https://doi.org/10.35316/istidlal.v6i1.407
Sabandar, V. P., & Ahmad, R. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Produk Terbaik Menggunakan Weighted Product Method. Jurnal Ilmiah Computer Science, 1(2), 58–68. https://doi.org/10.58602/jics.v1i2.7
Sari, P. N. (2023). Pelatihan Digital Marketing Berbasis Potensi Lokal Daerah Pada Anggota Karang Taruna Desa Wangen Kabupaten Klaten. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1940. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.17238
Satria, C., & Anggrawan, A. (2021). Aplikasi K-Means berbasis Web untuk Klasifikasi Kelas Unggulan. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(1), 111–124. https://doi.org/10.30812/matrik.v21i1.1473
Sholihaningtias, D. N. (2023). Penerapan Kombinasi Metode MAUT dan ROC Dalam Seleksi Karyawan. Techno.Com, 22(1), 145–155. https://doi.org/10.33633/tc.v22i1.7480
Sihotang, E. T., & Yutanto, H. (2021). Tata Kelola Organisasi Mahasiswa Melalui Pengembangan Sistem Informasi. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(1), 99–110. https://doi.org/10.30812/matrik.v21i1.1391