Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Nilai Agama Siswa Sekolah Dasar di Surabaya
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh sebuah lingkungan sekolah terhadap pembentukan nilai dan karakter agama siswa sekolah dasar di Surabaya. Lingkungan sekolah mencangkup proses pembelajaran, kegiatan keagamaan, interaksi antara siswa dengan guru serta siswa dengan siswa lainnya. Penelitian ini menganalisis bagaimana faktor-faktor lingkungan sekolah, seperti budaya sekolah, kegiatan keagamaan, dan peran guru berkontribusi terhadap pembentukan nilai agama pada siswa. Artikel ini mengungkapkan bahwa lingkungan sekolah yang kondusif dan didukung oleh program-program keagamaan yang terstruktur dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai agama pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan pustaka. Wawasan yang diperoleh dari analisis ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai bagaimana lingkungan sekolah mempengaruhi pembentukan nilai agama seorang siswa sekolah dasar di Surabaya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Dewi Ixfina, F., & Soleha. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Religius di Lembaga Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Surabaya. TARSIB: Jurnal Program Studi PGMI, 1(1), 2023. https://ejournal.staiat-tahdzib.ac.id/tarsib
Dini, J. P. A. U. (2022). Budaya Sekolah pada Pembentukan Karakter Religiusitas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6409-6416.
Emael, A., & Nafiah. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR KHADIJAH SURABAYA. II(1).
Hermawan, J. D. (2020). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI MULTIKULTURAL MELALUI MEDIA LAGU (STUDI KASUS DI SD AL-ICHSAN SURABAYA).
Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758-2771.
Khofifah, Siti. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Anak. TA”LIM: Jurnal Multidisiplin Ilmu Volume 1 Nomor 2 Edisi Desember 2022
Nurazizah, A., Rukajat, A. and Ramdhani, K. (2022) ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk KArakter Siswa di Era Milenial’. Available at: https://doi.org/10.31604/ptk.v5i3.361-372.
Oktafia, M. and Adiyono, A. (2023) ‘Mengeksplorasi Dampak Penanaman Nilai-Nilai Religius Terhadap Kedisiplinan Siswa: Sebuah Pendekatan Baru Dalam Pendidikan Madrasah Tsanawiyah’, 1(3), pp. 1–16. Available at: https://doi.org/10.61132/yudistira.v1i3.76.
Penanaman Pendidikan Karakter Religius di Lembaga Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Surabaya http://ejournal.staiat-tahdzib.ac.id/tarsib/article/view/375
Pridayanti, E.A., Andrasari, A.N. and Kurino, Y.D. (2022) Urgensi Penguatan Nilai Nilai Religius Terhadap Karakter Anak SD, Journal of Innovation in Primary Education.
Rohmah, N. (2019). Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa.
Sururun, E., Zamroni, M.A. and Rusydi, I. (2024) Impelementasi Kegiatan Keagamaan untuk Membentuk Karakter Religius: Sebuah Strategi Pendidik, IJOSS: Interdisciplinary Journal of Social Sciences.