Analisis Fungsi dan Konsumsi dalam Pemilihan Sebuah Media pada Generasi Z

Main Article Content

Alma Tiara Oktaviani
Yasser Fikry

Abstract

Pada saat era globalisasi seperti ini, aspek pada media yang ada harus sejalan dengan teknologi pada saat ini yaitu pada era globalisasi. Hadirnya media baru terutama media YouTube pada saat ini dapat mempengaruhi sebuah fungsi dan konsumsi pada sebuah media konvensional. Di dalam penelitian ini diteliti fungsi dan konsumsi dalam pemilihan sebuah media pada generasi Z. Penelitian ini adalah sebuah penelitian dengan menggunakan metode kualitatif yang mengambil data dengan cara wawancara secara mendalam dengan para informan. Wawancara pada penelitian ini dilakukan kepada 3 informan, yaitu salah satu informan adalah tim digital dari konten kreator “Jak and Jal” dan 2 informan lainnya adalah generasi Z yang menggunakan media YouTube dan Televisi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara tematik dengan coding yaitu open coding, axial coding, dan selective coding. Dalam penelitian ini telah ditemukan bahwa jika ketiga informan yaitu mempunyai pendapat yang sama yaitu para ketiga informan mengatakan jika adanya sebuah perubahan terutama dalam fungsi antara media YouTube dan media televisi yaitu bagaimana seorang konsumen dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan dalam pemilihan pada sebuah media. Dalam penelitian ini, ketiga informan mengatakan jika para individu lebih memilih dan menggunakan sebuah media yang dapat memudahkan juga fleksible untuk digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, yaitu lebih memilih media YouTube.

Article Details

How to Cite
Tiara Oktaviani, A., & Fikry, Y. (2024). Analisis Fungsi dan Konsumsi dalam Pemilihan Sebuah Media pada Generasi Z. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3b), 724–733. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1726
Section
Articles
Author Biographies

Alma Tiara Oktaviani, STIKOM InterStudi

Program Studi Ilmu Komunikasi, STIKOM InterStudi, Kota Jakarta, Indonesia

Yasser Fikry, STIKOM InterStudi

Program Studi Ilmu Komunikasi, STIKOM InterStudi, Kota Jakarta, Indonesia

References

Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018). Media Televisi Di Era Internet. ProTVF, 2(1), 101. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.19880

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (I). Syakir Media Press.

Azmi, N. (2014). Dampak Media Televisi Terhadap Prilaku Sosial Anak. Scientiae Educatia, 3(2), 11–28.

Chandra, E. (2018). Youtube, Citra Media Informasi Interaktif Atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 406. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.1035

David, E. R. (Eribka), Sondakh, M. (Mariam), & Harilama, S. (Stefi). (2017). Pengaruh Konten Vlog Dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna, 6(1), 93363. https://www.neliti.com/publications/93363/pengaruh-konten-vlog-dalam-youtube-terhadap-pembentukan-sikap-mahasiswa-ilmu-kom

Eribka, O. :, David, R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. In Acta Diurna: Vol. VI (Issue 1).

Fatimah, S., & Hadi, S. P. (2021). Personal Branding Menteri Perhubungan Republik Indonesia (# MenhubVlog pada YouTube Channel dalam Lingkup Generasi Milenial ). VI(2), 49–63.

Firdausyi, A., & Anggraini, R. (2020). Pengaruh Konten Program TV Magazine Terhadap Minat Menonton. Inter Community: Journal of Communication Empowerment, 2(1), 58–70.

Gunshaputra, A., & Anggraini, R. (2020). Pengaruh Program Acara Televisi Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat Pondok Labu Jakarta Selatan. Journal of Communication Empowerment, 2(1), 16–30.

Gushevinalti, G., Suminar, P., & Sunaryanto, H. (2020). Transformasi Karakteristik Komunikasi Di Era Konvergensi Media. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 083. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i01.2069

Hanana, A., Anindya, A., & Elian, N. (2020). Transformasi Media Youtube Dan Televisi (Analisis Fungsi Dan Konsumsi Media Youtube Dan Televisi Di Kota Padang). Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 4(2), 186. https://doi.org/10.25077/rk.4.2.186-194.2020

Kosasih, A. (2018). Pendekatan Grounded Teori (Grounded Theory Approach): Sebuah kajian sejarah, teori, prinsip, dan strategi metodenya. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dosen UNINDRA, 5, 122–132.

Mamik. (2015). Metode Kualitatif. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nurmala, M. D., Wibowo, T. U. S. H., & Fatah, T. F. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET), 1(1), 388–394. https://doi.org/10.46306/ncabet.v1i1.32

Pratama, D. Y., Iqbal, I. M., & Tarigan, N. A. (2019). Makna Televisi Bagi Generasi Z. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4(1), 88–103.

Putra, A. P., Shintya, Z., Arisanty, M., Studi, P., Komunikasi, I., & Pembangunan Jaya, U. (2019). Strategi Programming Program “Metro Pagi Primetime” Dalam Mempertahankan Rating. In Jurnal Common | (Vol. 3).

Saptya, R., Permana, M., Abdullah, A., & Mahameruaji, N. (2019). Budaya Menonton Televisi di Indonesia : Dari Terrestrial Hingga Digital Culture of Watching Television in Indonesia : From Terrestrial To Digital. 3(1), 53–67.

Suprihono, A. E. (2019). Sinematografi Wayang: Persoalan Transmedia Seni Pertunjukan Tradisional dalam Program Tayangan Televisi. Rekam, 15(2), 137–152. https://doi.org/10.24821/rekam.v15i2.3355

Tampubolon, M., Putri, Y. R., & Atnan, N. (2016). Strategi Promosi Coffee Shop melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif pada Akun @crematology). E-Proceeding of Management, 3(2), 2421–2432.