Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Perantau Suku Batak di Universitas Negeri Padang

Main Article Content

Irda Yani Br Purba
Indah Sukmawati
Rezki Hariko Purba
Puji Gusri Handayani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya mahasiswa perantau yang memiliki motivasi berprestasi yang rendah. Salah satu faktor diduga mempengaruhi motivasi berprestasi yaitu dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) motivasi berprestasi mahasiswa perantau suku batak, (2) dukungan sosial teman sebaya mahasiswa perantau suku batak, (3) menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi berprestasi mahasiswa perantau suku batak. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 120 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan Skala model Likert. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi berprestasi mahasiswa Suku Batak. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) dukungan sosial teman sebaya yang dimiliki mahasiswa Suku Batakberada pada kategori tinggi, (2) tingkat motivasi berprestasi yang dimiliki mahasiswa Suku Batak berada pada kategori tinggi, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi berprestasi mahasiswa Suku Batakdengan indeks 0,514.

Article Details

How to Cite
Purba, I. Y. B., Sukmawati, I., Purba, R. H., & Handayani, P. G. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Perantau Suku Batak di Universitas Negeri Padang. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 610–618. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1701
Section
Articles
Author Biographies

Irda Yani Br Purba, Universitas Negeri Padang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Indonesia

Indah Sukmawati, Universitas Negeri Padang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Indonesia

Rezki Hariko Purba, Universitas Negeri Padang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Indonesia

Puji Gusri Handayani, Universitas Negeri Padang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Indonesia

References

Awlawi, A. H. (2013). Teknik Bermain Peran pada Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Esteem. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 182–190

Choirunisa, N. L., & Marheni, A. (2019). Perbedaan motivasi berpretasi dan dukungan sosial teman sebaya antara mahasiswa perantau dan non perantau di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana,

Eliza, F. F. (2018). Perbedaan kebutuhan dukungan sosial pada mahasiswa rantau dengan mahasiswa tidak merantau di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. In Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Hanum, M., Prayitno, & Nirwana, H. (2015). Efektifitas Layanan KonselingPerorangan Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Belajar. Jurnal Konselor , 4(3), 162–168.

Hidayat, H., & Handayani, P. G. (2018). Self Regulated Learning (Study For Students Regular and Training). Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Kartikasari, W. A., Marjohan & Hariko, R. (2022). Hubungan self regulated learning dan dukungan orangtua terhadap perilaku prokrastiasi akademik. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia).

Koentjaraningrat. 1999. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan. McClelland, D. (1987). Human Motivation. New York: Cambridge University

Menanti dan Pelly.(1994). Teori-Teori Sosial Budaya. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Morgan, C. T. & King, R. A. (1990). Introduction to psychology. Tokyo : Mcgraw hill.

Mutia, A. T., & Sukmawati, I. (2019). Relationship between peer pressure and self esteem in adolescents. Jurnal Neo Konseling.

Prayitno& amti. E. (2008). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil, Layanan dan Kegiatan Pendukung.

Romera, V.B., Pareira, Z.A., & Coimbra, S. (2015). Social Skills, Social Support and Well- Being in adolescents of Different Family Configurations. Paidéia.

Santrock, J.W. (2011). Remaja. Alih Bahasa: Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga

Sarafino, E.P & Smith, T.W. (2011). Health psychology: biopsychology interactions 7th edition. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Smet, B. (1994). Psikologi kesehatan. Jakarta: Grasindo

Sugiyanto. (2009). Kontribusi motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang. Jurnal Pendidikan.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Wahid, A. & Suhaili, N (2024). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Format Klasikal Menggunakan Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Akademik Siswa Sma Negeri 10 Padang. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Dasar

Wati, P.T. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Yahya, Winarsih. (2016). Layanan Bimbingan Pribadi-Sosial dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas XI SMA NEGERI 3 Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 3 (1), 1-15.

Yendi, F. M., Ardi, Z., & Ifdil, I. (2013). Pelayanan Konseling untuk Remaja Putri Usia Pernikahan. Jurnal Konseling dan Pendidikan.

Yusuf. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya